Kamis, 28 Maret 2013

Jagalah tingkah lakumu sehingga jerih-payahmu tidak ternoda


Ringkasan artikel

Latar belakang
Jagalah pengedalian diri anda
apapun jabatanmu.

Materi yang di sharing.
Tingkah-laku terhadap suatu
masalah supaya sesuai nilai
Hukum Taurat dan Kasih,
serta contoh-contoh

Kesimpulan
Saling meyakinkan terhadap
sesamamu supaya tingkah
-lakumu bisa sesuai hukum
Taurat dan Kasih.

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Hambatan yang terberat dalam kehidupan adalah, selalu bisa mengendalikan diri (Ams.25:28) walaupun dalam keadaan apapun, karena kecerobohan sekecil apapun bisa berdampak fatal, apa lagi kalau anda seorang pemimpin.


Materi yang di sharing, sesuai topic

Keberhasilan manusia dalam perjalanan hidupnya, adalah a.l. karena dia dapat mengendalikan diri(Yak.3:2) secara benar, sewaktu menghadapi masalah genting.

Bila anda makin menjiwai ketetapan dan peraturanNya Tuhan (yaitu: hukum Taurat dan hukum Kasih, Mat22:37-40), maka pengendalian diri anda akan lebih effektif dan menguntungkan sesama, sehingga semua masalah dapat di atasi, karena:
Pada saat yang tepat, membuat keputusan yang cocok.
Dapat melakukan tindakan yang bisa diterima akal-sehat oleh lingkungan.
Tindakan tsb berdampak positif pada saat itu.

Contoh yang dapat mengausai diri

2-Loh-Batu  tertulis Hukum-Taurat dilempar.
Karena meluap kemarahannya terhadap suku Israel yang menyembah berhala(Kel.32:19), maka Musa melempar 2-Loh-Batu,  yang bertuliskan 10-perintah-Allah, pecah berantakan. Tapi Tuhan tidak menghukum dia. Bahkan Tuhan menuliskan ulang pada 2-loh-batu yang lain.

Daud tidak mau ambil kesempatan membunuh.
Raja Saul kejar Daud untuk dibunuh. Dia masuk kedalam goa untuk kencing, dia tidak mengetahui Daud sedang bersembunyi didalamnya. Sewaktu raja kencing, Daud memotong sebagian bajunya raja Saul. Sebetulnya Daud punya kesempatan untuk bunuh raja Saul pada saat itu

Contoh yang tidak dapat kuasai diri

Oleh karena tingkah-laku bangsa Israel yang berkali-kali mencobai Tuhan, maka Musa menjadi marah sehingga tindakan dan perkataan sudah diluar batas perintah Tuhan(Kel.17:1-7 dan Ul.4:21), akibatnya Musa tidak diperkenankan menyebrang ke tanah Kanaan.

Seorang direktur IMF yang sangat bagus hasil kerjanya, harus lepas jabatannya pada thn-2012, karena tingkah-laku saat itu yang tidak sopan terhadap seorang karyawati di dalam hotel, di New York.

Di Indonesia, beberapa pemimpin bertingkah-laku negative secara terencana, sehingga timbul penggelapan uang yang merugikan dan melaratkan rakyat.

Jadi bila anda selalu taat, melakukan yang terbaik dan dipercaya, bukan berarti anda sudah bisa menanggapai suatu masalah sesuai emosimu, tapi tetap tahu diri berdasarkan hukum-Taurat dan Kasih.

Kesimpulan

Saling membantu dan meyakinkan sesamamu agar bisa menjiwai peraturanNya (terutama kasihi Tuhan dan sesama manusia) sehingga terlihat pada tingkah-laku anda sewaktu bersosialisasi dimanapun.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

Ams.25:28                  tdk bisa kendalikan diri seperti tombok yg roboh
Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Yak.3:2                       yg tdk bersalah dlm perkataannya, bisa kendalikan diri.
Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya

Mat.22:37-40              hukum Kasih
37==Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimua dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38==Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39==Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40==Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Kel.32:19                    Musa lemparkan 2-loh-batu
Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.

Kel.17:1-7                   tingkah-laku Musa melanggar batas perintah Tuhan
                                    (à mohon  di baca )

Ul.4:21                        perkataan dan tingkah-laku Musa diluar batas
Tetapi Tuhan menjadi murka terhadap aku oleh karena kamu, dan Ia bersumpah bahwa aku tidak akan menyeberangi sungai Yordan dan tidak akan masuk ke dalam  negeri yang baik, yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar