Minggu, 26 Februari 2012

Karena menuruti keinginannya sehingga terjerumus ?


Ringkasan artikel

Latara belakang:
Rancangan Tuhan adalah untuk semua
manusia, dan manusia melakukan sesuai
ketentuanNYA

Materi yang di sharing:
Beberapa rencana Tuhan  yang tidak
diselesaikan secara sempurna dan
apa akibatnya

Kesimpulan:
Selesaikanlah rencana anda walaupun dalam
kesengsaraan, tetaplah tekun dan tahan uji
karena akan mendatangkah pengharapan

Referensi:
Mohon lihat ayat-ayat yang berhubungan
dengan artikel



Latar belakang

Tuhan mempunyai rancangan untuk segalanya termasuk bangsa-bangsa, manusia-manusia dan lain-lain (Yesaya 55:8). Setiap rancangan itu ada maksud dan tujuanNYA, dan manusia yang melaksanakan rencana itu harus sesuai dengan ketetntuanNYA, tapi ada yang meleset.


Materi yang di sharing, sesuai topik.

Beberapa rancangan a.l. peristiwa-peristiwa penting yang telah ditentukan oleh Tuhan dan bagaimana seharusnya diselesaikan, tapi karena pelakunya kurang bisa menguasai diri maka hasilnya juga tidak memuaskan bahkan bisa berdampak lebih buruk, contoh:

1---Adam dan Hawa, karena diperdayai oleh ular sehingga mereka memakan buah yang telah dilarang oleh Tuhan, akibatnya mereka diusir keluar dari taman tsb (Kej 3:23), dan harus bersusah payah mencari rezekinya seumur hidup (Kej 3:17)

2---Musa tidak diperkenankan masuki tanah Kanaan (Ulangan 3:26)
Tuhan telah menjawab dan menjelaskan, bagaimana mendapatkan air untuk rakyat Israel sewaktu rakyat Israel menuntut air dari Musa. Tapi  Musa bertingkah tidak sopan dan tidak menghormati kekudusan Tuhan didepan mata orang Israel. Akibatnya Musa dan Harun tidak diperkenankan masuk ke negeri yang akan diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Israel (Bilangan 20:12).

3---Raja Saul. Sewaktu Saul berperang melawan orang Amalek, dan karena dia tidak melaksanakan perintah Tuhan secara sempurna ( yaitu: tidak membasmi semuanya, bahkan Saul membiarkan raja Amalek tetap hidup, menjarah hewan-hewan yang gemuk serta harta-harta), akibatnya Saul ditolak sebagai raja. (1Samuel 15:26)

4---Hal yang serupa juga terjadi pada Raja Daud dan Raja Salomo yang juga berakibatkan sangat fatal.


Semua manusia harus selesaikan tugasnya.

Sebetulnya  kegagalan menyelesaikan tugas ini disebabkan, antara lain: tidak tahan menderita dalam kesengsaraan dan akhirnya menuruti keinginan kedagingan. Dalam setiap perjalanan hidup, manusia harus konsisten mengerjakan tugasnya, bahkan anda harus bermegah dalam kesengsaraan,  karena berjuang dalam kesengsaraan akan timbul ketekunan, dan dari ketekunan akan timbul tahan uji, dan tahan uji menimbulkan harapan (Roma 5:3-4).

Bagaimana bila aretikel ini direfleksikan ke diri kita masing-masing? Apakah kita selesaikan rencana secara sempurna, tidak menyimpang ? 

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.




Referensi :

Yesaya 55:8   
Sebab rancnganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tuhan.

Kejadian 3:23
Lalu Tuhan mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil

Kejadian 3:17
Lalu firmanNya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan istrimu dan memakan dari buah pohon yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah  karena engkau; dan bersusah  payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu.”

Ulangan 3:26  ( T marah pd Musa)
Tetapi Tuhan murka terhadap aku oleh karena kamu dan tidaklah mendengarkan permohonanku. Tuhan berfirman kepadaku: Cukup! Jangan lagi bicarakan perkara itu dengan Aku.

Bilangan 20:12   (kenapa T marah pada Musa sehingga tdk masuk Kanaan)
Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: “Karena kamu tidak percaya kepadaKu dan tidak menghormati kekudusanKu di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk kenegeri yang akan Kuberikan kepada mereka”

1Samuel 15:26
Tetapi jawab Samuel kepada Saul: “Aku tidak akan kembali bersama-sama dengan engkau, sebab engkau telah menolak firman Tuhan; sebab itu Tuhan telah menolak engkau, sebagai raja atas Israel”

2Timotius 4:5
Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu

Mazmur 143:10
Ajarlah aku melakukan kehendakMu,  sebab Engkaulah Allahku!. Kiranya RohMu yang baik itu menuntun aku ditanah yang rata!

Roma 5:3-4
Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita. Karena kita tahu. Bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan perharapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar