Jumat, 27 Januari 2012

Apakah perbuatan anda sudah sejalan dengan imanmu ?

Ringkasan artikel

Latar belakang:
Iman dan perbuatan harus sejalan

Materi yang di sharing:
Bahwa harapan akan timbul dan
terlaksana, setelah iman dan
perbuatan sudah sejalan

Yang diharapkan:
Percayalah pada Tuhan karena
tantangan apa saja dapat
diatasi

Referensi:
Lihat dibawah


Latar belakang

Iman anda akan teruji bila berkali-kali menghadapi masalah dan dapat mengatasinya, karena kalau iman hanya berupa suatu hafalan dalam benak anda dan tidak dipraktekkan, maka sama saja dengan tidak-teruji atau nihil pengalamannya. (Yakobus 2:26).


Materi yang di sharing, sesuai topic:

Semua orang menginginkan kehidupan yang layak, untuk itu mereka menempuh pendidikan (formal atau non formal) dan mengaplikasikan ilmunya, tapi ada yang dihadapkan pada berbagai hambatan, a.l.: belum ada kesempatan, belum berani menerima tanggung jawab yang lebih besar, lapangan pekerjaan kurang, tidak ada lowongan, dan masalah lainnya.   

Di Alkitab pada injil Yakobus 1:2-4 dan Roma 5:3-5 ada uraiannya, yang secara bahasa sehari-hari adalah:

Sebaiknya apapun tantangannya, walaupun anda berada dalam kondisi sengsara dan tidak berdaya, anda tidak perlu khawatir, bahkan bersyukur dan bermegah, karena mengatasi suatu tantangan dalam kesengsaraan akan menimbulkan ketekunan dalam diri anda, yaitu mental bertambah kuat dari sebelumnya,
dan selanjutnya dalam ketekunan akan menimbulkan tahan uji,
dan selanjutnya dalam tahan uji akan menimbulkan harapan (jadi dapat dikatakan bahwa mental anda berada dalam kondisi lebih teruji dan benar).
Dan bila anda tetap konsisten dalam harapan  dan tidak membuat kesalahan atau penyimpangan pada masa itu, dan tidak menjauh dari Tuhan (Amsal 3:5), maka anda pasti akan meraih dan berhasil secara utuh.

Ada orang-orang yang secara jelas sudah melakukan pengertian ini baik secara sadar maupun tidak, mereka adalah:

Bill Gates yang tidak bisa selesaikan universitasnya, mendirikan Microsoft, dan karena ketekunannya diumur belia, dia sudah bisa membuat program Windows yang digunakan untuk seluruh perkantoran, pendidikan, pribadi dan lain-lain.

Cerita yang sama terjadi juga pada Steven Jobs, pendiri Apple Computer, yang menciptakan computer apple, iphone, ipod, ipad dan ibook, dll.

Thomas Alva Edison penemu listrik, Einstain penemu rumus E=MV kuadrat, Newton penemu gaya gravitasi, dll.

Sekarang bagaimana dengan anda dan kami semua, apakah mental kami semua sudah teruji, benar dan ada harapan? Karenanya jangan lupa untuk selalu  andalkan Tuhan dan terus percapa padaNYA.

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan mohon tanggapan.

Penulis
Tuhan memberkati kami semuanya.



Referensi:

Yakobus 2:26
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa berbuatan-perbuatan adalah mati.

Yakobus 1:2-4 iman
2---Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,
3---sebaba kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
4---Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.

Roma 5:3-5 hasil pembenaran
3---Dan  bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
4---dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
5---Dan  pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Matius 17:20
Ia (Yesus) berkata kepada mereka: “karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tenpat ini ke sana,  maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Amsal 3:5
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar