Jumat, 27 Juli 2012

Beberapa kesan dari pertemuan Yesus dengan perempuan Samaria ?


Ringkasan artikel

Latar belakang:
Sewaktu pertemuan dengan Yesus,
perempuan Samaria mengatakan,
bahwa Mesias akan datang dan
beritakan segala pada kami.

Materi yang di sharing:
Perempuan tsb bersaksi dikota
bahwa ada yang mengetahui
segala perbuatannya,
mungkin Dia Kristus.
Bangsa Samaria percaya Yesus,
dan Dia Juruselamat dunia

Kesimpulan:
Walaupun bangsa Samaria  
bermusuhan dengan Yahudi,
tapi para murid memberitakan
kabar baik disitu.

Referensi:
Beberapa ayat Alkitab sesuai materi, 
sangat menarik bila anda baca ayat
Yohanes 4: 1 s/d 42


Latar belakang

Sewaktu Perempuan Samaria bertemu Yesus di sumur Yakub, dia mengatakan bahwa, “Mesias yang disebut Kristus akan datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami” (Yohanes 4:25)


Materi yang di sharing,sesuai topik

Dari Yudea, Yesus berjalan ke Galilea melewati daerah Samaria (orang Samaria bermusuhan dengan orang Yahudi), dan bertemu dengan perempuan Samaria di sumur Yakub, dia hendak menimbah dari sumur, lalu terjadi percakapan antara mereka, yang a.l. adalah:

A---Perempuan Samaria merasa tergerak hatinya, karena ada orang yang bisa mengetahui semuanya apa yang telah diperbuat, sehingga dia pergi ke kota dan bersaksi kepada orang-orang akan hal itu, dan bahwa mungkin, orang itu Kristus (Yohanes4:29).

Dan akibat dari perkataannya, banyak orang Samaria dari kota datang ke Yesus dan mendengarNya sehingga mereka berkata:”Kami percaya, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu Dia adalah Juruselamat dunia”(Yohanes4:42).
Jadi orang Samaria yang bermusuhan dengan orang Yahudi, malah menerima Yesus, menerima ajaranNya, diajak tinggal di rumah mereka. Sebaliknya orang Yahudi hanya mengenal keluarga Yesus sebagai tukang kayu, dan Dia anaknya, tidak lebih. 

B---Yesus melihat bahwa masih banyak orang Samaria yang haus akan ajaran Kristus, oleh karenanya Dia mengutus para murid untuk pergi menuai(Yoh 4:35)

Melalui percakapan antara Yesus dengan perempuan Samaria, ternyata banyak orang Samaria yang perlu bimbingan untuk lebih mengetahui hingga percaya Kristus, karenanya Yesus mengutus para murid utuk menuai(Yohanes4:38), sehingga orang Samaria bisa berkata bahwa, mereka telah mendengar dan mereka tahu bahwa Dia adalah juruselamat dunia.


Kesimpulan

Coba bayangkan, bangsa Samaria yang bermusuhan dengan Yahudi bisa menerima Yesus, bahkan mereka mengajak supaya Dia bermalam di rumah mereka. Karenanya Yesus menyuruh para muridnya untuk menuai di situ. Pertanyaannya apakah kita-kita ini bisa menuai dalam kondisi dan situasi seperti yang dimaksud Yesus?

Terima kasih anda telah meluangkan wkatu membaca artikel ini, mohon sharing


Penulis





R E F E R E N S I :

Yohanes 4:25
Jawab perempuan itu kepadaNya: “Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang,  Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.”

Yohanes 4:29
“Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuberbuat, Mungkinkah Dia Kristus itu?

Yohanes 4:35
Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.

Johanes 4:10
Jawab Yesus kepadnya: “Jikalau enkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! Niscaya engkau telah meminta kepadaNya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar