Jumat, 20 September 2013

Seberapa teguh iman-mu terarah ke Tuhan

Ringkasan artikel

Latar belakang
Iman dan harapanmu supaya
tertuju kepada Tuhan

Materi yang di sharing.
Penjelasan sederhana mengenai
iman dan perbuatan. Namn ada
perbuatan yang terpengaruh
sehingga iman turut rontok

Kesimpulan
Beriman harus diikuti perbuatan
yang terarah sehingga harapan
bisa tercapai

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Seberapa besar iman-mu dan pengharapan-mu yang tertuju kepada Allah(1Ptr.1:21),  sehingga permohonan-mu bisa dikabulkan Tuhan.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Mengenai “iman”, mohon lihat di Referensi.

Iman dan perbuatan-mu harus ada, dan berproses, sehingga harapan yang di-idamkan bisa terwujud. Namun-judul-diatas-mempertanyakan-seberapa-teguh-imanmu. Penjelasan-sederhana a.l. sbb:

 (1)--Beriman pada Tuhan. Dengan-kata-lain, anda-sudah-pasti-percaya, yakin-dan mengandalkan-selalu-pada-Tuhan.

(2)--Perbuatannya, a.l: anda membaca, mencari inti-sari dari ayat-ayat yang tertulis di Alkitab, masuk gerja, dan selalu hadirkan Tuhan dalam segala penyelesaian masalah.

 (3)--Kegiatan  (1) & (2); disini kelihatan anda hanya mengutamakan “membangun relasi dan untuk mengasihi Tuhan-(Mat.22:37)”. Jadi masih belum lengkap. Anda seharusnya menggabungkan dengan “mengasihi sesama manusia(Mat.22:39)”,  jadi butir (1) dan (2) harus berjalan bergandengan dan saling membaur.

 (4)--Ber-proses: Secara konsisten anda berusaha supaya imanmu terus bertumbuh diikuti perbuatan-yang-sebanding, yang-bertumbuh-paralel-dan-saling-membaur.
Namun proses ini bisa berlangsung-tidak-seimbang, contoh:

A--Sempurna

A-1.Iman-tertumbuh diikuti-adanya-perbuatan-yang-sebanding.
Bill Gate mengamati dan berpendapat bahwa dia bisa produktifkan beberapa software sejenis(Word-Processor, Wordstar,dll) menjadi satu, yaitu Words. Demikianpu- beberap-sejenis-program hitung-hitungan(Lotus, dll) menjadi Excell.
Akhirnya harapan Bill-Gate berhasil.

A-2.Harus ada action
Tuhan sudah berjanji memberikan keturunan kepada Abraham&Sarah(Kej.15:18) dan mereka meng-imani-nya, dan janji tsb di-ulangi lagi(Kej.18:10), namun Sarah tidak percaya lagi, karena dia sudah mati-haid(Kej.18:11) dan sudah tua-renta.

Dalam-hal-ini, yang Tuhan tegaskan kembali: bahwa Abraham&Sarah jangan hanya ber-iman saja, tetapi sekarang ini mereka harus ada action, lakukan berbuatan-nya  supaya bisa melahirkan anak di-tahun-depan. Dan akhirnya mereka punya-anak.

B--Tidak sempurna

B-1.Iman bertumbuh tapi-perbuatannya-terganggu
Petrus ingin berjalan diatas air seperti Yesus. “Datanglah!” ajak Yesus yang sedang berjalan diatas air. Lalu Petrus keluar dari perahu dan berjalanlah dia diatas air,  tetapi setelah dia ditiup angin dan bunyi ombak maka takulah dia dan mulai tenggelam(Mat.14:28-32)

Perbuatan dan iman Petrus sudah terarah kepada Yesus, tapi ternyata imannya masih kurang teguh, karena tiupan angin dan bunyi ombak membuat dia takut sehingga action-nya yang pada saat itu berjalan, mulai goyah dan tenggelam.
Jadi iman turut rontok karena perbuatan terpengaruh.

Lalu bagaimana dengan anda dan saya, apakah action yang sedang kami lakukan cukup teguh dan tidk terpengaruh bahkan ikut-ikutan berbuat, seperti: berkorupsi rame-rame, kompromi-untuk-memperoleh-jabatan, dll? Rasanya Tuhan mengetahui semuanya, jadi masing-masing tanggungjawab .


Kesimpulan

Beriman harus diikuti perbuatan-yang-sebanding, namun ada perbuatan yang harus diarahkan sehingga bisa tercapai harapanmu


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

1Ptr.1:21                     iman-mu danpengharapanmu tertuju kpd A
Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakanNya, sehingga iman-mu dan pengharapan-mu tertuju kepada Allah

Mat.22:37                   kasihi Tuhan, Allahmu
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Mat.22:39                   kasihi sesamamu manusia
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri

1Tim.6:12                   rebutlah hidup yang kekal
Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Yah.3:15,16                beroleh hidup yang kekal
Supaya setiap orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal.
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yuang kekal.

Kej.15:18                    Tuhan berjanji kepada Abraham
Pada hari itulah Tuhan mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat.

Kej.18:10                    Tuhan ulangi lagi janji ke Abraham
Dan firmanNua: “Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, istrimu akan mempunyai seorang anak laki-laki” Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang dibelakangNya.

Kej.18:11                    mereka lanjut umur dan mati haid
Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid.

Mat.14:28-32              Petrus jln diatas air, tapi mau tenggelam
28--Lalu  Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepadaMu berjalan di atas air”
29--Kata Yesus: “Datanglah!” Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air pemdapatkan Yesus.
30--Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”.
31--Segera Yesus mengulurkan tanganNya,  memegang dia dan berkata: “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?”
32--Lalu mereka naik ke perah dan angin pun redalah.


Mengenai iman (sebagian ayat-ayatnya):

Rm.10:17                    iman timbul dari pendengaran
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus

Yak.2:22                     oleh perbuatan iman jadi sempurna
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar