Jumat, 20 Januari 2012

Tuhan sudah siapkan sarana tapi bagaimana anda menggunakannya?

Ringkasan artikel

Latar belakang:
Manusia sebagai mahluk tertinggi nilainya
mempunyai kebebasan untuk berbuat apa saja.

Materi yang di sharing:
Manusia selalu memohon apa saja dari Tuhan
dan setelah didapatinya, mereka utamakan
keinginan sendiri, yang akhirnya
merugikan diri sendiri.

Apa yang diharapkan:
Walaupun anda dalam kondisi demikian tapi
tetap teguh iman dan percaya pada Tuhan

referensi:
Mohon lihat ayat-ayatnya




Latar belakang

Tuhan  menciptakan manusia sebagai mahluk yang tertinggi nilainya dan mempunyai kebebasan, juga berkuasa atas bumi serta isinya (Kejadian 1:26,28),  tapi kebebasan manusia ini sering kali hanya mengutamakan kemauannya sendiri.


Materi yang di sharing, sesuai topik

Manusia mempunyai kepinteran dan akal budi yang secara bebas bisa me-rekayasa semua persediaan dasar yang terdapat di bumi supaya memperoleh nilah tambah yang lebih tinggi sehingga bisa lebih memuaskan keinginan manusia.

Berdampak baik atau buruk dari hasil rekayasa tsb adalah tergantung pada kegunaannya serta apa tujuannya dari yang me-rekayasa, misal:

Raja Salomo membangun Bait Allah yang sangat mewah di Yerusalem, supayaTuhan bisa berdiam diantara bangsa Israel (1 Raja-raja 6:13). Juga Salamo berdoa dan memohon berkali-kali  kepada Tuhan yang isinya a.l.: ….keturunannya tidak akan terputus duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan Tuhan kepada  raja Daud, dan lain-lain (1 Raja-raja 8:25, 2353).

Dan Tuhan menampakan dalam mimpinya Salomo seperti di Gibeon, yang a.l.

Bahwa Tuhan sudah dengar doa raja Salomo, dan mengkuduskan rumah Bait Allah yang didirikan Salamo (1 Raja-raja 9:3, 29).  Dan Tuhan akan meneguhkan janjiNya bila raja Salomo tetap setia pada Tuhan dan ikuti segala perintahNya, tapi kalau raja Salomo berbalik dari Tuhan dan tidak mengikuti segala peraturan, perintah dan ketetapan Tuhan maka Tuhan akan melenyapkan bangsa Israel dan rumah Bait Allah akan tinggal reruntuhan.

Ternyata, walaupun raja Salomo sudah memohon kerkali-kali seperti yang  diatas dan Tuhan sudah meneguhkan firmanNya, tapi akhirnya raja Salomo juga berhala karena mengikuti kemauan istri-istrinya dan gundik-gundiknya yang mempunyai dewa-dewi (1Raja-raja 11:4).


Apakah pantas perbuatan raja Salomo terhadap Tuhan ??

Akhirnya kerajaan Israel pecah menjadi 2 negara dan perlahan-lahan runtuh dan dijajah terus menerus oleh berbagai kekuatan asing sehingga bangsa Israel dibuang,  biasanya yang kalah perang akan menjadi budak.

Bila anda mempunyai pemimpin Negara yang telah berjanji memberantas ketidakadilan tetapi ternyata rakyat tetap menderita, apa yang anda perbuat ?

Pastikan bahwa anda tetap yakin dan teguh pada iman dan terus mengandalkan Tuhan, karena Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi siapa yang setia padaNya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.


Referensi:

1 Korintus 8: 9-10
9---Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah,
10—Karena apabila orang melihat engkau yang mempunyai “pengetahuan”, sedang duduk makan di dalam kuil berhala, bukankah orang yang lemah hati nuraninya itu dikuatkan untuk makan daging persembahan berhala?

Kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”.

Yesaya 55:10-11
10---Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ melainkan mengairi bumi, dan membuat subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan,  memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,
11---demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tegtapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

1 Raja-raja 6:11-12
11---Kemudian datanglah firman Tuhan kepada Salomo, demikian:
12---“Mengenai rumah yang sedang kaudirikan ini, jika engkau hidup menurut segala ketetapanKu dan melakukan segala pertarutanKu dan tetap mengikuti segala perintahKu dan tidak menyimpang dari padanya, maka Aku akan menepati janjiKu kepadamu yang akan menepati janjiKu depadamu yang telah Kufirmankan kepada Daud, ayahmu.

1 Raja-raja 6:13
Yakni bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umatKu Israel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar