Jumat, 13 Januari 2012

Awalnya bijaksana, kenapa akhirnya berhala ?

Walaupun terlambat saya mengucapkan selamat natal 25 Des 2011 dan Tahun Baru 2012, semoga selalu sehat dan sukses karena mengutamakan Tuhan. Terima kasih.



Ringkasan artikel

Latar belakang:
Serius dan konsisten dalam pekerjaan
memerlukan iman yang tinggi disiplinnya

Materi yang di sharing:
Beberapa individu yang dipilih Tuhan
tapi akhirnya membuat kesalahan
bahkan berhala

Maknanya:
Tetap percaya pada Tuhan dan serius
Konsisten dalan lakukan pekerjaan.

Referensi:
Mohon dibaca


Latar belakang

Keseriusan dan konsistensi dalam melaksanakan suatu pekerjaan hingga selesai memerlukan suatu iman yang sangat tinggi disiplinnya.


Materi yang di sharing, sesuai topik

Setiap orangtua menginginkan anaknya sukses, untuk itu mereka berusaha memenuhi kebutuhan maupun pendidikan anaknya sebaik mungkin, sama halnya juga setiap guru mengharapkan anak didiknya sukses, demikianpun lembaga-lembaga. Tetapi kepentingan pribadi umumnya menjadi penghalang, misalnya:

  • Secara tidak langsung, Tuhan persiapkan Musa sejak kecil di kerajaan Mesir selama 40 tahun. Waktu Musa membunuh ia lari dari istana, lalu mengembala ternak di pegunungan yang tandus selama 40 tahun. Atas kemauan Tuhan, Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir ke tanah terjanji, melewai padang pasir selama 40 tahun. Sewaktu Israel kehabisan air di padang pasir, timbullah pertengkaran antara Israel lawan Musa. Akhirnya Israel mendapat air dari Tuhan melalui Musa, tetapi karena Musa tidak melakukan pemberian air sesuai petunjuk Tuhan maka Musa tidak diperkenankan masuk ke negeri terjanji (Bilangan 20:2-13).

  • Raja Salomo meminta dan diperolehnya dari Tuhan, yaitu: hati yang penuh hikmat dan pengertian (1Raja-raja 3:12). Dan hal ini teruji sehingga tersebarlah ke seluruh negeri Israel, bahwa Raja akan penggal seorang bayi karena dipertengkarkan oleh 2 ibu. Akhirnya Ibu yang melahirkan mendapatkan bayinya setelah ia mengatakan, jangan penggal anak itu tuan Raja tapi berikan saja kepada ibu yang setuju untuk memenggalkan anak itu.
  • Raja Salomo sangat kaya dan di puji oleh raja-raja tetangga lainnya, tetapi dia mempunyai 700 istri dan 300 gundik yang terus menerus menarik hatinya sehingga Salomo sudah tidak sepenuhnya lagi sama Tuhan. Akhirnya raja Salomo tidak lagi bijaksana tapi berhala karena kemauan para istri dan gundiknya.  


Kesalahan raja-raja tersebut, a.l:
Raja Saul: ada perintah Tuhan yang tidak semuanya dilaksanakan sewaktu menang perang, seharusnya dibunuh semua musuh, ternak dan tidak menjarah.
Raja Daud: mengambil istri orang
Raja Salomo: terpengaruh 700-istri dan 300-gundiknya sehingga tidak sepenuh hati lagi sama Tuhan.

Sebelum kesalahan terjadi, Tuhan sudah memperingati raja-raja. Dan kepada Salomo Tuhan berkata bahwa keturunannya tidak akan menjadi raja lagi, bahkan bait Allah akan hancur  (1 Raja-raja 9:2-9).
 
Akibatnya perlahan-lahan kerajaan Israel dan Yehuda mulai runtuh dan dijajah.

Karenanya tetap percaya pada Tuhan dan ikuti perintahNya. Dan jagalah iman anda jangan sampai terganggu sebelum tujuan berhasil (2 Timotius 4:7)

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini dan mohon sharing.

Penulis.




Referensi:

1 Raj. 6:11-12
11—Kemudian datanglah firman Tuhan kepada Salomo, demikian:
12---“Mengenai rumah yang sedang kaudirikan ini, jika engkau hidup menurut segala ketetakpanKu dan tetap mengikuti segala perintahKu dan tetap menyimpang dari padanya, maka Aku akan menepati janjiKu kepadamu yang telah Kufirmankan kepada Daud, ayahmu,
13---yakni bahwa Aku akan diam ditengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umatKu Israel”

Tuhan  menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya.
1Raj. 9:6-7,9
6---Tetapi jika kami ini dan anak-anakmu berbalik dari padaKu dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapanKu yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepdadanya,
7---maka Aku akan melenhyapkan orang Israwl kdari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang atelah Kukuduskan bagi namaKu iatu, akan Kubuang dari hadapanKu, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.
9--- Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan Tuhan, Allah mereka, yang membawa nenek moyang mereka keluar dari tanah Mesir dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribada kepadanya. Itulah sebabnya Tuhan  mendatangkan segala malapekata ini ke atas mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar