Sabtu, 11 Februari 2012

Apakah karena terlalu merdeka, sehingga lepas kendali ?


 Ringkasan artikel

Latarbelakang:
Anda dipanggil untuk merdeka (arti yang
luas) tapi jangan salah gunakan.

Materi yang di sharing:
Beberapa contoh kebebasan dan yang
melanggar peraturan umum     

Apa yang didapat:
Manusia harus menjaga kemerdekaannya dan
diikuti oleh pengendalian dirinya.

Referensi:
Mohon dilihat


Latar balakang

Tuhan memberikan kemerdekaan kepada setiap manusia, sehingga mereka bebas menjalankan hidupnya sesuai pilihan masing-masing, tapi janganlah mengambil kesempatan untuk berbuat sesukamu yang (Galatia 5:13) bisa merugikan diri sendiri dan/atau orang lain.


Materi yang di sharing, sesuai topik.

Galatian 5:13 didukung oleh  2-Timotius-1:7, yaitu: bahwa Tuhan memberikan kepada  semua manusia roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Jadi jelaslah bahwa untuk manusia, kemerdekaan itu harus ada ketertiban yang a.l. sesuai dengan tata-susila masyarakat. Contoh yang sangat jelas, a.l.:

1---Ada yang tidak mengerti kebebasan (bagian kecil dari kemerdekaan).
Sebuah sedan perlahan-lahan melewati tukang grobak jualan gorengan, tiba-tiba dari jendela mobil tsb pemiliknya membuang sampah berupa: sisa makanan, botol aqua dan tisu. Dia berbuat demikian karena tidak mengerti kebebasan yang diberikan padanya, seharusnya dia menjaga kebersihan. Hal ini merupakan kebiasaan yang buruk, yang dapat memicu rakyat kecil mencontohi perbuatan tersebut.

2---Salah gunakan kebebasan (bagian kecil dari kemerdekaan) dari rakyat.
Suatu ruang rapat seluas 20m x 20m di DPR, biaya renovasinya sangat mahal Rp20 milyar, dan yang dipakai kursi import seharga @ Rp 24 juta (di Indonesia kursi sejenis Rp5 juta). Tapi pejabat tertentu dari DPR menyatakan yang salah adalah system, bukan orang pribadi. Mereka tidak menghargai kepercayaan yang diberikan oleh rakyat dan juga tidak ada rasa kasih terhadap rakyat.

3---Mereka menuntut hak tapi melanggar peraturan umum
Ada kelompok masyarakat yang tidak puas terhadap pemerintahan setempat atau wadah lainnya, sehingga mereka demo ( sudah ada izin dari polisi) untuk protes dan menuntut keadilan, tapi mereka juga lupa kendalikan emosi dari massa sehingga terjadi pengrusakan kepentingan umum dan bahkan menutup jalan sehingga macet total berjam-jam. (bayangkan ambulance yang membawa seorang serangan jangtung,  pasti pasien itu akan mati di jalanan, karena jalanan teretutup)

Ketiga contoh (dan masih banyak contoh yang lain) diatas tidak sejalan dengan ajaran alkitab di Galatia 5:13 dan 2-Timotius-1:7

Apakah anda pernah mengalami kejadian seperti diatas ?
Umumnya orang di depan keramaian berlaku tertib dan sopan, tapi kalau tidak dilihat orang maka apakah anda juga membuang sampah sembarangan, dll.?

Jadi marilah kita semua menjaga kemerdekaan, juga tertib dan bermoral karena yang susah adalah mengendalikan diri sendiri.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon saran.

Penulis





Referensi :

Galatia 5:13 (kemedekaan Kristen)
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Yohanes 8:31-32 (kebenaran yang merdeka)
31—Maka kataNya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepadaNya: “Jikalau kamu tetap dalam firmanKu, kamu benar-benar adalah muridKu,
32--dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu

Roma 6:18 (dua macam perhambaan)
Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

2 Korintus 3:17 (pelayan-pelayan perjanjian yang baru)
Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

1 Petrus 2:16 (peringatan untuk hidup sebagai hamba Allah)
Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

2Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Mazmur 111:9
DikirimNya kebebasan kepada umatNya, diperintahkanNya supaya perjanjianNya itu untuk selama-lamanya; namaNya kudus dan dahsyat.

1 Korintus 8:9-10 (persembahan berhala)
9---Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.
10—Karena apabila orang melihat engkau yang mempunyai “pengetahuan”, sedang duduk makan di dalam kuil berhala, bukankah orang yang lemah hati nuraninya itu dikuatkan untuk makan daging persembahan berhala ?

1 Korintus 10:29 (Israel sebagai suatu peringatan)
Yang aku maksudkan dengan keberatan-keberatan bukanlah keberatan-keberatan hati nuranimu sendiri, tetapi keberatan-keberatan hati nurani orang lain itu. Mungkin ada orang yang berkata: “Mengapa kebebasanku harus ditentukan oleh keberatan-keberatan hati nurni orang lain?”

Matius 22:36-40.
37--“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38—Itulah hukium yang terutama dan yang pertama.
39—Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah seseamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40—Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi”.

Filipi 2:12 (Tetaplah kerjakan keselamatanmu)
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat: karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar