Sabtu, 05 April 2014

Relakah anda berkorban kepada Yesus?

Latar belakang

Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepadanya dan demikian pula kepada Allah(Mat.22:21)


Materi yang di sharing, sesuai topik

Tuhan mempunyai semuanya.

Sejak awal kehidupan manusia,Tuhan telah memberikan berbagai kasih-karunia kepada manusia sehingga mereka-bisa-menikmati-hidup(Kis.4:33) sampai sekarang ini.   Selain itu Tuhan yang memiliki semuanya termasuk tubuh dan jiwamu, Dia juga dapat memanggil anda setiap saat untuk pertanggung-jawabkan perbuatan(Ayb.12:10) selama hidupmu.

Lalu apa yang dimaksud dengan, berikanlah kepada Tuhan (sesuai ayat diatas)?

1---Jawabannya tergantung-pada-pengalaman-pribadimu, yaitu-sejauh-mana-anda-bisa mengimani bahwa Tuhan adalah mahakuasa,penyayang,pencipta, misalnya:

Dalam senang dan susah anda merasakan hadirnya Tuhan dalam kehidupanmu. Contoh:
Seorang ibu rumah tangga sudah divonis dokter bahwa dia sudah ca-stadium-4, dan dia tidak punya dana untuk pengobatan. Lalu ibu tsb hanya bisa berdoa siang malam dan hanya berserah kepada Tuhan. Dan tidak disangka-sangka kakaknya bersedia membiayai semua pengobatannya hingga sembuh.

Secara sadar atau tidak, anda merasakan dan memanfaatkan kasih-karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada semua-orang dan khususnya-kepada anda(1Kor:12:11), sehingga bisa melakukan perbuatan yang sejalan dengan iman(Yak.2:20).
contoh:
Bayangkan, Ibu-Theresai-biarawati-Katholik-seorang-diri-merasa-berbelas-kasihan kepada penduduk-miskin di India, tanpa-fasilitas-dari-siapapun, dia-membantu orang-orang sekarat-yang-miskin. Dan karena pengabdian pada orang miskin, sehingga dia meraih Nobel-Prize, dan orang India menyebutnya Mother Theresia.

Miyaran dollar juga dikeluarkan oleh Bill-Gate untuk kegiatan phylantropi-nya supaya bisa mengatasi kemiskinan a.l. di Afrika. 
  
Mengerti-dan-melakukan-hukum-kasih.
Contoh:
Apa yang telah anda perbuat untuk Aku?
Kata Yesus: “Berbuatlah untuk Aku”(Mat.25:36),  permintaan ini tidak susah dan sulit. Intinya peduli, hargai orang,dll, atau laksanakan kasih(1Kor.13:4-8), misalnya: berilah-pakaian-kepada-yang-memerlukan, bantulah-orang-yang-susah, berilah semangat orang yang putus-asa, kunjungilah orang yang hina, janganlah jadi saksi dusta,dll.

Beritakanlah firmanTuhan untuk selamatkan saudara-dan-temanmu.
Sebagai landasan, anda harus percayalah pada Tuhan dan bersandar padaNya, lalu  biasakan dirimu menjadi contoh kebenaran, misalnya: berpikir positif diikuti perkataan dan tunjukkan dalam perbuatan. Demikianpun sewaktu anda jelaskan firman-Tuhan dimana saja, dan juga Roh-Kudus selalu menyertai anda hingga akhir zaman(Mat.28:19-20)

2----Ada jawaban yang versinya agak berbeda, karena pengalaman pribadi anda masih agak dangkal dengan Tuhan, contoh a.l:

Kurangnya kedekatan dengan Tuhan, sehingga ritual-gereja hanya sebagai budaya.
Ada-beberapa-kelompok-masyarakat-menganggap-bahwa setiap minggu kegereja adalah-suatu-kebiasaan, yaitu: dengar-firman dan memberi-sekedar perpuluhan sesuka hatinya. Mereka-kurang-bisa-menangkap makna dari firman-Tuhan. Sehingga tidak heran kalau-ada-yang a.l. pindah-agama-dengan-alasan-perkawinan, dll. Disini menunjukkan bahwa relasi-pribadi dari beberapa-jemaat-gereja dengan Tuhan sangat rendah. Siapa yang kita salahkan?

Mengandalkan kekuatan sendiri dan lupa kasih karunia dari Tuhan.
Ada-banyak-orang-beranggapan bahwa keberhasilannya adalah karena usahanya sendiri, sebetulnya-mereka-lupa-atau-tidak-tahu, bahwa banyak kemudahan-yang-disediakan-oleh-Tuhan sehingga menunjang keberhasilan mereka(2Taw.26:5).
  

Kesimpulan

Kedekatan pengalaman pribadimu dengan Tuhan yang menentukan hadirnya Dia dalam kehidupanmu, sehingga anda dapat berbuat apa saja untuk Dia. Dan yang belum mengalaminya akan bersandar pada keampaunnya sendiri(Yes.17:5). Karenanya marilah kita tetap percaya pada Tuhan dan mengandalkan Dia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Mat.22:21
Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar. Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah

Kis.4:33
Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

Ayb.12:10
Bahwa di dalam tanganNya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia.

Mat.25:36
Ketika Aku telanjang, kamu memberika Aku Pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawak Aku; ketika Aku di dalam penjara, kiamu mengunjungi Aku

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, dan mengharapkan segala sesuatu, sabar menganggung segala sesuatu.
8-Kasih itu tidak berkesudahan; nubuat akan berkahir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Mat.28:19-20
19-Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.
20-dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

2Taw.26:5
Ia mencari Allah selama hidup Zakharia, yang mengajarnya supaya takut akan Allah. Dan selama ia mencari Tuhan Allah membuat segala usahanya berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar