Sabtu, 11 April 2020

Beriman kepada Yesus Kristus


Latar belakang



Setiap orang demikian pun anda pasti mempunyai suatu pemikiran, keyakinan dan pertimbangan tertentu sehingga beriman kepadanya, lalu atas dasar iman tersebut dia akan berkembang, namun untuk apa.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Setiap orang mempunyai dasar hidup.

Setiap orang secara sadar atau tidak, pasti mempunyai dasar-dasar untuk hidup. Karena dasar-dasar itulah yang menjadi landasan dan sekaligus juga sebagai sarana, untuk berkembangnya berbagai informasi yang telah melalui seleksi sesuai kreterianya. Informasi tersebut anda peroleh dari:

a--Kasih sayang dan didikan dan arahan orangtuamu

b--Sekolah dan lingkungannya

c--Semasa berkeluarga

d--Pergaulan diluar dan dikantor

e--Berbagai sarana media, dll.

f--Ajaran tertentu dari, misalnya; kapitalis, sosialis, nazi, komunis, dll.

g--Ajuran-anjuran yang tidak bernilai, semacan aliran filsafat yang kosong(Kol.2:8), dll.



Dasar-dasar tersebut yang dijelaskan diatas, berada dalam tubuhmu, karena itu adalah pemberian Tuhan, yaitu: “suatu kebenaran yang selalu benar”. Namun, itu pun dapat didominasi oleh kehendak bebasmu dalam wujud berbagai perbuatanmu, sehingga dasar-dasar tersebut kurang berfungsi.



Hal seperti itulah yang dialami oleh Adam dan Hawa. Ini dapat terjadi karena mereka mengutamakan perbuatannya dan tidak peduli lagi kebenaran yang terdapat pada dasar-dasar tersebut, jadi kebenaran itu telah terselubung (2Kor.3:14-15). Dasar-dasar tersebut adalah hukum Tuhan yang ditaruh pada akalbudimu dan juga tertulis dalam hatimu(Ibr.8:10).



Pertanyaan, kenapa kehendak bebasmu dapat mendominasi kebenaran yang ada pada dasar-dasar tersebut. Jawabannya adalah karena anda telah memilih untuk mengutamakan kehendak bebasmu dari yang lain, sehingga:

aa--Kebenaranmu tidak lagi berperan.

bb--Telah memilih seseuai keinginanmu.

cc--Dasar-dasar tersebut yang dijelaskan diatas, telah ditumbuhi oleh beberapa butir (1-aàg), atau mungkin juga hanya ditumbuhi oleh ”1-f atau/bersama-sama 1-g” bahkan mungkin sudah berbuah sehingga timbul atau menuai berbagai tantangan terhadap norma masyarakat. Karena apa yang anda tabur itulah yang akan anda tuai(Gal.6:7), jadi bila anda menabur angin maka anda akan menuai badai(Hos.8-7).



2--Apa yang harus anda tabur.

Telah diuraikan diatas bahwa setiap orang mempunyai dasar-dasar, dan pada dasar-dasar itu Tuhan telah meletakkan hukumNya di akalbudimu dan ditulis dalam hatimu(Ibr.8:10). Pada fondasi atau dasar-dasar itu akan berkembang semua dan berbagai jenis informasi dari luar, namun yang telah melalui seleksi berupa kriteriamu yang terdapat dalam kehendak bebasmu, lalu masuk ke dalam pikiranmu, sehingga anda bisa termotivasi olehnya.



3--Iman terkoneksi ke Tuhan.

Bila anda termotivasi oleh ”1-f atau/bersama-sama 1-g” atau hal buruk lainnya, sehingga menjadi suatu keyakinan dan menuruti segala aturannya, maka sama saja anda telah beriman kepada ajaran-ajaran tersebut sehingga anda bisa menjadi hamba dari ajaran itu dan anda juga tidak mengetahui siapa pimpinan tertinggi dari ajaran tersebut. Mungkin orang atau dewa atau ilah-ilah lainnya. Namun tidak dapat disangkal lagi, bahwa ajaran-ajaran tersebut selalu mencari keuntungan materiil, kedudukan, kekuasaan, finansial untuk pribadi dan atau golongan, dll.

Namun hukum Tuhan adalah kasih(Mat.22:37-40), yang mengajarkan (1Kor.13:4-8) kebenaran. Bila anda yakini hukum kasih tersebut dan melakukannya, maka sama saja anda mengimani itu.  Ajaran kasih tersebut berhubungan dengan Tuhan, namun anda harus sepenuh hatimu, jiwamu, akalbudimu dan tenagamu. Karenanya iman anda supaya selalu tertuju kepada Yesus Kristus.



Gunanya iman adalah untuk keselamatan jiwamu. Jadi bila anda beriman yang tertuju kepada Tuhan Yesus Kristus(Kis.26:15) maka jiwamu akan selamat(1Ptr.1:9).



Penutup

Berimanlah kepada yang anda kenal melalui ajarannya yaitu kasih dan perbuatannya, yaitu Yesus. Namun demikian anda pun harus mewujudkan kasih dalam pikiranmu dan perbuatanmu, sehingga jiwamu terselamatkan.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kol.2:8

2Kor.3:14-15

Ibr.8:10

Gal.6:7

Hos.8:7

Mat.22:37-40

1Kor.13:4-8

Kis.25:15

1Ptr.1:9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar