Jumat, 18 November 2011

Akulah jalan dan kebenaran dan hidup


Ringkasan

Latar belakang:
Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup

Materi yang di sharing:
Cara Yesus adalah benar dan tidak
bisa dipungkiri. Yang mengikutiNya
akan selamat.

Hasil yang diperoleh:
Supaya manusia ikuti cara Yesus,
lakukan kebenaran dan datang
pada Nya

Lihat Referensi


Latar belakang

Dalam Alkitab, injil Yohanes 14:6 tertulis, Yesus berkata: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Materi yang di sharing, sesuai topik.

Apa sebab di injil Yohanes 14:6, ada tertulis demikian?
Karena sebagian besar nabi-nabi yang diutus oleh Tuhan untuk mewartakan kabar baik di aniaya dan bahkan banyak yang dibunuh (Matius 23:30-31) oleh nenek moyang orang yahudi (walaupun mereka sudah mengetahui Hukum Taurat atau 10 perintah Allah). Oleh karenanya Yesus lakukan berbagai perbuatan: Ia taat pada peraturan, atasi godaan, mengambil murid, mengajar, menyembuhkan, lakukan mujizat, menghidupkan dan mewartakan Kerajaan Allah. Agar semua manusia dapat mencontohi dan mengikuti caraNya sehingga bisa selamat.      

Apa gunanya Injil Yohanes 14:6?
Supaya manusia mengejar kebenaran (Amsal 21:21 Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan) dan berbuat kebenaran seperti apa yang dilakukan oleh Yesus, karena sifat dari perbuatan Yesus adalah benar yang tidak bisa dipungkiri kebenaranNya

Peranan Yesus disini adalah memperkenalkan diriNya pada manusia sebagai ciptaan tertinggi dengan maksud untuk selamatkan manusia. Dan tindakan Yesus ini memerlukan respons dari manusia, apakah manusia mau atau tidak.
Karena manusia mempunyai kebebasan, sehingga manusia akan memilih hal diatas, bila ada manusia yang tidak memilih itu karena ego nya tinggi dan masih mengutamakan kedagingan (perbuatan daging yaitu: kecemaran, hawa nafsu, sihir, berhala, perseturuan, iri hati, roh pemecah, percabulan, Galatia 5:19-20).  Jadi manusia bisa selamat kalau dia memilih respons yang positif yaitu menerima dan mengikuti Yesus.

Seluruh cara Yesus yang disebut diatas mengandung kebenaran dan tidak bisa dipungkiri, sehingga bila anda yang datang dan mengikuti dan menerimaNya maka anda akan selamat.

Terima kasih atas waktu yang telah anda luangkan, mohon sharing pengalaman anda bila berkenan.

Penulis.



Referensi:

Lihat: injil Matius / Markus / Lukas dan Yohanes.
Semua perbuatanYesus bisa didapati di injil-injil itu. Dan anda akan dapati bahwa memang Yesus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar