Jumat, 23 Mei 2014

Apa dampaknya-iman terhadap hati-nurani?

Latar belakang

Dampak dari keteguhan iman seseorang, akan sangat mempengaruhi hati-nuraninya.

Materi yang di sharing, sesuai topik,

 Hati-nurani & iman

Hati-nurani
Kehidupan manusia berawal sewaktu Tuhan memberikan nafas-kehidupan(Kej.2:7) yang mencakup, a.l. : akal-budi, batin, hati-nurani, pikiran, dll.
Juga, Tuhan telah memberikan suatu-landasan-kehidupan berupa: menaruh dalam hati hukum-Taurat, hukum-KasihNya dan menuliskannya dalam akal-budi manusia(Ibr.10:16). Jadi hati-nurani adalah penting-dan-tetap, karena dari situ Allah akan mengetahui kegiatan manusia(Rm.8:27)

Jadi apa peranan iman-mu sehingga bisa mempengaruhi hati-nuranianda?

Iman
Timbulnya iman karena sengaja atau tidak, anda telah mendengar penjelasan seseorang mengenai firman Tuhan(Rm.10:17). Lalu tertarik, penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam. Sehingga anda menekuni lalu meyakini firman-firman dan berbuat sesuai keyakinan(Yak.2:22) tsb.

Karena firman adalah perkataan Tuhan, yang menciptakan bumi serta isinya, maka sewajarnya bila iman-mu dituju hanya kepada Tuhan, Yesus Kristus(1Ptr.1:21), dan-bukan-kepada:
(1)Berbagai berhala-berhala dan jimat untuk minta kedudukan atau kekebalan.
(2)Harta milikmu karena semuanya itu tidak akan ikut sewaktu meninggalkan dunia.


Iman anda bisa teguh tapi bisa juga turun.

Iman yang teguh: Dalam kehidupan anda akan selalu menghadapi berbagai cara godaan oleh, a.l.: roh-roh-jahat, penghulu-pengulu, penguasa-lalim(Ef.6:12), supaya anda jatuh dalam dosa sehingga anda menderita, misalnya: sulit menguasai diri, menggunakan narkoba, ajaran sesat, penipuan, percabulan, korupsi, dll. Dan untuk mengalahkan semuanya itu, anda harus:

A/-Tujukan imanmu hanya kepada Yesus, tidak kepada yang lain.

B/-Lawan dengan memakai imanmu yang teguh(1Ptr.5:9) agar anda tidak tersentuh dan terseret oleh gangguan semuanya itu.  

C/-Tetap mengandalkan Tuhan(Ef.6:10-20) yaitu: berdoa, bersandar padaNya, pakailah akal-budimu dan hatinurani-mu.
  

Iman sedang menurun: Tapi bisa saja suatu saat anda lengah, lalu dicobai dan digodai oleh iblis yang mau menampi-mu(seperti-mengayak-ayak-beras). Bila anda terseret karena tergoda maka iman-mu akan menurun, contoh:  

(a)--Anda menyaksikan terjadinya ketidak-adilan sehingga akan melampiaskan pembalasan kepada pembuat onar tsb. Dan karena konsentrasimu mulai ter-focus untuk membuat dalil yang mencakup cara pembalasan-dendam (pada-tahap-yang-sama, secara tidak sengaja anda mulai berpikir negative karena mau membalas-dendam), sehingga terciptalah suatu logika untuk membalas-dendam.
Dan logika ini menjadi lebih dominan lalu mempengaruhi hati-nuranimu, sehingga hati-nuranimu seolah-olah diselubungi supaya tidak menyuarakan kebenaran.
  
(b)--Ada masalah yang menyebabkan anda kurang bisa menguasai diri, akibatnya iman-mu bisa mengalami kemunduran(Luk.22:32), karena mengutamakan kedagingan. Sehingga response-mu yang mencerminkan kasih(1Kor.13:4-8) berkurang. Akibatnya hati-nuranimu terpengaruh dan kepekaannya seolah-olah tidak terdengar lagi.


Kesimpulan

Jagalah imanmu dan tujukan hanya kepada Tuhan, hindari berbagai godaan yang menyebabkan iman-mu bisa turun sehingga seolah-oleh mempengaruhi hati-nuranimu, karena dari hati-nuranilah Tuhan mengetahui kegiatan anda(Rm.8:27,Mzm16:7).


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis,EddyWarbung


R e f e r e n s i.


Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Ibr.10:16
Sebab setelah Ia berfirman: “Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu.” Ia berfirman pula: “Aku akan menaruh hukumKu di dalam hati(heart) mereka dan menuliskannya dalam akal-budi(mind) mereka

Rm.8:27
Dan Allah yang menyelidiki hati nurani mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Yak.2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

1Ptr.1:21
Oleh dialah kamu percaya kepad Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakanNya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah

Ef.6:12
Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

1Ptr.5:9
Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung pederitaan yang sama.

Ef.6:10-20      Perlengkapan rohani untuk melawan roh-roh

Luk.22:32
Simon, Simon, lihat, iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.

1Kor.13:4-8    Kasih adalah: sabar, ......

Mzm.16:7
Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada wakut malam hati nuraniku mengajari aku..

Rm.8:27

Dan Allah yang menyelidiki hatinurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar