Jumat, 21 Juni 2013

Sadarkah talenta-mu dicuri?

Ringkasan artikel

Latar belakang
Kemampuan manusia berbeda-beda
dan sering terjadi kemampuan itu
sudah dicuri

Materi yang di sharing.
Manusia diberikan talenta untuk
selesaikan tugasnya, tapi perbuatan
manusia sendiri yang
menjerumuskannya, serta contohnya

Kesimpulan
Talenta berbeda-beda, tapi
lakukanlah secara benar dan
utuh dan tetap percaya pada Tuhan

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Karena kondisi yang berbeda sehingga manusia memperoleh kemampuan yang tidak sama dalam menyelesaikan tugas tertentu, dan sering terjadi bahwa kemampuanmu ini sudah hilang atau dicuri, sehingga tidak bisa menyelesaikannya. 


Materi yang di sharing, sesuai topic

Tuhan mengetahui tingkah-laku manusia, bahkan sudah diketahuiNya sejak anda masih dikandungan ibu-mu(Mzm.139:13), karena Tuhan adalah pencipta alam semesta(Kej.1:1-28 ) dan manusia.

Juga semua manusia bisa melakukan tugas apa saja dimuka bumi ini, akan tetapi kondisi dan lingkungan masing-masing yang membatasi mereka, sehingga sewaktu melakukan tugas disertai tanggung-jawabnya, ternyata ada yang bisa menyelesaikan dan yang tidak. Dan disinilah kelihatan a.l. talenta setiap manusia berbeda-beda.

Namun Tuhan mempunyai-rencana yang harus diselesaikanNya, sehingga ada beberapa orang(Yusuf-Nuh-Musa-Simson-Daud-Saloman-dll) yang dipersiapkanNya secara dini, a.l. sejak dalam rahim ibunya, untuk merealisasikan rencanaNya sesuai dengan talenta yang akan mereka peroleh.

Lalu bagaimana bila tiba saatnya, anda sebagai yang sudah-terpilih tetapi berusaha menolak melakukan rencana-Allah, maka Allah bisa mencari orang lain(Bil.27:22-23)   untuk tugas tsb.

Tapi kenapa menolak, bukankah anda sudah terpilih? Atau  sudah hilangkah talenta itu? Atau sadarkah anda bahwa talenta-mu sudah-dicuri?

Sebab talentamu-dicuri? a.l.:
·         Pada akhirnya melupakan perintahTuhan.
·         Terlalu emosional.
·         Terjerumus dalam bujukan-berhala,
·         dll.

Contoh:

Tuhan memberi kemampuan kepada Musa untuk pimpin Israel keluar dari Mesir, dan semua masalah yang timbul selama perjalanan Israel dapat diatasi Musa. Kecuali emosi yang berlebihan membuyarkan talentanya sesaat, sehingga dia berbuat salah didepan bangsa Israel yaitu tidak melakukan suatu prosedur seperti yang dihendaki Tuhan(Bil.20:12). Akibatnya Musa tidak masuk tanah terjanji. 

Karena Raja-Salomon telah memperoleh hidup yang senang sehingga dia lupa bertindak secara bijaksana(yaitu-kemampun-yang-diberikan-Tuhan), karena dia mengikuti kemauan istri-istrinya(1Raj.11:4) yang mempunyai dewa-dewi, dan hanya sedikit waktunya untuk Tuhan. Akibatnya kerajaannya runtuh perlahan-lahan(1Raj.11:11).

Pernahkah anda sadari bahwa kehidupanmu bila dijalankan secara wajar maka nasibmu lebih baik dari keadaan sekarang, dan bila dipikir-pikir, penyebabnya a.l. adalah karena anda tidak melakukan talenta-mu secara utuh dan benar(Mat.25:14-30). Jadi kenapa anda men-terlantar-kan talentamu sehingga mudah hilang atau dicuri, apakah orang-lain yang bersalah ?


Kesimpulan

Talenta manusia berbeda-beda karena kondisi dan lingkungan, namun lakukanlah talentamu secara benar dan utuh dan jangan terpengaruh emosi dan bujukan, karenanya tetap percaya(Ams.3:5) dan lakukan perintah Tuhan


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.



R e f e r e n s i  :

Mzm.139:13    Engkau menenun aku dlm kandungan.
Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

Kej.1:1-28       Allah menciptakan langit-bumi serta isinya (&manusia).
                        Mohon di baca

Bil.20:22-23    Yoshua menggantikan Musa
22---Maka Musa melakukan seperti yang diperintahkan Tuhan kepadanya. Ia memanggil Yoshua dan menyuruh dia berdiri di depan imam Eleazar dan de depan segenap umat itu.
23---lalu ia meletakkan tangannya atas Yoshua dan memberikan kepadanya perintahnya, seperti yang difirmankan Tuhan dengan perantaraan Musa.

Bil.20:12         Musa tdk menghormati ke-kudus-an Allah di depan mata Israel.
Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: “Karena kamu tidak percaya kepadaKu dan tidak menghormati kekudusanKu di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka”

1Raj.11:4        Salomo tidak sepenuh hati berpaut kpd Tuhan
Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada alah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada Tuhan, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.

1Raj.11:11      Tuhan mengoyakkan kerajaan itu
Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Salomo: “Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapanKu yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.

Mat.25:14-30  perumpamaan tentang Talenta
                        Mohon dibaca

Ams.3:5          percaya pada Tuhandgn segenap hati
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar