Jumat, 12 Desember 2014

Apa dampaknya tidak melakukan perintahTuhan?

Latar belakang
Lakukanlah perintah-Tuhan untuk hidupmu karena akan berdampak buruk bila tidak melakukannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Manusia adalah mahluk tertinggi ciptaan Tuhan(Kej.2:7) karenanya diberikan, a.l.  kebebasan untuk: berkreasi, mempertimbangkan apa yang baik/buruk, ketaatan, imaginasi, dll.
Juga Tuhan mengadakan kerjasama dengan manusia, misalnya: Dia menciptakan hewan-hewan, supaya manusia yang akan memberikan nama-namanya(Kej.2:20).

Namun setelah manusia melanggar perintah-Tuhan karena tidak taat, mereka jatuh dalam dosa, dan akibatnya Tuhan mengusir mereka dari taman-Firdaus(Kej.3:23) lalu  dampaknya: hubungan komunikasi denganNya, sudah tidak ada lagi seperti semula yaitu bisa mendengar langkah Tuhan dan suara panggilanNya(Kej.3:10).

Allah memberikan sepuluh perintahNya
Setelah bangsa Israel keluar dari tanah-Mesir, budaya mereka masih seperti budak(Ul.6:21), susah-diatur, liar, adanya perkelahian, masih berhala dan ada yang ingin kembali ke tanah-Mesir, bahkan ada yang mencobai Tuhan(Kel.17:7).

Karena alasan-alasan seperti itu maka Tuhan memberikan “10-perintah-Allah” sewaktu mereka berada di pegunungan Sinai.

Gunanya perintah-Tuhan?
Dan gunanya perintah-Tuhan supaya bangsa Israel taat dan melaksanakannya, sehingga tercipta gairah kehidupan yang positif, agar mereka bisa berkelakuan sopan dan saling: menghargai, membantu, menghormati dan peduli. Juga supaya bisa menyesuaikan diri munuju manusia bermartabat, bermoral, dll.

Apa isi dari Perintah Tuhan.
Perintah-Tuhan terdiri atas sepuluh butir-butir(Kel.20:2-17). yang bisa di klasifikasikan sbb:
a-Hubungan setiap manusia dengan Tuhan, ayat 2 s/d 7
b-Hubungan antara manusia dengan manusia lainnya, ayat 8 s/d 17
Mohon baca  teks di Referensi

Pelaksanaan tanpa ketaatan, tidak ada gunanya
Umumnya manusia mengetahui apa itu hukum-Taurat, menghafalnya dan melaksanakannya. Namun, kalau melaksanakan tidak disertai ketaatan1, tulus, murni, atau kasih, maka semuanya itu tidak ada gunanya.
                       
Oleh karenanya, yesus menjelaskan bahwa, yang terutama dalam hukum-Taurat atau dalam sepuluh perintah-Allah adalah:
a-Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan: segenap hatimu, jiwamu, akalbudimu.
b-Saling mengasihi antara sesama manusia.      
           
Sebesar apa dampaknya bila tidak melakukan perintahTuhan
Semua manusia bisa berbuat apa saja, termasuk berbuat dosa, a.l.: keserakahan, berkuasa, balas dendam, tergoda, saksi dusta, tidak-sengaja, dll. Namun tidak semua orang menyadari seburuk apa dampaknya.

Misalnya, ada manusia mulai merancang kehendaknya(Yes.66:18) yang utamakan kepentingan hatinya dan lambat-laun tidak setia lagi terhadap perintah dan janji-Tuhan, sehingga akhirnya terjerumus dalam dosa, contoh:

Raja Daud tidur dengan Batsyeba isterinya Uria(2Sam.11:1-12:25).  Perbuatannya adalah suatu hinaan terhadap Tuhan(2Sam12:9) dan firman Tuhan kepadanya adalah a.l.: pedang tidak akan menyingkir dari keturunan-mu sampai selamanya(2Sam.12:10) ini adalah dampaknya.

Raja Salomo, yang memperoleh hikmat dari Tuhan, telah mendirikan kerajaan yang kokoh. Namun akhirnya dia juga mendengar saran-saran dari para isterinya sehingga dia tidak taat lagi pada perintah dan janji-Tuhan. Dan dampaknya; Kerajaan-Israel terbelah dua menjadi Kerajaan-Utara dan Kerajaan-Yehuda, akhirnya kerajaan-kerajaan dikalahkan dan dibuang ke Babel sehingga banyak rakyat Israel yang meninggal, diserakkan di antara bangsa-bangsa dan menghamburkan mereka kesemua-negeri(Yeh.12:15)
  
Kenyataan sekarang ini.
Siapapun yang tidak taat dan tidak melakukan perintah-Tuhan maka suatu saat dia akan mengalami penderitaan. Dan dampaknya; keluargamu bisa juga keturunanmu bahkan negaramu akan mengalami kerugian, penderitaan, dll. 

Jadi dampak buruk dalam kehidupanmu bisa anda hindari, namun semuanya tergantung padamu.

Kesimpulan

Perintah Tuhan telah diberikan, namun ada manusia yang tidak melakukannya
sehingga beakhir pada penderitaan, seperti contoh raja Daud dan Salomo.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah  dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Kej.2:20
Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Kej.3:23
Lalu Tiuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

Kej.3:10
Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang, sebab itu aku bersembunyi”.

Ul.6:21
Maka haruslah engkau menjawab anakmu itu: Kita dahulu adalah budak Firaun di Mesir, tetai Tuhan membawa kita keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat.

Kel.17:7
Dinamailah  tenpat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai Tuhan dengan mengatakan: ‘Adakah Tuhan di tengah-tengah  kita atau tidak?”

Kel.20:2-17
Sepuluh perintah Tuhan (Kesepuluh firman),.
1-Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
2-“Akulah Tuhan, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
3-jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
4-Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi dib awah, atau yang ada di dalam air di baawah bumi.
5-Jangan sugud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan,Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
6-tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
7-Jangan menyebut nama Tuhan, Allah-mu dengan sembarangan, sebab Tuhan akan memandang bersalah orang yuang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
8-Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
9-enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
10-tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
11-Sebab enam hari lamaanya Tuhan memjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya Tuhan memberkati hari Sabat dan mengkuduskannnya.
12-Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.
13-Jangan membunjuh.
14-Jangan berzinah.
15-Jangan mencuri.
16-Jangan mengucapkan saksi dusta taentang sesamamu.
17-Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-;aki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu”

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet. Ke-10, Juli 2011, ISBN978-602-8009-34-8, hal-565 bagian tengah.

Yes.66:18
Aku mengenal segala perbautan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaanKu

2Sam.11:1-26 Daud dan Batsyeba
            s/d
2Sam.12:1-25              Natan memperingatkan Daud sehingga Daud menyesal

2Sam.12:9
Mengapa engkau menghina Tuhan dengan melakukan apa yang jahat di mataNya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kau ambil menjadi istgerimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.

2Sam.12:10
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkaiu telah menghina Aku dan mengambil listeri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

Yeh.12:15
Maka mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan, apabila aku menyerakkan mereka di antara bangsa-bangsa dan menghaburkan mereka ke semua negeri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar