Jumat, 23 November 2012

Apa pendapat anda mengenai lahir kembali?


Ringkasan artikel

Latar belakang:
Lahir kembali membawa
perubahan positif dalam
pribadi anda

Materi yang di sharing:                                                                                              
Penjelasan Yesus mengenai
lahir kembali, percakapan
dengan Nikodemus dan
contoh.

Kesimpulan:
Mengerti ayat-ayat Alkitab
secara tersurat, tersirat dan
lakukan untuk kebersamaan

Referensi
Ayat-ayat dar Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

“Lahir-kembali” akan membawa perubahan dalam pandangan pribadi, supaya meninggalkan semua yang tidak sesuai dalam kehidupan, dan mengikuti kebenaran dan keadilan (Yohanes 3:3) seperti yang diajarkan Yesus.


Materi yang di sharing, sesuai topic

Pernyataan Yesus:
Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak “dilahirkan-kembali”, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah(Yohanes3:3)

 Artinya “lahir-kembali”?, adalah:
Meninggalkan gaya hidup lama ( dosa yang mengakar sehingga selalu mengendalikan manusia dan membuatnya berontak terhadap Allah), dan mulai  hidup-baru yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan Tuhan, bahkan supaya bisa lihat Kerajaan Allah(Yohanes 3:3).

Nikodemus tidak mengerti “dilahirkan kembali”sewaktu bercakap dengan Yesus(Yohanes3:3,5,6)
=Nicodemus berkata: Guru(Yesus) telah membuat banyak tanda-tanda a.l.  gandakan roti, sembuhkan manusia, hidupkan orang-mati, dll, karena Engkau disertai Allah.
=Yesus berkata secara rohaniah kepada Nikodemus: jika seorang tidak  dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah (=Nikodemus tidak mengerti apa yang dikatakan Yesus, karena dia tidak menjiwai peraturanNya Tuhan, tapi hanya tersurat)
=Sehingga Nikodemus sebagai pengajar Yahudi, menjawab: tidak mungkin saya masuk kedalam rahim ibuku dan dilahirkan lagi.
=Yesus menjelaskan: yang dilahirkan oleh daging menghasilkan daging, dan yang dilahirkan oleh Roh adalah roh (=bila ikuti keinginan sendiri, maka hasilnya seperti yang diingini, tapi bila mohon dari Tuhan maka Tuhan akan memberikan yangterbaik untukmu)

Contoh ringkas dari Alkitab: Israel lahir kembali
Tuhan mengukum Israel karena tidak patuh, berhala(Hosea10:1-8) dan ikuti peraturan bangsa lain. Sehingga Tuhan membuang dan menyerakkan mereka ke negeri lain. Setelah Israel bertobat(Hosea14:2-9), Tuhan membawa mereka kembali ke Kanaan, juga memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru dalam batin mereka, supaya taat,  agar mereka menjadi umatKU(Yehezkiel 11:19-20)

Contoh sehari-hari:

Introspeksi diri, bila anda merasa kurang dalam berkomunikasi atau ilmu lainnya, maka rela-lah untuk koreksi diri dan mengikuti kursus untuk tingkatkan  kemampuan.

Seorang anak tinggal kelas karena hanya bisa menguasai 43% dari ilmu yang diajarkan dalam kurun waktu setahun, maka sebaiknya dia mengulang pada periode berikutnya.

Suatu perusahaan meninjau kembali management karena target penjualan tidak tercapai, sehingga terjadi beberapa perubahan supaya lebih efisien dan efektif.


Kesimpulan

Selain mengerti secara tertulis juga jiwai-lah ayat-ayat Alkitab dan lakukan secara bertanggung-jawab, rela-lah koreksi diri untuk perubahan berupa kemajuan bersama..

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s I :


Lahir kembali, (Ensiklopedi Masa Kini, ISBN 978-602-8009-33-1. Hal.627)   diartikan a.l., sbb:
Untuk menunjuk pada pemulihan segala sesuatu, yang mengingatkan kita bahwa pembaruan pribadi merupakan bagian dari pembaruan yang leibh luas meliput semesta alam

Yohanes 3:3                -dilahirkan kembali   
Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.

Yohanes 3:3-7            -dilahirkan kembali   
3-Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.
5-aku berkata kepadamu sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Keranjaan Allah
6-Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh.
7-Jangalah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Yeheskiel 11:19-20
19-Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.
20-Supaya mereka hidup menurut segala ketetapanKu dan peraturan-peraturanKu dengan setia; maka mereka akan menjadi umatKu dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Hosea 10:1-8              mohon di baca

Hosea 14:2-9              mohon dibaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar