Kamis, 07 Juni 2012

Bagaimanakah doa anda dikabulkan Tuhan?


Ringkasan artikel

Latar belakang
Hubungan orangtua-anak sangat dekat
tapi kedekatan Tuhan melebihi

Materi yang di sharing
Doa yang tulus dan yang sesuai dengan
kehendakNYA pasti dikabulkan Tuhan,
tapi yang hanya memuaskan egonya
tidak dikabulkan

Kesimpulan
Dalam berdoa agar tulus, tidak untuk
penuhi nafsu tapi sesuai
kehandakNya

Referensi
Ayat-ayat Alkitab yang berhubungan
dengan topik.


Latar belakang

Setiap usaha dan permintaan yang wajar dari seorang anak pasti didukung oleh orangtuanya(Lukas 11:9) dan keinginan yang tidak masuk akal tidak akan diberikan(Yakobus 4:3), demikianpun dalam doa.





Materi yang di sharing, sesuai topik

Seperti hubungan antara orangtua dan anaknya yang sangat dekat, demikian juga hubungan antara Tuhan dengan manusia, bahkan lebih dekat, yang sangat sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Dan orangtua jahat mana, tidak memberikan yang terbaik kepada anaknya  (mis: sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, dll), dan tidak mungkin diterlantarkannya, jadi apalagi Bapakmu yang di surga(Lukas 11:13).

Oleh karenanya, dalam hal berdoa, harus yakin dan percaya pada Tuhan(Amsal 3:5) bahwa setiap orang yang berusaha pasti ada hasilnya, seperti yang diucapkan Yesus (Lukas 11:10), a.l.:

1---Setiap permintaan doa yang wajar dari seorang anak, pasti dipenuhi oleh orangtuanya.
2---Orang yang tekun berdoa untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya, pasti pada  suatu waktu ia akan mendapatkannya dari suatu perusahaan yang memerlukan tenaganya.
3---Siapa saja yang berdoa mencari sesuatu berupa minta nasehat pasti dia akan dibukakan pintu untuk diberikan penjelasan.

Sebab itu utarakanlah keinginanmu yang wajar dalam doa ( Doa = … lihat di Referesni), dan yang sesuai keinginanNya(1Yohanes 5:14),sehingga dapat dikabulkanNya. Dan ada berbagai jenis doa (penyembuhan, sukses, kesehatan, bahagia, dll), juga supaya diketahui bahwa ada doa yang dikabulkan, ditolak dan ada yang diarahkan, dll, doa yang sesuai, berupa:

(1----).Dikabulkan karena pemintaan dalam doa yang tulus dan sangat “dibutuhkan” untuk kelanjutan kehidupan, misal: orang buta yang dapat melihat, orang lumpuh yang dapat berjalan dan minta keturunan(1Samuel1:27), dll.
(2----).Ditolak karena doa anda hanya digunakan untuk kepentingan ego-mu dan  memuaskan hawa nafsumu(Yakobus 4:3)
(3----).Ada doa permintaan yang belum waktunya, jadi anda harus terus menekuni dan disiplin(Roma5:4), disini Tuhan akan memberikan Roh Kudus bagi yang meminta(Lukas 11:13) untuk mengarahkan dan membantu, sehingga bisa tercapai tujuanmu.
(4---).dll

Sejujurnya doa saya ke Tuhan, kadang-kadang tendensius ke ego untuk memuaskan nafsu pribadi, dan artikel ini menyadarkan saya berdoa lebih sesuai, dan anda pasti  bisa lebih tulus dan terkendali.  

Terima kasih anda telah meluangkanwaktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R E F E R E N S I :

*=Doa adalah suatu tindakan menghubungkan diri dengan Tuhan, berupa bicara atau tanpa perkataan. Permohonan melalui doa tidak dipandang sebagai memaksa Allah untuk bertindak, tetapi sebagai memohon agar jadilah kehendak Allah dan datanglah KerajaanNya.  
Percakapan  antara Allah dan manusia diberitakan dalam Perjanjian Lama, misalnya Kejadian 15:1-6, Keluaran 3:1-4 (KAMUS ALKITAB,  a dictionary of the bible, diterjemahkan oleh Dr Lien Khiem Yang, halaman-83)


Yakobus 4:3                          
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

1Yohanes 5:14                                  
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
                                               
Filipi4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah  dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Matius21:22   -          
Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya

Yohanes15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya

Roma 5:4
Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dantahan uji menimbulkan pengharapan.

Lukas 11: 9-13  
9----Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
10—Karena setiap orang yang meminta,  menerima dan setiap orang yang mencari,  mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
11—Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
12—Atau, jika minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?
13—Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!. Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadanya.

Yohanes 15:16                      
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu

1Samuel 1:27                        
Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan TUHAN telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya

Markus 11:24                                   
Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar