Senin, 13 Januari 2020

Teladan yang baik


Latar belakang



Suatu teladan yang baik, yang anda mengerti apa motivasinya lalu melakukannya(Yoh.13:15) maka anda akan berbuat hal yang positif dalam kehidupanmu, apalagi kalau teladan itu telah dipertontonkan oleh pemimpin kepada masyarakat.



Materi yang di sharing, sesuai topic



Yesus memberi teladan

Para muridNya telah memperoleh teladan dari Yesus, seperti yang diuraikan dalam injil Yohanes(Yoh.13:1-17)

Teladan itu antara lain, berupa: mencuci kaki(Yoh.13:1-12) para muridNya dan mengeringkannya memakai lap yang terikat pada dipinggangNya. Lalu Yesus mengatakan kepada mereka: “Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu. Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan(Yoh.13:12).

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu, sebab Aku telah memberikan suatu teladan  kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu”



Apa itu Teladan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah: Sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (perbuatan, kelakuan, sifat, dsb), misalnya ketekunannya ditiru oleh teman-temannya; ia terpilih sebagai pelajar yang benar dn pandai.



Teladan adalah suatu perbuatan baik yang bersifat positif yang karena anda mencontohi perbuatan yang baik dari siapa saja dan terutama dari orang yang berpengaruh, sehingga mental dan etika pun akan semakin murni yang berdampak pada tindakanmu, misalnya: sopan, tahu diri, memperhatikan orang lain, dan semuanya itu untuk kemajuan pribadimu maupun akan berdampak untuk kepentingan bersama dalam keluarga, organisasi, pemerintahan, dll.



Bila anda menerima penjelasan diatas maka, marila kita berusaha untuk mengerti apa yang dimaksudkan Yesus dengan teladan yang telah Dia berikan kepada muridnya atau bisakah itu juga berarti untuk kita semua ?



Yesus adalah Guru dan Tuhan(Yoh.13:13), namun Dia dapat merendahkan diri, caranya mencuci kaki yang kotor dari para muridnya dan mengeringkannya. Jadi bayangkan bagaimana seseorang yang begitu tinggi dalam arti menciptakan dunia dan segala isinya, semua mahluk hidup, termasuk kita-kita ini, jadi termasuk anda, tapi Dia bisa merendahkan dirinya untuk mencuci kakimu yang kotor.

Karenanya sekotor apapun dosa tersebut, misalnya: Pembunuhan, penyiksaan, pengkianatan, korupsi, pencurian, fitnah, dll. maka anda harus dapat membantu untuk mengatasi, supaya mereka bertobat dan mohon pengampunan dari Tuhan lalu berbalik dari kehidupan atau kebiasaan lama ke penghidupan baru, lalu melaksanakan peraturan Yesus. Dan peraturan yang paling utama dan yang pertama adalah mengerti apa itu hukum kasih(Mat.22:37-40). Lalu mengaplikasikan dalam kehidupannya berdasarkan kasih. Kasih ini diuraikan dalam ayat-ayat(1Kor.13:4-8)



Setiap orang adalah sama di mata Tuhan, dan semua orang itu telah melakukan dosa, jadi bukan hanya murid saja, tapi siapa pun yang melakukan dosa-dosa, maka anda harus dapat membantu mereka agar keluar dari dosa-dosa itu, tidak perduli siapa dia, tidak pandang bulu, tingkat social, warna kulit, suku.



Soal pengampunan, maka Tuhan pun telah memberi kesempatan dan mereka harus berusaha untuk memperoleh kesempatan tersebut. Yang tidak berbuat demikian, maka Tuhan akan menghakimi mereka sesuai dengan perbuatannya. Karenanya gunakanlah kesempatan itu.



Dalam kehidupan sehari-hari.

Teladan yang baik adalah mencontohi perbuatan yang baik bagi dari siapa saja dan terutama dari pemimpinmu yang berbuat baik, yang menyebarkan kabar gembira, para hamba Tuhan. namun semuanya itu akan sangat membantu bila anda meyakini bahwa takut akan Tuhan adalah mendatangkan kehidupan(Ams.19:23).



Penutup

Teladanilah perbuatan baik seseorang, terutama dari pemimpinmu maupun hamba Tuhan dan yakinilah bahwa takut akan Tuhan mempertebal keteladananmu.

 

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yoh.13:15

Yoh.13:1-17

Yoh.13:1:12

Yoh.13:12

Yoh.13:13

Mat.22:37-40

1Kor.13:4-8

Ams.19:23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar