Minggu, 05 April 2020

Covid19 suatu peringatan kepada manusia


Latar belakang



Suatu peringatan kepada manusia bahwa kualitas dosa yang pernah manusia lakukan telah ada sejak dahulu(Kej.3:6), dan sekarang ada semacam virus yang disebut Covid19 sedang bergulir dan  telah merengut banyak jiwa. Namun Tuhan dapat melakukannya sesuai keinginanNya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Peringatan Tuhan diabaikan

Setelah Tuhan menciptakan bumi serta cakrawalanya, maka Dia menciptakan manusia supaya mereka dapat beranak cucu, guna menjaga serta merawat bumi(Kej.2:15), dll. Dan menempatkan mereka di taman Firdaus. Pada waktu itu Tuhan berkomunikasi langsung(Kej.3:9) dengan manusia pertama yang ditempatkan di Firdaus. 

Kepada manusia, Tuhan memberikan tiga butir sarana, berupa; perasaan, kehendak dan keinginan, maupun yang lainnya. Jadi manusia memperoleh kehendak bebas yang dapat mereka gunakan semaunya, namun harus sesuai dengan aturan yang telah Tuhan tetapkan. Sebagai contoh, yaitu jangan makan buah yang ditengah taman tersebut, bila melakukannya akan mati(Kej.2:16-17). Inilah yang merupakan peringatan pertama, yang di abaikan manusia. Akibatnya, mereka melanggar peringatan dan berbuat dosa, sehingga mereka diusir dari taman Firdaus(Kej.3:23-24).



Adam dan Hawa berbuat dosa karena mempunyai keinginan dan kehendak bebas untuk menentukan kemana arah hidupnya. Dalam hal ini, mereka digoda untuk memperoleh kedudukan yang dapat menjadi seperti Tuhan(Kej.3:5). Inilah isi godaan yang di sampaikan iblis kepada Adam dan Hawa.



Jadi manusia pertama pun telah mengabaikan peringatan Tuhan lalu melanggar perintahNya, demikian pun anak mereka. Karena Kain sebagai kakak membunuh Habel adiknya, sebab keinginannya tidak diterima oleh Tuhan, sehingga walaupun telah diperingati(Kej.4:6-7) tapi karena ego dan emosi yang meningkat, sehingga dia membunuh adiknya Habel.



2--Manusia abaikan peringatan dan melakukan pelanggaran

Setiap orang telah melanggar peraturan yang Tuhan berikan, karena tidak tahu namun ada yang berbuat secara sengaja karena keinginan, emosi, balas dendam, iri hati, dll, sehingga mereka melangkah berbuat dosa.

Sebetulnya manusia sudah tidak takut akan Tuhan(Kej.20:11), sehingga mereka melakukan sesukanya, abaikan peringatan dan berbuat terlalu banyak dosa. Hal ini telah berlangsung hingga kini di semua bagian dari dunia ini.

Contoh dari Alkitab:

a--Firaun telah melanggar tata kehidupan manusia yaitu membiarkan bangsa Israel bekerja sebagai budak, jadi dia setuju dan terus melanjutkannya, sehingga tidak mau mendengar permintaan Musa untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, akibatnya Tuhan menunjukkan berbagai mujizatNya melalui Musa, untuk melawan keras kepalanya Firaun.

b--Penghancuran Sodom dan Gomora(Kej.19:24), karena mereka abaikan peringatan lalu berbuat jahat dan itu adalah berdosa terhadap Tuhan(Kej.13:13).

c--Air bah sewaktu zaman Nuh, manusia dihapus dari bumi.

d--Karena nafsu sex sehingga mengabaikan peringatan, yaitu perbuatan raja Daud mengambil isteri orang, akibatnya pedang tidak tersingkirkan dari keluarganya atau terjadi perkelahian dalam keluarganya.

e--Raja Salomo akhirnya condong ke ilah-ilah dari para isterinya, akhirnya Negara Israel pecah menjadi dua kerajaan dan makin menjauh dari Tuhan sehingga mereka di hukum, yaitu pembuangan ke Babel.



Contoh dalam masa sekarang ini:

d--Apakah dapat dikatakan bahwa Tuhan telah kehilangan kesabaranNya, maka Dia mengizinkan(Ibr.6:3) terjadinya berbagai bencana alam dan penyakit, sebab:

da--Manusia telah menikmati berbagai karunia dan sebagian orang telah mendapat bagian dalam Roh Kudus, tetapi berbalik murtad lagi(Ibr.6:1-3).

db--Selain itu banyak orang telah menjauh dari perintah Tuhan, karena mereka hanya bersandar pada kekuatan sendiri(Ams3:5). Itu karena ego dan harga dirinya yang meningkat namun tidak ada keseimbangannya rohani.



Sehingga apakah ini masih bencana seperti Covid19 yang mulai mengganas terhadap manusia, masih merupakan tingkat peringatan ? Dan akankah datang lagi sejenis bencana yang lebih besar, seperti yang pernah terjadi di zaman Abraham dan Nuh?   

Sehingga apakah sekarang ini adalah ciri-ciri awal peringatan, misalnya terjadinya:

Penyakit-penyakit; Aids, HIV, MERS, Corona/Covid19,

            Bencana alam telah sering terjadi dan temperature bumi meningkat.



3--Ego dan harga diri yang menjauhkan peringatan

Umumnya perbuatan setiap orang selalu untuk memenuhi kehidupan hidup, yang sudah sangat bersaing, sehingga mengutamakan diri sediri atau untuk keluarga, atau kelompok., dll. Lalu cara untuk memperolehnya, bukan merupakan masalah, yang penting mendapatkannya, sehingga :

a--Banyak orang tidak lagi bersandar pada Tuhan, tapi bersandar pada kemampuan sendiri. karena pada suatu tingkat tertentu, mereka telah jauh maju namun hilang keseimbangan dalam hal rohani a.l. etika dan utamakan kepentingan sendiri, lalu menjadi sombong dan tinggi hati(Mam.101:5). Sehingga mereka sering abaikan peringatan-peringatan yang diakibatkan oleh alam atau virus, a.l. covid19..

b--Perbuatan manusia telah bergeser, karena mereka tidak lagi takut akan Tuhan, jadi bersumpah palsu pun tidak ada masalah.



Penjelasan diatas inilah yang membuat manusia kurang memperhatikan peringatan, sehingga dengan adanya Covid19, membuat manusia harus koreksi diri dengan harapan supaya kembali ke etika dan kebenaran.



Penutup

Covid19 merupakan peringatan karena telah menggoncangkan manusia dari kebiasaannya, untuk kembali kepada etika dan kebenaran.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kej.3:6

Kej.2:15

Kej.3:23-24

Kej.3:5

Kej.4:6-7

Kej.20:4

Kej.19:24

Kej.13:13

Ibr.6:3

Ibr.6:1-3

Ams.3:5

Mzm.101:5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar