Kamis, 02 Agustus 2012

Apa dosanya Musa sehingga tidak masuk tanah Kanaan ?


Ringkasan artikel

Latar belakang:
Musa sudah pimpin Israel melewati
berbagai rintangan tapi dia tidak
boleh masuk Kanaan

Materi yang di sharing:
Beberapa alasan kenapa Israel tidak
menghormati Tuhan dan juga Musa
bertingkah tidak sopan dihadapan
jemaah Israel dan Tuhan

Kesimpulan:
Jagalah diri anda supaya sesudah
menginjil jangan anda yang
ditolak Tuhan.

Referensi:
Ayat-ayat Alkitab sesuai topik


Latar belakang

Tuhan persiapkan Musa dan mengutusnya(Keluaran 3:10) menghadap Firaun supaya bisa membawa keluar bangsa Israel dari Mesir, dan memimpin bangsa tsb melawati padang pasir selama 40 tahun untuk menuju tanah Kanaan


Materi yang di sharing, sesuai topik

Tuhan berfirman kepada Musa: kamu tidak akan membawa jemaah Israel masuk ke tanah Kanaan (Bilangan 20:12), karena kamu tidak:
1----menghormati kekudusanKU di depan mata orang Israel
2----percaya padaKU ( ----tidak dibahas---- )

Penjelasan:

1----Memang benar bahwa Jemaat Israel setuju untuk melakukan apa yang difirmankan Tuhan (keluaran 19:8), termasuk melakukan 10 Perintah Allah. Tapi kenyataannya mereka suka buat serong, a.l.:

A)—Jemaat Israel membuat tuangan patung lembu sebagai pengganti Allah Israel.
Mereka tidak sabar dan tidak berpendirian, karena Musa belum turun dari gunung, dan mereka tidak tahu apa  yang terjadi dengan Musa diatas gunung karena dia belum kembali, sehingga mereka mengumpulkan anting-anting emas dan lain-lain, lalu dituang menjadi patung anak lembu, dan kemudian mereka sebut allah-nya Israel (Kel 32:4).

B)---Jemaat Israel tidak sabar dan anggap enteng Tuhan.
Jemaat Israel tidak tahan uji karena tidak ada air, sewaktu tiba di Rafidim, daerah gurun pasir, yaitu perjalanan sesuai petunjuk Tuhan. Jadi mereka mulai bertengkar dengan Musa karena tidak ada air. Mereka juga mencobai Tuhan, seperti bertanya-tanya:”Adakah Tuhan di tengah-tengah kita?”(Keluaran 17:7)

C)---Klimaksnya, Musa terpancing karena tingkah laku jemaah Israel, sehingga dia tidak dapat menguasai emosi, (yang seharusnya dia bisa, karena Tuhan telah mempersiapkan Musa sejak dari kandungan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir), dan bertingkah tidak sopan terhadap jemaah Israel dan dihadapan Tuhan, yang tercermin dari:
=èperkataan yang kasar dan tidak patut diucapkan oleh pimpinan seperti Musa, dihadapan jemaah Israel dan Tuhan.
=èperbuatan Musa yang tidak sesuai seperti di-instruksikan dan terlihat kasar dihadapan Tuhan, untuk mengeluarkan air dari gunung batu. (Bilangan20:12)


Kesimpulan

Karena apa gunanya sepanjang hidup anda dekat dan melayani Tuhan tapi disaat terakhir anda ditolak oleh Tuhan karena anda berbuat dosa, misalnya: sombong, tidak disiplin, emosional, dll (1Korintus9:27), jadi tetap percaya dan bersandar pada Tuhan.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.


R e f e r e n s I :  



Keluaran 3:10                        Musa diutus Allah
Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umatKu, orang Israel, keluar dari Mesir.

Bilangan 20:12                       tuhan melarang Musa masuk tanah Kanaan
Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: “Karena kamu tidak percaya kepadaKu dan tidak menghormati kekudusanKu didepan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidk akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka”

Kel.19:7-8                               Segala yg difirimankan Tuhan kami lakukan
7---Lalu datanglah Musa dan memanggil para tua-tua bangsa itu dan membawa kedepan mereka segala firman yang diperintahkan Tuhan kepadanya.
8---Seluruh bangsa itu menjawab bersama-sama: “Segala yang difirmankan Tuhan akan kami lakukan.” Lalu Musa pun menyampaikan jawab bangsa itu kepada Tuhan

Kel 32:1,4                               illah, tuangan lembu emas
1---Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: “Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan didepan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir – kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia”
4---Diterimanhyalah itu dari tangan mereka, dibentuknya dengan pahat, dan dibuatnylah dari padanya anak lembu tuangan. Kemudian berkatalah mereka: “Hai Israel, inilah Allamu, yang telah menuntung engkau keluar dari tanah Mesir”

1Korintus 9:27                       kuasai diri, sehingga akhirnya kamu tidak ditolak
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.



Tambahan ayat-ayat dari Alkitab yang mendukung topik

Keluaran 17:7                         mereka bertengkar dan mencobai Tuhan
Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai Tuhan dengan mengatakan: “Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak?”

Keluaran 20:1-17                     kesepuluh firman, mohon lihat di Alkitab.

Keluaran 20:19-20                  israel takut menghadapi kedatangan Tuhan
19---Mereka berkata kepada Musa: “Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara denga kami, nanti kami mati.
20---Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: “Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoaba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa.”

Kejadian 17:8                          Tuhan beri tanah Kanaan – Aku jadi Allah-mu
Kepadamu dan kepada keterunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selamap-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Keluaran 17:1-7                                   Israel marah krn tidak ada air, mohon lihat di Alkitab

Bilangan 20:2-13                     Dosa Musa dan Harun,  mohon lihat di Alkitab

Kel 32:9                                  bangsa tegar tengkuk
Lagi firman Tuhan kepada Musa: “Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk.

Kel 32:10                                 Aku binasakan bangsa itu tapi engkau jadi bangsa besar.
Oleh karena itu biarkanlah Aku, supaya murkaKu bangkit terhadap mereka dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar

Kel 32:23                                buatlah allah utk kami
Mereka berkata kepadaku: Buatlah untukkami allah, yang akan berjalan didepan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir – kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia

Kel 32:27                                hukuman untuk israel
Berkatalah ia kepada mereka: ‘Beginilah firman Tuhan, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian kemari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan termannya dan tetangganya”

Kel 32:32                                dosa mereka diampuni,  hapuskan namaku di kitab.
Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu – dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis.


Ulangan 32:51                         berubah setia,   tidak kudus
Oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin, dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusanKu di tengah-tengah orang Israel.

Keluaran 17:6                         Aku disana…kau pukul gunung batu
Maka Aku akan berdiri di sana di depanmu di atas gunung batu di Horeb; haruslah kaupukul gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum.” Demikianlah diperbuat Musa di depan mata tua-tua Israel.

Bilangan 20:8                          Musa ambil tongkat memukul batu
Tuhan berfirman kepada Musa: “Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakm, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah didepan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya.

Bilangan 20:10                                    hai orang durhaka, apakah kami harus keluarkan air
Ketika Musa dan Harun telah mengumpulkan jemaah itu di depan bukit batu itu, berkatalah ia kepada mereka: “Dengarlah kepadaku, hai orang-orang durhaka, apakah kami harus mengeluarkan air bagimu dari bukit batu ini?”

Bilangan 20:11                         memukul bukit batu, banyak air
Sesudah itu Musa mengangkat tangannya, lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali, maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.

1 komentar:

  1. Tdk ada hubungannya sama dosa ini itu dan salah musa. Alasan mengapa Israel tdk bisa masuk ke kanaan karena selama Israel minggat tanah kanaan di tempatin org lain. Jawabnya ya se simple itu. Musa tdk ingin menambah conflict secara baru aja lari dr mesir ehh mau perang sama penduduk baru kanaan?yg ada terlalu bnyk bahkan nambah2in masalah

    BalasHapus