Jumat, 22 November 2013

Sudahkah anda lakukan hikmatmu sepatutnya?

Latar belakang

Siapakah diantara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan (Yak.3:13).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Yang dibahas adalah hikmat.

Apa itu hikmat.
Hikmat-bisa-dijelaskan-sbb :
Penjelasannya: Permulaan hikmat adalah takut pada Tuhan(Mzm.111:10), yaitu karena anda berakal-budi yang baik, sehingga anda mengerti akan firmanNya, kasih-karuniaNya dan selalu melakukan hukumNya(Kel.20:1-17) untuk menghormati Allah dan sesama manusia(Hukum-Kasih,Mat.22:37,39).
Penjelasan-lainnya-mengenai-hikmat-mohon-lihat-di-Referensi(bagian-bawah):
1/Kamus-Bahasa-Indonesia-Online.
2/Ensiklopedi-Alkitab-Masa-Kini
3/Menurut-Kitab-Suci

Peranan hikmat dalam kehidupan manusia.
Setiap orang, apakah dia pejabat tertinggi sampai yang ter-rendah, memperoleh hikmat yang berasal dari Tuhan(Ams.8:17-18). Dan hikmat ini bisa terus bertambah sesuai keinginanmu sehingga usahamu dapat berhasil bahkan bisa merambah ke seluruh aspek kehidupanmu bila anda memintanya dari Tuhan. Yang penting jangan disalahgunakan karena Tuhan bisa mengoyakkan semuanya itu.

Siapa yang pernah meminta hikmat.
Tuhan mengasihi setiap orang yang mengasihiNYA, sehingga bila anda tekun dan berusaha mencari hikmat maka anda akan mendapatkannya(Ams.8:17), karena walaupun hikmat Allah tersembunyi dan bersifat rahasia, namun itu disediakan untuk manusia(1Kor2:7) yang mencarinya. Contoh:
Raja Salomo memohon kepada Tuhan, supaya dia bisa membedakan yang baik dan yang jahat untuk menyelesaikan perkara yang timbul di masyarakat Yahudi(1Raj.3:9). Dan Tuhan mengabulkan permintaanya, yaitu: memberikan hati yang penuh hikmat dan pengertian(1Raj.3:12).

Dan bila Tuhan memilih anda untuk melakukan suatu tugas tertentu, maka Dia akan mempersiapkanmu yaitu: memberi bijaksana dan pengertian, sehingga anda mampu melakukan tugas tsb(Yoh.3:34).

Bagaimana menjaga hikmat yang anda peroleh.
Allah memberikan kepadamu hikmatNya(Ams2:6) yang sifatnya tersembunyi dan rahasia untuk kepentingan hidupmu, karenanya:
Berpegang dan lakukan firmanNya, yaitu hukum-Taurat dan hukum-Kasih
Cenderungkan hatimu kepada kepandaian(Ams.2:2)
Jagalah hatimu supaya tidak terpengaruh yang jahat(Ams4:23)
Jangan mengikuti jalannya orang yang berbuat serong(Ams4:14),dll.

Bagaimana bila tidak lakukan firmanNya
Contoh yang sangat jelas adalah:
Atas permintaan raja Salomo, maka Tuhan memberikan hikmat padanya untuk memerintah negara Israel, namun dimasa tuanya dia mengikuti kemauan istri-istrinya, yaitu berhala pada alah-alah lain(1Raj.9:6-7), sehingga murka Tuhan timbul dan dihacurkanNya kerajaan Israel(1Raj.11:23)

Kenyataan sekarang ini
Sepertinya para pimpinan Indonesia sudah menjauh dari hikmat yang diberikan Tuhan, karena agak susah mengendalikan negara: (a)terjadinya tawuran antar desa, mahasiswa, aparat keamanan,(b)korupsi dari berbagai kalangan. Namun  hikmat tetap ada bila kami semuanya mencarinya untuk kebaikan bersama.

Kesimpulan

Hikmat yang tersembunyi dan bersifat rahasia datang dari Allah adalah untuk kebaikan hidup manusia dan anda dapat memintanya dari Dia. Tapi Allah dapat mengoyakkan hasil yang anda capai bila andamenyimpang.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :


Yak.3:13                      hikmat yang lahir dari kelemahlembutan
Siapakah diantara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan

Mzm.111:10                Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan
Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepadaNya tetap untuk selamanya.

Kel.20:1-17                 Hukum Taurat
Mohon di baca

Mat.22:37,39               hukum Kasih
37--Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
39--Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah:Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Hikmat, artinya menurut:

(a) kebijakan; kearifan;
(b) kesaktian (kekuatan gaib)

2. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, IBSN-978-602-8009-33-1, hal-391/2
a-Kepinteran mencapai hasil, menuyusun rencana yg benar spy berhasil.1Raj.3:9,12. (Hikmat praktis dpt membawa serta segi jahat, 2Sam.13:3)
b-Mereka yang memiliki kecakapan ateknis disebut bijaksana.Kel.31:13

3. Kitab Suci
a-Secara Alitabiah: Permulaan hikmat adalah takut pada Tuhan, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik, Puji-pujian kepadaNya tetap untuk selamanya. Mzm.111:10, Ams.1:7, 9:10. (Hikmat dpt berkembang menyentuh segenap hidup & pengertian).
d-dll.


Ams.8:17-18               yang mencari hikmat akan mendapatkannya
17--Aku(dalam hal ini artinya”hikmat”) mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.
18--Kekayaan dan kehormatan ada padaku, juga harta yang tetap dan keadilan.

1Kor.2:7                      hikmat Allah tersembunyi, disediakan utk manusia
Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan manusia

1Raj.3:9                      mohon hati yang faham menimbang perkara
Maka berikanlah kepada hambaMu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umatMu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umatMu yang sangat besar ini.

1Raj.3:12                    Tuhan memberikan hati penuh hikmat dan pengertian
Maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.

Yoh.3:34                      Allah mengaruniakan RohNya dengan tidak terbatas
Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan RohNya dengan tidak terbatas.

Ams.2:6                       Tuhan memberikan hikmat
Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulutNya datang pengetahuan dan kepandaian.

Ams.2:2                       cendrungkan hatimu kpd kepandaian
Sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian,

Ams.4:23                     jagalah hatimu
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Ams.4:14                     jgn menempuh jalan orang fasik       
Janganlah menempuh jalan orang fasik, dan janganlah mengikuti jalan orang jahat.

1Raj.9:6-7                   bila tdek pegang perintahKu, Aku lenyapkan Israel.
6--Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari padaKu dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapanKu yang telah Kuberikan kepadamu,  dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya,
7--Maka Aku akan menlenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuyberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi namaKu itu, akan Kubuang dari hadapanKu, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.

1Raj.11:23                  Allah bangkitkan seorang lawan Salomo
Allah membangkitkan pula seorang lawan Salomo, yakni Rezon bin Elyada, yang telah melarikan diri dari tuannya yakni Hadadwzer, raja Zoba.

1Raj.11:11                  Tuhan mengoyakkan kerajaan itu dai Salomo
Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Salomo: “Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapanKu yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.

1Raj.3:14                    jika hidup menurut jalanKu, Aku akan perpanjang umurmu.

Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintahKu, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar