Senin, 19 Oktober 2020

Apakah perbuatan baik dapat menghapus dosa

 

Latar belakang

Banyak orang berpendapat bahwa dengan berbuat baik sebanyaknya maka dosa yang pernah mereka berbuat secara rasional akan mengecilkannya atau menghapuskannya. Sehingga kesempatan masuk surga makin terbuka luas. Apakah betul demikian?

 

Materi yang dibahas, sesuai topik

 

1---Apa itu perbuatan baik?

Pengertian baik sangat luas dan terdapat dalam semua aspek kehidupan. dan setiap orang mempunyai kriteria tersendiri mengenai baik karena tergantung dari tingkap pemikiran yang ada dalam benaknya.

Karenanya sebutan baik1 yang dikenakan terhadap suatu benda maupun seseorang adalah sebenarnya subjektif, hanya merupakan suatu ungkapan karena kesepakatan bersama.

Namun berbeda dengan baik yang terdapat dalam  Alkitab, misalnya: Allah adalah baik, dan kebaikan sesuatu itu di tentukan oleh kebaikan Allah(Mrk.10:18). Kebaikan Allah dapat dilihat dari kemuliaanNya misalnya hasil  ciptaanNya dan juga berkat-berkatNya dalam alam semesta.

Perintah-perintahNya pun baik dan ketaatan terhadapnya juga baik. Mengasihi sesama manusia itu baik(Gal.6:9) dan bertindak murah hati juga baik(Kis2:44-45), sebab semua itu timbul dari kasih Allah(1Yoh.5:2)

 

Perbuatanmu setiap orang akan baik bila dia sendiri menghendakinya, jadi harus ada kemauan untuk berbuat baik, karenanya berusaha untuk berbuat baik sehingga terbiasa dan Anda akan memiliki cara hidup yang baik di mana saja berada(1Ptr.2:12).

 

 

2---Apa itu perbuatan dosa?

Semua perbuatan manusia yang tidak sesuai dan yang melawan perintah Tuhan. Perbuatan dosa dapat timbul karena:

a---Tergoda, yaitu pikiran Anda di pengaruhi oleh iblis sehingga Anda menerima godaannya. Karena godaan itu sangat menawan hati dan memberikan janji seperti, kekuasaan, kemewahan bahkan kerajaan dan kemuliaan. Godaan seperti ini membuat Adam dan Hawa seketika menerimanya dan melakukannya sehingga mereka jatuh dalam dosa dan Tuhan mengusir mereka dai taman firdaus. Godaan itu adalah bahwa Adam dan Hawa akan jadi seperti Tuhan(Kej3:5).  

b---Anda tidak dapat mengendalikan keinginan serta kehendak bebasmu yang mau menikmati sesuatu hal secepatnya dan seketika itu dan itu semua memerlukan dana dan kerja keras dan disiplin untuk merahnya. Juga ada hukum yang berada di setiap anggota tubuhmu yang bekerja melawan akal budimu(Rm.7:23), jadi mereka bekerja sama untuk mewujudkan tujuanmu.

Bila hal ini berlanjut maka Anda akan menderita karena tidak tercapainya tujuanmu

Tapi kenyataannya kemampuanmu sangat terbatas bahkan susah untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu masalah yang sederhana   

 

 

3---Banyak perbuatan baik akan menghapus dosamu.

Banyak orang berpendapat berbuatlah kebaikan sebanyak mungkin sehingga dengan sendirinya akan menghapuskan dosa-dosa yang telah mereka perbuat. Apakah hal itu benar ?

Bila orang berbuat baik untuk menutup dosa maka motivasinya berbeda, sebab perbuatan itu hanya ditujukan kepada penghapusan dosa. Motivasi inilah yang salah. Contoh, bila suatu hal Anda menipu, korupsi, membunuh, sengsarakan rakyat, apakah dengan perbuatan baik Anda dapat menghapuskan semua penderitaan dan kemelaratan itu?. Atau Anda telah membunuh lalu kompensasinya membuat kebaikan sebanyak mungkin?

Banyak orang itu tidak terikat dengan peraturan Tuhan Allah, sebab hati mereka tidak terikat pada aturanNya Tuhan  demikian pun kehendakNya. Yang Tuhan Allah inginkan adalah kemurnian hati untuk melakukan perbuatan. Karena tanpa kemurnian maka motivasi bisa sembarangan sehingga perbuatan untuk menghapus dosa hanya berdasarkan hati yang tidak menentu arah dan mungkin sekali sebagai substitusi bahkan kotor, inilah yang salah.

 

Karenanya dosa dan perbuatan baik tidak dapat di analogi sebagai suatu timbangan yang lengannya kirinya ada dosa dan lengan kanan ada perbuatan baik. Lalu bila kebaikan lebih berat akan menghapus dosa? Pendapat inilah yang salah.

 

Karenanya sebelum melakukan sesuatu selalu didasarkan pada perintah  Allah, yaitu KASIH. Dan hukum kasih ada di matius.22:37-40 dan proses pelaksanaan kasih dapa Anda baca di 1Korintus.13:4-8. Mohon iman hukum kasih dan wujudkan melalui perkataan, perbuatan, tingkah laku, pandangan mata serta mukamu .

 

 

Penutup

Perbuatan baik tidak akan menghapuskan perbuatan burukmu, yang Tuhan Allah inginkan adalah ketulusan hati dan lakukan kehendakNya sesuai hukum kasih dan wujudkannya.

 

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan mohon sharing.

 

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i

Baik1: pandangan para filsuf empiris modern mengenai sebutan baik untuk seseorang atau suatu benda, sepenuhnya subjektif,  hanya merupakan ungkapan kesepakatan, bukan sepeti baik dalam Alkitab. Allah adalah kebaikan, karena itu kebaikan sesuatu ditentukan oleh kebaikan Allah (Mrk10:18). Kebaikan Allah ditunjukkan dalam kemuliaan ciptaanNya dan berkat-berkatNya untuk alam semesta. Perintah-perintahNya pun baik dan ketaatan terhadapnya juga baik. Mengasihi sesama manusia itu baik (Gal.6:9 dst) dan bertindak murah hati juga baik (Kis2:44-45), sebab semua itu timbul dari kasih Allah (1Yoh.5:2)

1Browning WRF, Kamus Alkitab: A dictionary of the Bible, Cetk5 Jakarta 2010, ISBN 978-979-687-393-7, Hal43 kol2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar