Kamis, 16 Agustus 2012

Seberapa bebas kemerdekaan anda ?


Ringkasan artikel

Latar belakang:
Seberapa bebas kemerdekaan anda
untuk mencari Tuhan, Alah kita.

Materi yang di sharing:
Menguraikan kebebasan kemerdekaan
misal: mempercantik wajah dan badan
rohani, supaya disenangi Tuhan

Kesimpulan:
Di masa hidup gunakan waktu dan
berusaha mencari Tuhan

Referensi:
Beberapa ayat Alkitab yang berhubungan
dengan topic dapat dilihat di bagian akhir.


Latar belakang

Tuhan menciptakan manusia menurut gambarNya (Kejadian 1:27) dan diberikan hak istimewa kepada manusia. Sehingga kelanjutan dari keberadaan bumi dan kehidupan manusia akan tergantung pada “seberapa bebas manusia gunakan kemerdekaannya”


Materi yang di sharing, sesuai topik.

Yang dibahas adalah: seberapa bebas manusia gunakan kemerdekaannya.

Tuhan sangat memperhatikan manusia.

Setelah Tuhan menciptakan manusia(Kejadian1:27), maka diperlengkapiNya (Kejadian1:29), diberiNya tugas(Kejadian1:28) dan diberiNya kebebasan kepada manusia. Sehingga kelanjutan dari keberadaan bumi dan kehidupan manusia tergantung pada, “seberapa bebas manusia menggunakan kemerdekaannya”

Seberapa bebas kemerdekaan itu.

System kemerdekaan yang menghormati peraturan akan mempersempit kebebasan, sehingga membuat manusia lebih taat. Sebaliknya system kemerdekaan yang kurang mengikuti peraturan, akan membuat kebebasan sulit terkendali, sehingga manusia makin liar, dan bertambahnya dosa.

Jadi sebebas apa kemerdekaan itu, jawabannya adalah: relative, yang tergantung pada iman atau faith disertai perbuatan setiap individu.


Dari sisi positif, Apa gunanya kemerdekaan sebebas mungkin.

Yaitu setiap orang, terutama wanita mempercantik badan dan wajah supaya menarik dimata manusia lainnya, jadi bersifat duniawi. Alangkah baiknuya anda mempercantik badan dan wajah rohani supaya menyenangkan hati Tuhan, misalnya:

1---Anda jangan membuang waktu, karena manusia bertahan hidup rata-rata 75thn, jadi gunakanlah kemerdekaanmu sebebas mungkin untuk mempersiapkan dan mengejar kehidupan yang layak dan kekal didepan Tuhan (Roma 6:22).

2---Persiapkan dan murnikan iman disertai perbuatan, supaya anda lebih dekat ke Tuhan, a.l.: membantu dan melayani orang dengan penuh kasih.

3---Jangan gunakan kebebasan kemerdekaan itu untuk kehidupan dalam dosa, tapi saling mengasihi dan melayani antar manusia (Galatia 5:13)

4---Hidup dan nikmati kemerdekaanmu sebagai orang yang terus mencari Allah untuk melayani pekerjaan Tuhan, a.l.: jadikanlah diri anda sebagai saluran berkat dan untuk layani orang lain. Dan bukan mencari kesempatan untuk berbuat dosa atau menyelubungi kejahatan(1Petrus2:16).

5---Sekarang anda bukan lagi ber-tuan pada dosa, karena anda secara rela dan dengan segenap hati mentaati ajaran Yesus Kristus, sehingga dimerdekakan dan menjadi hamba kebenaran (Roma 6:22).


Kesimpulan

Gunakanlah kemerdekaan anda sebebas dan sebaik mungkin untuk persiapan dan berusaha mencari Tuhan, Allah kita, supaya anda makin dekat ke Tuhan. Dan jangan menyalahgunakan kebebasan tsb.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis



R e f e r e n s i :

Kejadian 1:27            Tuhan menciptakan manusia
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka.

Kejadian 1:29            Tuhan memperlengkapi manusia
Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu”

Kejadian 1:28            Tuhan memberi tugas kepada manusia
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”


Galatia 5:13               kamu dipanggil untuk merdeka.
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Yohanes 8:30-32        kebenaran akan memerdekakan kamu.
30—Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepadaNya.
31---Maka kataNya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepadaNya: “Jikalau kamu tetap dalam firmanKu, kamu benar-benar adalah muridKu,
32---dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu”

Yakobus 1:25             mendengar dan lakukan hukum akan bahagia.
Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya,  tetapi sunguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya


2Korintus 3:17           dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan.
Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan

1Petrus 2:16               jangan menyelubungi kejahatan dgn kemerdekaan.
Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah

Roma 6:18                  dimerdekakan dari dosa.
Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran

Yohanes 8:36             Yesus memerdekakan kamu dari dosa.
Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.

Roma 6:22                  dimerdekakan dari dosa supaya hidup kekal
Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal

Roma 8:2                    Roh yang memberi hidup telah memerdekan kamu
Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar