Sabtu, 29 Maret 2014

10-Firman-Allah membawa manusia mengenal akan kesalahannya

Latar belakang

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan bersandarlah kepada hukum-Kasih

Materi yang di sharing, sesuai topic

Kesempurnaan kehidupan manusia dimulai sejak Tuhan meniup nafas kehidupan kedalam hidung manusia(Kej.2:7), juga dilengkapi dengan: pilihan bebasnya, batin, hatinurani, dll.

Manusia melanggar perintah Tuhan

Sejak Adam-dan-Hawa membuat kesalahan, maka dosa-atau-pelanggaran-karena-melawan-perintah-Tuhan yang berakibatkan maut mulai terjadi(Kej.2:16-17).

Dan manusia terus melakukan perbuatannya sesuai keinginannya hingga melewati batas, yang akhirnyaTuhan bertindak, a.l.:
--Terjadinya air-bah untuk musnahkan manusia kecuali Nuh mendapat kasih-karunia dari Tuhan sehingga bisa tetap hidup(Kej6:8).
--Memusnahkan manusia berdosa di Sodom&Gomora(Kej.19:1-29)

Namun demikian manusia masih susah berpikir jernih untuk kehidupannya, sehingga berbuat sesukanya termasuk a.l. kebaikan, kejahatan dan pelanggaran yang seolah-olah tidak diperhitungkan sampai adanya hukum-Taurat(Rm.5:13).

Manusia mulai mengenal apa itu pelanggaran terhadap Tuhan
Dalam upacara pengikatan perjanjian antara Tuhan dengan bangsa Israel, maka yang hadir sebanyak 70-tua-tua-Israel, menyetujui segala-firman-Tuhan dan akan mereka lakukan, termasuk 10-firman-Tuhan(Kel.24:3)

Apa itu 10-firman-Tuhan(Kel.20:1-17)
Tuhan berikan kepada Musa 10-firman-Tuhan(Ten-Commandments) untuk memperkenalkan kepada kaum Israel yang berada digurun pasir, sewaktu menuju tanah terjanji. Firman ini sangat luas artinya dan kegunaannya (secara-ringkas), supaya mereka:
a--Mengetahui-dan-taat kepada Allah mereka
b--Menghormati sesama manusia
c--Lebih baik bersosialisasi.

Pelaksanaan hukum-Taurat yang tidak sesuai pengajaran.
Dalam-perjalana-waktu hukumTaurat sering disalahgunakan oleh petinggi-agama-Yahudi, orang-Farizi, orang-Saduki,dll. Mereka utamakan pengajaran tapi perbuatannya tidak sesuai dengan apa yang di-ajarkan(Mat.23:3). Sehingga sewaktu Yesus a.l. menyembuhkan orang-sakit di hari-Sabat(Mat12:14), orang-Farisi tidakmenyetujui perbuatanNya, sehingga mereka bersekongkol untuk membunuhNya.

10-firman-Allah sebagai jalan keluar dari dosa,
Tuhan telah memberikan firmanNya, namun keberhasilan pelaksanaan firman tsb tergantung anda. 10-firman-Allah atau hukumTaurat itu diperkenalkian oleh Yesus sebagai bagian dari hukum-Kasih, diringkas(Mat.22:37-40) menjadi, a.l.:

Hubungan(vertical) manusia-dengan-Tuhan,
yaitu Kasihilah Tuhan(Mat22:37) sebagai jalan keluar yang dapat men cegah & perlawanan manusia terhadap Tuhan. Contoh:Ular menggoda Hawa-yang-akhirnya-dia berbuat dosa, berarti melanggar perintah Tuhan, walaupun sudah diperingatiNya(Kej.3:4-6)
  
Hubungan(horizontal) antara-sesama-manusia,
yaitu Kasihi sesama manusia(Mat22:39) sebagai jalan keluar yang bisa meredam pertentangan, kejahatan,dll antara sesama manusia lainya, contoh: Kain membunuh Habel, karena dia merasa persembahannya tidak diterima Tuhan(Kej.4:5,8), dll.
  
Kenyataan sehari-hari.
Banyak manusia termasuk para pejabat dan hambaTuhan masih mengabaikan hubungan-hubungan yang-dijelaskan-diatas, yang masih bersandar pada opo-opo, jimat-jimat, dll, hanya untuk memenuhi kepentingan-dirinya, misalnya: korupsilah bila ada kesempatan walaupun dia mengetahui rakyat akan menderita.

Untuk generasi muda.
Pegang teguhlah hubungan vertical dan horizontal, hiduplah berlandaskan kasih(1Kor13:4-8) misalnya: tidak irihati, tekun, sabar,dll. Dan takut pada Tuhan.


Kesimpulan

Manusia mulai mengenal pelanggarannya setelah mengetahui adanya hukum-Taurat. yang diperkenalkan Yesus sebagai bagian dari hukum-Kasih. Lakukanlah hukum-Kasih sebagai dasar kehidupanmu supaya kami semua bisa mencegah dan meredam dosa.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kej.2:7
Ketika itu Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Kej.2:16-17
16-Lalu Tuhan memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas.
17-tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati

Kej.19:1-29
Sodom dan Gomora di musnahkan

Kej.6:8
Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan (makanya Nuh hidup)

Rm.5:13
Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia,  tapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.

Kel.24:3
Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman Tuhan dan segala peraturan itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: “Segala firman yang telah diucapkan Tuhan itu, akan kami lakukan.

Kel.20:1-17
Kesepuluh firman(The Ten Commandments)

Mat.23:3
Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka menngajarkannya tetapi tidak melakukannya.

Mat.12:14
Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.

Mat.22:37-40
37-Jawab Yesus kepadanya: “KasihilahTuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Kej.3:4-6
3-tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu nanti kamu mati
4-Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “ Sekali-kali kamu tidak akan mati.
5-tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.
6-Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menariik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnhya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya

Kej.4:5,8
5-tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkanNya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
8-Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar: kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar