Sabtu, 02 Maret 2013

Semuanya bersumber dari kasih


Ringkasan artikel

Latar belakang
Tuhan adalah kasih dan Yesus
menunjukkan kasih kepada manusia

Materi yang di sharing.
Yesus jelaskan apa itu kasih, yang
merupakan dasar dari kehidupan
manusia, dan beberapa contoh.

Kesimpulan
Perjalanan hidup harus berawal
dari kasih

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Tuhan adalah kasih(1Yoh.4:8) dan kasih telah ada sebelum dunia dijadikan(Yoh.17:24), dan Yesus menunjukkan kasihNya kepada manusia sehingga yang menerimaNya bisa selamat


Materi yang di sharing, sesuai topic

Kasih telah ada sebelum dunia dijadikan, dan sewaktu manusia terjatuh dalam dosa maka Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia untuk menyelamatkan mereka(Yoh.3:17), antara lain melalui kasih. Apa itu kasih ?
 
Kasih adalah Hukum yang dijelaskan oleh Yesus:
A---Kasihi Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu
B---Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri

Pada 2 hukum(A & B) inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab
para nabi

Bagaimana terwujudnya hukum Kasih dalam kehidupan manusia, a.l.:

1---Kehidupan manusia berawal sejak Tuhan menghembuskan nafas kehidupan kedalam hidung-manusia(Kej.2:7), saat itu semua organ tubuh (ada yang berhubungan dengan akalbudi, pikiran, kasih, naluri, dll) telah siap untuk lakukan kehidupan yang akan terus dipengaruhi oleh lingkunganmu. Demikianpun perasaan mengasihi mulai timbul sehingga anda bisa mengasihi Tuhan dan manusia lainnya.

2---Dalam kondisi apapun (mis:melarat atau kesehatan memburuk), manusia harus konsisten tabah dan tekun menghadapinya semua cobaan, karena sewaktu anda bertekun akan timbul tahan uji dan tahan uji akan membawa keberhasilan yang sesuai dengan harapanmu. Dan semuanya ini bisa berhasil karena iman anda terus dimurnikan yang diikuti oleh ketekunanmu sehingga anda berhasil sesuai harapanmu, jadi tidak mengecewakan karena kasih Allah sudah dicurahkan di dalam hatimu(RM.5:5) 


3---Secara naluri, pikiran dan perbuatan, semua pekerjaan(1Kor.16:14) harus berawal dengan kasih (lihat A & B), karena kasih adalah dasar dari etika dan hukum, atas dasar inilah dibuat visi dan misi dari suatu rencana, misalnya:

Pengembangan Pusat-Olah-Raga selalu ada Visi dan Misi yang menguntungkan olahragawan Indonesia, bila sejak tahap perencanaan dokumentasi tidak lengkap dan harga satuan-unit ditinggikan, maka dengan sendirinya sudah ada penyimpangan yang bertujuan menguntungkan pihak tertentu dan merugikan rakyat karena uang pajak yang dibayarkan oleh mereka.

Sebetulnya masih banyak ayat-ayat dari Alkibat yang berhubungan dengan “kasih”, belum dibahas.


Kesimpulan

Perjalanan hidup atau suatu rencana hingga operasional harus berawal dari kasih. Karena mengasihi merupakan dasar dari segalanya berupa pikiran, panca-indra, etika-hukum, dll yang membawa kehidupan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :
 

Allah adalah kasih   1Yoh.4:8 
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

Mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan      Yoh.17:24
Ya Bapa, Aku mau supaya, dimanapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

Mengutus AnakNya untuk keselamatan       Yoh.3:17         .
Sebab Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Menghembuskan nafas kehidupan   Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hiduip ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Kasih Allah tlh dicurahkan di dlm hati kita  Rm.5:5
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan didalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita

Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih. 1Kor.16:14
Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar