Kamis, 26 April 2012

Jaga dan teguhkan iman-mu





Ringkasan Artikel

Latar belakang:
Tetap jaga dan teguhkan iman anda.

Materi yang di sharing:
Memaparkan gejalah keteguhan
iman dan kegunaannya

Kesimpulan:
Setiap manusia berusaha teguh
dalam iman.

Referensi:
Sebagian ayat-ayat alkitab
yang mendukung artikel


Latar belakang

Hendaklah kamu terus berakar dan bertumbuh diatas Dia, supaya imanmu bertambah teguh (Kolose2:7) disertai perbuatan yang sebanding (Yakobus 2:26)


Materi yang di sharing, sesuai topik:

Setiap manusia, dalam kehidupannya harus berusaha supaya imannya terhadap Tuhan kita, Yesus Kristus, terus tumbuh dan tambah teguh. Dan keteguhan dalam iman akan tercermin pada tingkah-laku dan perbuatan anda sewaktu menghadapi masalah dari luar maupun didalam diri anda sendiri.


Gejala-gejala adanya keteguhan iman dan tetap dalam kasih Allah:

1---Keinginan terus menerus membangun iman yang suci.

2---Berdoa kepada Allah Tuhan kita, supaya anda terus dalam rancanganNya dan kerjakan yang menyenangkan hati Tuhan. Bahkan mintalah bantuan Roh Kudus, karena Roh sendiri berdoa untuk kepentingan anda kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8:26)

3---Jagalah diri anda agar  melakukan perbuatan yang sesuai dengan ketentuan dan peraturanNya, sehingga tetap dalam kasih Allah.

4---Bahwa anda adalah orang yang bisa di teladani karena bertingkah laku baik, sopan, bertanggung jawab, berbelas kasihan, berpendirian dll.

5---Bukan hanya sebagai teladan, tapi juga pro aktif membantu orang yang menderita dan berikan arahan.

6---Hindarilah pergaulan dengan orang yang tidak bisa kendalikan diri, emosianal, egois, menang sendiri, dll, sehingga anda tidak ikut terjerumus.

7---Pertumbuhan iman harus parallel dengan perbuatan.


Gunanya keteguhan iman:

(1)--Supaya perjalanan hidup anda semakin terarah kepada Tuhan.
(2)--Dapat menangkal ajaran, doktrin dan perbuatan yang sesat.


Memang benar bahwa kita semuanya harus menjaga supaya jangan tersandung sehingga bisa ternoda di hadapan Allah, Tuhan kita. Karenanya kita semua harus teguh dalam iman yang sudah kita bangun seperti pada butir-butir diatas


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini dan mohon sharing.


Penulis


R e f e r e n s i :

Roma 8:26
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Matius 9:22
Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu

KPR 16:5
Demikianlah jemaat-jemaat diteguhkan dalam iman dan makin lama makin bertambah besar jumlahnya

Lukas 17:5-6
5—Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: “Tambahkan iman kami!”
6---Jawab Tuhan: “Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.”

Yakobus 2:26
Nah, sebagaimana tubuh tanpa roh adalah tubuh yang mati, begitu juga iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati

Yakobus 1:20            
Tetapi kalian, Saudara-saudaraku, binalah terus hidupmu berdasarkan percayamu kepada Yesus Kristus. Imanmu itu sangat suci. Sementara itu berdoalah dengan kuasa Roh Allah

Kolose 2:7                 
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.


Kis 16:5
Demikianlah jemaat-jemaat diteguhkan dalam iman dan makin lama makin bertambah besar jumlahnya

Kolose 2:5                 
Sebab meskipun aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh aku bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar