Jumat, 03 Juli 2015

Hiduplah berdasarkan “takut akan Tuhan” karena itu yang menjauhi-mu dari kejahatan.

Latar belakang

Sejak dahulu hingga sekarang ini, banyak orang hidup tidak berdasarkan prinsip “takut akan Tuhan” karena mereka kurang mengetahui maknanya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Takut akan Tuhan, apa pengertiannya.
Maksud Allah adalah jelas, yaitu; mengikat perjanjian yang kekal dengan manusia, karena Ia tidak akan meninggalkan mereka dan bertujuan baik untuk mereka, dan menaruh “takut akan Tuhan” ke dalam hati manusia(Yer.32:40). Jadi bagi manusia maknanya jelas, yaitu supaya mereka:
a--Menghormati kuasaNya
b--Mentaati perintah-perintahNya
c--Tidak menjauh dariNya.
d--Membenci terhadap segala bentuk kejahatan
e--Menjaga diri supaya tidak tergoda melakukan kejahatan.

2--Tidak taat, maka hidupmu akan mengalami kesengsaraan.
Namun dari pihak manusia, harus menanggapi makna dari pemberian Tuhan, berupa; aktif melaksanakan butir-butir tsb diatas, untuk kepentingannya sendiri maupun berdampak ke manusia lainnya, dalam kehidupan sehari-harinya. Karena dampak dari “takut akan Tuhan” antara lain:

Akan tidak ada artinya, bila tidak mempedulikannya, misal:
a--Umurmu diperpendek atau hidupmu akan tidak tenang yang diakibatkan oleh perbuatanmu sendiri(Ams.10:27-b)
b--Karena tidak turuti perintahNya, maka akan tiba saatnya bahwa kehidupanmu akan kacau dan fisikmu akan tidak mampu menahan penderitaan sehingga timbul berbagai penyakit yang susah disembuhkan, misalnya; tulang-tulangmu menjadi sakit, tidak segar(Ams.3:7-8)

Akan positif bila menurutinya, misal:
a1--Memperteguh mentalmu supaya tetap kerja tulus dan maksimal walaupun tidak diawasi oleh atasanmu(Kol.3:22).

3-Kenyataannya, manusia akan melanggar kalau merasa tidak ada yang awasi.
Tuhan telah menaruh “takut pada Tuhan” didalam hati setiap manusia, namun seberapa jauh bisa anda menerapkannya dan berinteraksi dengan lingkunganmu, semuanya itu tergantung dari keteguhan hatimu(Ams.27:19) kepada Tuhan. Karenanya sifat manusia adalah:
a--Bila merasa tidak ada yang mengawasi, maka mereka akan; mencuri, menyakiti orang-lain, memanfaatkannya, melecehkan oranglain, dll.
b--Bila ada peraturan berupa “pengawasan-melekat”, maka mereka berusaha mencari atau menciptakan cela-cela untuk menguntungkan dirinya/golongannya.
c--Bila seseorang mengelola suatu usaha yang bukan miliknya namun mengetahui kurangnya pengawasan, maka dia akan mencurinya.

3--Pengalamanmu sehari-hari  “takut akan Tuhan”
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering mengabaikan “takut akan Tuhan” sehingga terjadi; kecurangan, penindasan, pelanggaran-peraturan, dll, contoh:

a--Ingatkah anda sewaktu ujian disekolah, ada soal yang sama sekali sulit diselesaikan sehingga anda berusaha; menyontek, berbisik-bisik ketemanmu, minta rumusnya, dll. Saat itu anda tidak terpikir “takut pada Tuhan” walaupun mengetahui sangsi yang akan diterima bila diketahui pengawas.   
  
b--Seorang petinggi IMF, sekitar 2-3 tahun lalu melecehkan karyawati hotel, dikamarnya. Wanita tsb menuntut di pengadilan. Namun karena kurangnya bukti, karena CCTV kurang berfungsi secara baik, maka petinggi tsb di bebaskan, tapi organisasi IMF menyuruh petinggi tsb resign.
 
c--Rasa tanggung jawab dari menteri terkait (Perhubungan-Perdagangan-Keuangan) menangani container masih rendah, karena ternyata systemnya yang tumpang-tindih. Karena rata-rata dwelling-time untuk container di pelabuhan Tanjung-Priok, terlalu lama. Jadi aplikasi “takut-akan-Tuhan” dari para menteri masih rendah, akibatnya timbul biaya tinggi yang berantai dan ditanggung masyarakat.


Kesimpulan

Tuhan menaruh “takut akan Tuhan” kepada semua manusia supaya mereka mentaati dan menghormati Tuhan agar kehidupanmu akan lebih baik, karenanya, apakah anda selalu mengandalkan Dia ?.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Yer.32:40
Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, bahwa Aku tidak akan membelakangi mereka, melainkan akan berbuat baik kepada mereka; Aku akan menaruh takut kepadaKu di dalam hati mereka, supaya mereka jangan menjauh dari padaKu.

Ams.10:27 (a, b)
(a)Takut akan Tuhan memperpanjang umur, (b) tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek

Ams.3:7-8
7-Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan;
8-itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

Kol.3:22         
Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.

Ams27:19

Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar