Jumat, 10 Oktober 2014

Hati anda memancarkan kehidupanmu(Ams.4:23) ?

Latar belakang

Hati manusia mencerminkan manusia itu(Ams.27:19)          

Materi yang di sharing, sesuai topic

Berbagai  bisikan, godaan, paksaan, bujukan, pujian, dll, akan anda hadapi dalam kehidupanmu, namum hatimulah yang menentukan apakah yang akan diperberbuat(Ams.4:23) 

A--Usahakan hati-mu selalu bermanfaat selama kehidupanmu.
Sebagaimana air mencerminkan wajahmu, demikianpun pancaran-hatimu mencerminkan sebagaimana adanya anda(Ams.27:19).

Oleh karenanya, sadar atau tidak, semua manusia selalu berusaha berbuat yang terbaik sehingga pancaran hatinya memperlihatkan adanya perubahan, melalui: tingkah-laku, tutur-kata dan perbuatannya.

B--Perubahan hati terjadi dari interaksi.
Informasi yang diterima oleh panca-indramu sewaktu anda berinteraksi, akan diteruskan ke:
B1--Otakmu, yang akan memproses informasi tsb, sehingga bisa menghasilkan beberapa opsi.
B2--Dan opsi-opsi tersebut akan diteruskan ke hatimu.
B3--Hatimu yang akan-memilih opsi mana yang akan digunakan.

Bila opsi sudah dipilih dan dilakukan. Maka tingkah-laku, tutur-kata dan perbuatanmu akan sinkron dengan opsi-tsb. Dan siklus dari proses perubahan ini, akan tetap berlaku setiap saat anda berinteraksi selama masa hidupmu.

C--Namun opsi mana yang dipilih oleh hatimu belum tentu baik/buruk, karena secara ringkas opsi ini dipengaruhi oleh:
1--Sepuluh-Perintah-Allah dan Hukum-Kasih yang ditaruh oleh Tuhan didalam hatimu dan akal-budimu(Ibr.8:10).
2--Pengaruh pendidikan orangtua kepadamu sewaktu anda-masih-kecil(Ams.1:8).
3--Pengaruh informasi dan pendidikan dari luar yang diterima oleh otakmu dan diteruskan kehatimu, yang akibatnya bisa a--positif  atau   b--negatif.

Jadi agar hatimu bermanfaat selama hidupmu, maka jagalah hatimu sambil terus membinanya berupa; takut pada Tuhan, agar  pengaruh C1 dan C2 dan C3.a akan terus dominan daripada C3.b, sehingga opsi yang dipilih selalu cenderung-positif, dan berguna.

D--Selama hidup ada godaan
Godaan dalam bentuk apa saja selalu menghantui manusia, sehingga bila anda kurang waspada, maka pengaruh dari hatimu akan cendrung berbuat negatif  (3.b), sehingga melanggar azas-azas kehidupan yang wajar, misalnya: moral, rohani, hukum-alam, hukum-sosial, dll. Yang akibatnya bisa sangat ekstrim. Misalnya:

Diusir dari taman-Firdaus
Hawa menginginkan sesuatu yang melebihi dari perintah Tuhan kepadanya(Kej.2:16-17), karena ular telah seolah-olah menyadarkan Hawa, bahwa dia tidak akan mati dan akan menjadi seperti Allah yang tahu tentang yang baik dan jahat(Kej.3:5). Setelah Tuhan mengetahui perbuatan Hawa dan adam, maka mereka diusir dari taman Firdaus.

Tuhan binasakan manusia dan  hewan(Kej.7:1-8:22)
Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata(Kej.6:5).
Maka Tuhan menyesal dan menghapuskan manusia dan binatang dari bumi(Kej.6:7).

Tuhan hanguskan Sodom dan Gomora(Kej.19:1-29, kecuali Lot.
Tuhan menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, dan ditunggangbalikkan-Nya kota itu, penduduk kota itu serta tumbuh-tumbuhanKej.19:24-25.), kecuali Lot dan keluarganya dibiarkan hidup(Kej.19:15-16)

E--Keadaan sekarang.
Manusia mengetahui karena berinteraksi-A terjadi perubahan, namun sering lupa dan mengandalkan keyakinannya sendiri(Ams.3:5), sehingga sulit mengerti penjelasan kitab suci, sepertinya terselubung(2kor.3:15).


Kesimpulan
Karena interaksi maka terjadi perubahan dalam hatimu karenanya jagalah dia. Dan selalu andalkan Tuhan, a.l. hukum kasihNya, bukan keyakinan akan kepinteranmu.
                                           
Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Ams.4:23             
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.            

Ams.27:19           
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.
  
Ibr.8:10
“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu” demikian firman Tuhan,
“Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Ams.1:8
Hai  anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Kej.2:16-17
16--Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas.
17—tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, jnaganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati”

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat”

Kej.7:18:22                      Air Bah dan surutnya air bah (mohon dibaca)

Kej.6:5
Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata.

Kej.6:7
Berfirmanlah Tuhan: “Aku akan menghapuskan manusiah yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka”

Kej.11:1-9                            Menara Babel (mohon dibaca)

Kej.11:6
Dan Ia berfirman: “Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya, ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang  apa pun juga  yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.

Kej.11:7
Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing”

Kej.19:24-25
24--Kemudian Tuhan menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora,  berasal dari Tuhan, dari langit;
25—dan ditunggangbalikkan-Nyalah kota-kota itu dan Lembah Yordan dan semua penduduk kota-kota serta tumbuh-tumbuhan di tanah.

Kej.19:15-16
15—Ketika fajar telah menyingsing, kedua malaikat itu mendesak Lot, supaya bersegera, katanya: “Bangunlah, bawalah isterimu dan kedua anakmu yang ada di sini, supaya engkau jangan mati lenyap karena kedurjanaan kota ini?
16—Letika ia berlambat-lambat, maka tangannya, tangan isteri dan tangan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab Tuhan hendak mengasihani dia; lalu kedua orang itu menuntunnya keluar kota dan melepaskannya di sana.

Ams.3:5
Percayualah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

2kor.3:15             

Bahkan sampai hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menuatupi hati mereka.

1 komentar: