Jumat, 04 Mei 2012

Dapatkah anda rasakan kasih karunia Tuhan?



Ringkasan Artikel

Latar balakang:
Tuhan memberikan lagi kasih-karunia
kepada manusia  untuk keselamatannya

Materi yang di sharing:
Percaya pada Tuhan maka anda akan
lebih menikmati Kasih-karunia

Kesimpulan:
Tetap percaya pada Tuhan dan manfaatkanlah
kasih karunia untuk kepentingan bersama
sesuai keinginan Tuhan

Referensi:
Beberapa ayat-ayat Alkitab yang
berhubungan dengan kasih-karunia.


Latar belakang


Kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini (Titus 2:11).


Materi yang di sharing, sesuai topik:

Usaha manusia untuk dapatkan kasih-karunia sangat sulit (tidak mungkin), tapi
karena Tuhan bermurah hati sehingga Dia memberikan karunia kepada semua manusia (walaupun tidak semua menyadari adanya kasih karunia tsb), a.l.: kasih-karunia.


Manusia yang percaya lebih menikmati kasih-karunia

Bila anda percaya pada Tuhan maka anda dapat merasakan kasih-karunia yang diberikan Tuhan, dan juga menikmatinya. Secara umum Kasih karunia a.l. sbb:
1---Yakin bahwa Tuhan yang berkuasa, menciptakan anda dan bumi serta isinya, dan anda menikmati isi dunia ini secara gratis (misal: udara untuk bernafas, ditaruh pada suatu komunitas / bangsa, keindahan alam) 
2---Anda diberi perasaan kasih.
3---Anda diberi keinginan untuk meningkatkan iman disertai perbuatan.
4---Anda diberi kesehatan, pikiran, akal budi.
5---Anda diberi aktivitas untuk bersosialisasi.
6---Anda diberi semangat untuk maju dan berbuat baik untuk sesamanya, - dll.


Tuhan pernah hentikan Kasih-karunia:

Bila mau hitung-hitungan dengan Tuhan mengenai kasih-karunia, maka Dia bisa menyetop kasih-karunia, karena manusia jatuh dalam dosa (Roma 3:23). Ingat kejadian Adam & Eva dan masyarakat di sekitar Nuh diterpa air bah, tapi Nuh mendapat karunia di mata Tuhan, sehingga dia dan keluarganya dibiarkan hidup.


Mendapatkan kembali kasih-karunia:

Usaha manusia untuk mendapatkan kasih karunia sangat sulit, bahkan tidak mungkin karena semua orang sudah berbuat dosa dan sudah kehilangan “kemuliaan Allah”  (Roma 3:23-24). Tapi Nuh berusaha mencari secara proaktif dan bisa memenuhi persyaratanNya. Di lain pihak Tuhan yang tentukan siapa saja yang bisa diberikan kasih-karunia. Syaratnya, yaitu:

1--Manusia yang proaktif (Kejadian 6:8-9):
a--Berbuat sebagai orang yang benar (lakukan ketentuan dan peraturan Tuhan)
b--Lakukan yang benar sehingga tidak bercela di mata Tuhan
c--Tidak membuat kesalahan, menyimpang dari keinginan Tuhan
e--Selalu mengandalkan, bersandar pada Tuhan (Amsal 3:5)

2--Tuhan yang tentukan atas dasar keinginanNya (Keluaran 33:17):
f--Tuhan yang pilih karena Dia mengenal anda.

Kesimpulan

Sepatunya manusia berterima kasih karena Tuhan sudah memberikan lagi kasih-karunia sehingga ada kehidupan dan keselamatan, karenanya pergunakan sebaik mungkin apa yang ada pada anda untuk kepentingan sesama manusia ( yang berarti jaga muliakan Tuhan)

Terimakasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini dan mohon sharing.

Penulis


Referensi :


Titus 2:11      
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini.

Roma 3:23-24
23---Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.
24---dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kritsus Yesus.           

Kejadian 6:8-9
8---Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan
9---Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah

Amsal 3:5
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Keluaran 33:17
Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia dihadapanKu dan Aku mengenal engkau”

………………..


Arti karunia (ka.ru.nia)
[n] (1) kasih; belas kasih: dng -- Allah aku dapat menyelesaikan pekerjaan ini; (2) pemberian atau anugerah dr yg lebih tinggi kedudukannya kpd yg lebih rendah: ia mendapat -- dr raja.
Referensi:
http://kamusbahasaindonesia.org/karunia#ixzz1tZtbZ48D


Roma 5:17      (Adam dan Kristus)    Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

(Efesus 4:29)
Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia

Roma 5:2 (hasil pembenaran)
Oleh Dia kita juga peroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Didalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.
Roma 5:3
Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
Roma 5:4
Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Roma 5:5
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.


Ibrani 12:15   (Kasih karunia )
Jagalah  supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah,  agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang
Rom 1:5 
Dengan  perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada namaNya.
Rom 3:24       
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kritsus Yesus.       

Rom 5:17        (Adam dan Kristus)    Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

2kor 1:15        (sparing the Church)  Berdasarkan keyakinan ini aku pernah merencanakan untuk mengunjungi kamu dahulu, supaya kamu boleh menerima kasih karunia untuk kedua kalinya.
2kor 4:15        (harta  rohani dalam bejana tanah)  Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.               
2kor 8:4          (pelayanan kasih) Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka yuga  beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus.
2kor 8:9          (chirst or pattern) Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinanNya.

Gal 2:21          (terutama jg utk org Kristen keturunan Yahudi)      Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
Gal 5:4            (kermerdekaan Kristen)         Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia. Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan.

Efesus 3:8       (purpose of the ministry)        Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahuy di kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu
Efesus 4.29     (do not grieve the Spirit)       Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Ibr 13:9          (concluding moral directions)            Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai  ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.

1ptr 5:10         (sumbit to God, resist the devil)          Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaanNya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

2ptr 3:18         (kasih thdp sdr sbg tanda hidup baru)           Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar