Jumat, 04 November 2011

Apakah ada peringatan dini yang cegah anda buat dosa?


 
Ringkasan artikel

Latar belakang
Dalam perjalanan hidup manusia, Tuhan
memberikan penolong yang selalu
menunjuk jalan keluar

Materi yang di sharing
Raja Daud tidak memperhatikan peringatan
sehingga jatuh dalam dosa yang berdampak
buruk pada kerajaannya dan keluarganya

Yang diharapkan
Ikuti suara hati yang positif dan tekuni,

Referensi (lihat di bawah)


Latar belakang

Setiap manusia dalam perjalanan hidupnya selalu mengalami cobaan dan godaan, tapi Tuhan selalu memberi penolong (Yohanes 14:16) untuk anda, bahkan memberi jalan keluar (1Korintus10:13)


Materi yang si sharing, sesuai topik.

Sengaja atau tidak, bila anda berbuat suatu kesalahan / kecurangan kecil atau besar atau yang sangat merugikan rakyat, selalu akan timbul dalam benak anda:
--seperti ada suara yang mencegah.
--tapi juga ada seperti suara yang ingin melanjutkan, (keinginan daging).
Jadi anda mempunyai kebebasan untuk memilih, yaitu jangan berbuat kecurangan atau lanjutkan.

Sebetulnya anda selalu dapat mengatasi cobaan dan godaan karena Tuhan sudah menaruh Roh dalam batinmu (Yeremia 31:33). Dan kalau ternyata anda harus mengalaminya, maka anda pasti dapat mengatasinya karena Tuhan akan selalu memberikan jalan keluar (1Korintus 10:13).  


Peringatan dini yang diabaikan, contoh:

Dari soto istana, raja Daud melihat seorang wanita (Betsyeba) yang sangat elok rupanya, sedang mandi. Pasti dalam pikiran raja Daud berkecamuk mau melanjutkan hubungan atau tidak. Jadi ada semacam dorongan dari dalam hati untuk dilanjutkan atau berhenti. Dan Roh yang diberikan Allah yang tinggal didalam hati anda adalah yang menyuarakan kebenaran yaitu jangan lakukan (Yeheskiel 36:27),  itulah yang disebut peringatan dini.

Dan ada yang terus menganjurkan adalah keinginan daging, dan pilihan raja Daud adalah melanjutkan keinginan daging (Galatia 5:19), sehingga dia jatuh dalam dosa yang berdampak buruk bagi kerajaannya dan keturunannya.
       

Bagaimana mengetahui peringatan dini itu benar.

Anda harus menguji roh ( yang memberi peringatan secara dini) itu, bila roh itu membawakan sukacita, damai sejahtera, dll (Galatia5:22), maka itu adalah benar

Tapi kalau roh itu berupa keinginan daging, yaitu: hawa nafsu, berhala, dengki, iri hati, dll (Galatia 5:19) maka jangan dilakukan tapi hindarilah, karena itu adalah salah dan merugikan anda.

Setiap orang termasuk anda, sewaktu merencanakan “gagasan yang baru” pasti ada perasaan yang melarang dan yang menganjurkan, bila rencana itu dipandang baik secara positif untuk anda maka lakukanlah secara tekun maka pasti ada hasilnya (Roma 5:3), yang penting sabar. 

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini bila anda mempunyai pengalaman mohon sharing.


Penulis.



Referensi:

Alkitab / Holy Bible, Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan ke-5 thn 2004, ISBN 979-463-660-6.

1 korintus 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu  dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar sehingga kamu dapat menanggungnya.

Yakobus 1:13
Apabila seorang dicobai, janganlah ia bekata: ”Pencobaan ini datang dari Allah!”.  Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Yehezkiel 36:27
RohKu akan Kuberikan diam di dalam hatimu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan Ku dan tetap berpegang pada peraturan –peraturanKu dan melakukannya.

Kejadian 6:3
Berfirmanlah Tuhan: “RohKu tidak akan selama-lamanya tinggal didalam manusia, karena manusia itu adalah daging,  tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.

Roma 8:6
Karena keinginan daging adalah maut,  tetapi keingian Roh adalah hidup dan damai sejahtera

Kejadian 3:22
Berfirmanlah Tuhan Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan smpai ia mengurlurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya. (jadi disini manusia bisa memilih, jadi ada kebebasan untuk memilih)

Yohanes 14:16
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya ia menyertai kamu selama-lamanya.

Galatia 5:19
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseturuan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan dri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.

Galatia 5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.  Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Roma 5:3 Dan bukan hanya itu saja.  Kita  malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita,  karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar