Jumat, 13 April 2012

Teladan kasih (contoh dan isinya).

Ringkasan artikel

Latar belakang:
Yesus membasuh dan menyeka kaki para murid

Materi yang di sharing:
Memaparkan apa itu teladan kasih serta
apa dasarnya, gunanya dan bagaimana
tanggapan anda

Kesimpulan:
Apa response anda therhadap teladan kasih
karena Yesus terus menyertai anda sampai
akhir zaman

Referensi:
Lihat ayat-ayat yang berhubungan




Latar belakang

Teladan kasih yang ditunjukan Yesus, antara lain: membasuh lalu menyeka kaki murid-muridNya (Yohanes 13:5), walaupun murid-muridNya mengetahui bahwa Dia adalah Guru dan Tuhan (Yohanes 13:13)


Materi yang di sharing

Yesus mengasihi para muridNya sampai kesudahannya (Yohanes 13:1), sehingga ditunjukanlah peristiwa “teladan kasih” lihat di injil Yohanes 13:4-17,  tapi apa gunanya Yesus melakukan teladan kasih kepada murid-muridNya? Penjelasan secara sederhana sbb:

Apa itu teladan.
Teladan adalah sesuatu perbuatan atau pesan moral yang dianggap baik sehingga dicontohi oleh siapa saja. Biasanya yang menyampaikan teladan adalah orangtua kepada anaknya, guru kepada muridnya,  pejabat tinggi kepada bawahannya atau masyarakat, dll.

Yesus menunjukan teladan kasih, apa pengertiannya:

Secara symbolik terlihat - Yesus membasuh dan menyeka kaki para muridNya (Yoh 13:5)
Keinginan Yesus – Bahwa Dia sebagai guru telah berbuat teladan supaya muridNya harus dan wajib saling membasuh dan menyeka kaki mereka (Yoh 13:15). Juga barangsiapa tetap lakukan kasih berarti dia ada dalam kasih (1 Yoh 4:16). Jadi para murid harus saling merendahkan diri, menegor, support, dll.
Inti dari teladan kasih, yaitu: Perbuatan-perbuatan lain yang telah diperbuat dan dijelaskan oleh Yesus a.l. dalam injil Matius, Markus, Lukas, Yohanes, dll, dan yang paling utama adalah “Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budi, dan Kasihilah manusia lain seperti dirimu sendiri” (Mat 22:37,39).
Gunanya – Supaya para murid dapat menunjukan teladan mereka (berdasaarkan penjelasan diatas) terutama sewaktu mewartakan kabar baik kepada masyarakat.


Peranan teladan kasih untuk kami.

Setelah membaca teladan kasih diatas, maka bagaimana respons anda. 
Sudahkah anda lakukan “teladan kasih” sesuai dengan status anda, sebagai : orangtua, guru, pejabat negara, pembimbing, motivator, teman, pewartakan, dll.

Siapkah anda mewartakan kabar baik kemana saja berdasarkan teladan kasih?, karena Tuhan akan menyertai anda sampai akhir zaman (Matius 28:20)


Terimakasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini mohon seharing.


Penulis.



Referensi

Yohanes 13:1
Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saatNya sudah tiba untuk beralih dari duia ini kepada Bapa, sama seperti Ia senantiasa mengasihi mujrid-muridNya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.

Yohanes 13:5
Kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dn melai membasuh kaki murid-muridNya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pnggangNya.

1 Yohanes 4:16
Kita telah mengenal dan telah percaya akan Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada didalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Yohanes 13:14
Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu  pun wajib saling membasuh kakimu.

Yohhanes 13:15
Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepadamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu

Matius 28:37
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu” (hukum kesatu)

Matius 28:39
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu ialah: Kasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Matius 28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Tambahan ayat-ayat, bila anda ingin membaca lebih lanjut mengenai, sbb:
Teladan kasih (Yohanes 13:1-17).
Yesus membasuh dan menyeka kaki para muridNya (Yohanes 13:4-10).
Yesus menanyakan apakah para murid mengerti (Yohanes 13:12).
Yesus inginkan supaya teladanNya diikuti para murid ( Yohanes 13-17).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar