Kamis, 01 November 2012

Apa gunanya firman bagi anda?


Ringkasan artikel

Latar belakang
Allah berfirman maka jadilah
dan manusiapun diciptakanNya

Materi yang di sharing                                                                                                 
Artinya firman dan contohnya:
gunanya, menurut anda, dll.  

Kesimpulan
Firman untuk kehidupan
dan keselamatan.

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Allah berfirman: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi(Kej.1:3).  Demikianpun karena Allah berfirman, maka terjadilah :daratan dan laut, tanah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan manusia menurut gambar dan rupanya(Kej.1:26), dll.   

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa itu firman menurut anda?. 

Yaitu suatu penyataan Allah, yang sesuai dengan kehendakNya, dan mengandung kuasa seperti apa yang diucapkan akan terjadi(Yes55:11), misalnya:

  • Firman Tuhan datang kepada Mikha, untuk memberitahukan hukuman atas Samaria, menentang pemimpin dan nabi palsu si Israel(Mi.3:1-12)
  • Datanglah firman Tuhan kepada Yeremia(Yer1:2), untuk menyatakan Israel yang murtad kepada Tuhan(Yer.2:1-37)  supaya bertobat(Yer.3:1-25) dll.
  • Sepuluh Firman Allah(Kel.20:1-17) sebagai: moral, etika dan hukum kehidupan
  • Berfirmanlah (secara sempit, artinya “berkata”) maka terjadilah




Pengaruh Firman dalam kehidupan manusia:

(A/---Apa gunanya firman bagi manusia?
Setiap orang tidak akan tersandung didalam perjalanan hidupnya, karena dia mengandalkan petunjuk dan peraturan Tuhan, itu sebabnya pikirannya tetap positif. Jadi firman itu pelita bagi manusia(Mzm.119:105)

(B/---Perkataan firman mengandung kasih  untuk kepentingan bersama
Firman yang sudah diucapkan tidak dapat ditarik kembali(Yes.45:23), contoh:
Manusia yang teguh dalam kasih, jalan pikirannya serta reaksinya selalu mengutamakan kebenaran dan keadilan, sehingga perkataan dan tindakan juga serasi sesuai kasih. Karenanya perkataan yang diucapkan adalah pasti untuk kemajuan dan kepentingan orang banyak.

(C/---Kasih kepada anak dan generasi penerus
Sebagaimana sayangNya Tuhan kepada manusia, sehingga yang difrimankanNya tidak kembali dengan sia-sia(Yes.55:11). Demikianpun setiap orangtua akan mendidik anaknya melalui: perkataan dan tindakan, serta gaya hidup yang baik. Sehingga orangtua mengharapkan pendidikan itu ada hasilnya, tidak akan tersia-sia. Hal yang sama juga diperbuat pemerintah terhadap rakyatnya. 

(D/---Pakailah firman Tuhan untuk kehidupanmu
Firman Tuhan adalah murni(Ams.30:5), karena dalam firman menyatakan: kasih, kebenaran, taat, dll, semuanya itu adalah untuk keselamatan manusia

Untuk anda, apa arti firman?
Untuk Tuhan, manusia adalah khusus yang: mencerminkan kemuliaan Tuhan, diciptakan serupa dengan gambarNya(2Kor.3:18), dan juga diberi kuasa atas seluruh bumi(Kej.1:26).  Sehingga perkataan yang keluar dari mulut manusia atau apa yang diucapkan anda sangat berpengaruh atas dirimu, yaitu: pikiranmu,  pergaulanmu, perbuatanmu, usahamu dll. Oleh karenanya berpikir secara objektif dan bijaksana sebelum membuat pernyataan.


Kesimpulan

Pakailah firman Tuhan selama kehidupan untuk keselamatan semua orang.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.



R e f e r e n s i :



Kej.1:3           
Berfirmanlah Allajh: “Jadilahj terang.” Lalu terang itu jadi

Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Yes 55:11                    firmanKu …tidak akan kembali … dgn sia-sia
Demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam  apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Mi.3:1-12        Judul perikop: Menetang pemimpin dan nabi palsu.

Yer.1:2
Dalam saman Yosia bin Amon, raja Yehuda, dalam tahun yang ketiga belas dari pemerintahannya datanglah firman Tuhan kepada Yeremia.

Yer.2:1-37       Judul perikop: Israel murtad kepada Tuhan

Yer.3:1-25       Judul perikop: Pertobatan kepada Tuhan

Kel.20:1-17     Judul perikop: Kesepuluh Firman (Tuhan)

Mzm 119:105              firman mu itu pelita bagi kakiku
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku

Yes 45:23                    suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali
Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulutKu telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapanKu, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa


Amsal 30:5                 firman adalah murni
Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung padaNya.

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar