Jumat, 01 November 2013

Berusahalah maka Tuhan akan membantumu

Sebetulnya isi dari judul ini mirip dengan judul(Ber-partner dengan Tuhan) yang dikotbahkan oleh seorang pendeta muda pada jam 08.00, 27 Oktober 2013 di gereja JPCC (Jakarta Praise Community Church)

Dan sudah 3 hari saya mempersiapkan materi untuk dipakai dalam sebuah judul yang ke 145, yang akan di publikasikan melalui blog saya. Tapi saya tidak bisa  selesaikan judul tsb, karena terus terbeban oleh judul “Ber-partner dengan Tuhan”

Sebetulnya saya tersadar oleh kotbah tsb sehingga saya terbeban untuk menulisnya dengan gaya tersendiri sebanyak 400-kata, yang akan dipublkasikan melalui blog saya, sbb:


Berusahalah maka Tuhan akan membantumu

Tuhan telah mempersiapkan bumi serta isinya dan rancangan lain yang a.l. adalah untuk kepentingan manusia. Namun demikian Tuhan juga menginginkan anda untuk turut berpartisipasi dalam rancanganNya, misalnya:

Yang pernah terjadi

1--Setelah Tuhan menciptakan manusia, Dia juga menciptakan hewan-hewan yang dibawanya ke manusia, untuk melihat bagaimana manusia manamai hewan-hewan itu(Kej.2:19).  

2--Demikian juga sewaktu Tuhan menyertai kaum Israel keluar dari Mesir, dan pada suatu saat mereka terhadang oleh laut dan dibelakangnya sudah kelihatan tentara Mesir semakin mendekat untuk memusnahkan mereka. Lalu kaum Israel berteriak ke Musa. Dan Musa berdoa ke Tuhan. JawabanNya angkatlah tongkatmu, maka terbelah laut itu(Kel.14:21), sehingga kaum Israel bisa melewatinya, tapi tentara Mesir tidak bisa dan tenggelam(Kel.14:28)

Jadi Musa telah berpartisipasi dalam rencana Tuhan, yaitu memimpin kaum Israel kelauar dari perbudakan. Dan Tuhan telah selamatkan kaum Israel melewati laut tsb secara supernatural.

3--Bangsa Palestina dipimpin Goliat berperang melawan Israel yang dipimpin raja Saul. Israel makin terdesak dan ketakutan, lalu datanglah Daud yang mengandalkan Tuhan yang sudah terbiasa melawan singa dan beruang yang menerkan dombanya, maka dia mengganggap Goliat sebagai singa atau beruang yang akan dikalahkannya, sehingga Daud berhasil memenggal lehernya(1Sam.17:1-51)

Demikianpun Daud telah berpartisipasi dalam peperangan, yaitu dengan keberanian yang supernatural dia, yang diberikan Tuhan, telah memanggalkan kepala Goliat.

4--Ibunya Simson juga berpartisipasi denganTuhan, yaitu: dia harus pelihara diri, jangan minum anggur yang memabukkan dan tidak boleh makan sesuatu yang haram(Hak.13:4)Bahkan suaminya Manoah memohon kepada Tuhan mengirim Malaikat untuk memberitahukan bagaimana cara mendidik anak yang akan lahir itu(Simson).

Karena-adanya rencana Tuhan maka terjadi dialog antara suami&istri dengan Tuhan,  yang akhirnya dikabulkan permintaan mereka(Hak.13:9)

Yang sedang dan terus terjadi

Tuhan memberikan kesempatan kepada anda atau siapa saja yang rela berpartisipasi melaksanakan rancanganNya, yaitu: menjadikan bangsa-bangsa muridNya dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarkan mereka melakukan segala sesuatu yang telah Dia perintahkan kepada anda. Dan Yesus akan selalu menyertai anda sampai akhir zaman(Mat.28:19-20)


Kenyataan sekarang

Tuhan telah menyediakan karunia, a.l. kelimpahan sumber-sumber alam yang bisa di-olah untuk menghidupkan seluruh-masyarakat. Namun banyak orang, bahkan Negara bersifat sangat egois, mereka hanya memikirkan dengan cara apapun supaya a.l. bisa terjaminannya kebutuhan hidup masa depan. Tapi partisipasi mereka sangat minim untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang miskin di seluruh negeri.

Karenanya Tuhan sedang menunggu anda untuk mengikuti rancancangNya yang sedang berlangsung. Apakah anda berminat dan rela turut selesaikan rancangan itu?


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

Kej.2:19
Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kel.14:21
Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu Tuhan menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu mejadi tanah kering, maka terbelah air itu.

Kel.14:28
Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta  dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorang pun tidak ada yang tinggal dari mereka.

1Sam.17:1-51
Daud mengalahkan Goliat. Mohon dibaca.

Hak.13:4
Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.

Hak.13:9
Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia,

Mat.28:19-20
19—Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.
20—dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar