Jumat, 09 Mei 2014

Jagalah hati-nuranimu sehingga tidak di-nodai(1Kor.8:7)

Latar belakang
Jagalah kemurnian hati-nuranimu(Kis.23:1), jangan terikat pada mammon1

Materi yang di sharing, sesuai topic

Hati-nurani

Semua manusia menginginkan suatu kehidupan yang layak, sebab itu mereka berusaha berbuat yang terbaik, seperti dikatakan hati-nurani yang murni di hadapan Allah(Kis.24:16).

Namun setelah manusia jatuh dalam dosa, yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, yaitu; pengendalian-diri (mencakup irihati-egois-keangkuhan-dll) makin lebih sulit-diatur, sehingga tingkah-lakunya akan merefleksikan perbuatan-perbuatan dari hasil dosa.

Dan pengaruh dari dosa makin kuat dan dominan, yang mengakibatkan peranan
hati-nurani melemah dan tidak peka lagi.

Namun disaat-saat tertentu, khususnya dimalam-hari, sewaktu anda mulai berbaring ditempat-tidur, seolah-olah seperti ada suara dari hatimu yang berkata-kata sambil menilai tentang apa yang benar dan salah dalam perbuatanmu(Mzm.16:7) disiang-hari.             


Kasus yang melemahkan hati-nurani.

Ada-beberapa-orang-yang-dianggap “berpengaruh” dan “berpengetahuan” juga menduduki jabatan cukup tinggi di-pemerintahan, tapi mereka-suka-lakukan-perbuatan-serong karena tergoda dan percaya pada mammon-mamon, misalnya: korupsi dan salah-gunakan-wewenang untuk kepentingan-sendiri-dan-mungkin-juga-kelompok. Inilah contoh-contoh yang membuat orang-orang ingin mengikuti perbuatan yang sama, apalagi kalau ada kesempatan. Hal ini jadi godaan kuat bagi rakyat yang ingin bertobat, bahkan bisa juga melemahkan hati-nuraninya(1Kor.8:7). Contoh:

Banyak keganjilan terjadi yang merugikan Negara dan dirasakan oleh rakyat bahkan ada yang cemburu atas penumpukan harta, sehingga mereka bisa-bisa juga mau berbuat, karena terjadi didepan mereka, a.l.:
1-Gubernur yang memperkaya diri.
2-Kepala dari lembaga pemeriksa keuangan memperkaya diri.
3-Menaikkan harga sewaktu beli mobil angkutan.
Dan banyak sekali lagi……..lagi.


Bagaimana murnikan hati-nurani
Hati-nurani adalah salah satu bagian yang diberikan Tuhan kepada manusia, supaya manusia dapat memahami tuntutan moral yang dikehendaki Allah.
Namun  pengaruh dosa yang menyebabkan hatu-nurani melemah dan tidak peka(1Tim.4:2), bahkan pasif sehingga manusia bisa bertambah amoral dan tidak etis. Karenanya keterikatan dari pengaruh dosa harus diputuskan dan ketergantungan dari mammon supaya ditinggalkan. Karenanya kemurnian hati-nurani harus dijaga, seperti:

1-Imanmu tertuju pada Tuhan
2-Lakukan kebenaran, dengan cara; undanglah Yesus di dalam hatimu, maka anda pasti akan lakukan peraturanNya dan kehendakNya(Rm.8:10)
3-Dalam hal apa saja supaya menabur yang positif sehingga tuaian-pun melegakan hati dan Jangan terbuai kebutuhan duniawi(kedagingan), karena kalau anda menabur keinginan duniawi maka tuaiannya adalah kejahatan(Rm.8:6,8)
4-Selalu lakukan kebiasaan yang baik jangan sampai dirusakkan dan disesatkan oleh pergaulan yang buruk(1Kor.15:33)
5-Ada tujuan hidup yang pasti, dan berusaha secara wajar untuk capai cita-cita(Rm.3-4), namun semuanya berdasarkan hukum-kasih(Mat.22:37,39)
6-Bebaskan keterikatan pikiran anda dari berbagai idola, mammon2 dan masa lampau-buruk. Namun tetap percaya pada Tuhan(Ams.3:5)

Kesimpulan

Selalu murnikan hati-nuranimu, a.l. utamakan iman-mu tertuju pada Tuhan, lakukan kebenaran. Namun hindari godaan dan pengaruh yang bersifat negative sehingga tidak mudah melemahkan hati-nuranimu.  
 
Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i :

1Kor.8:7
Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu, ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala makan daging itu sebagai daging persembahan berhala, dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nrani mereka itu dinodai olehnya.


1mammon bisa-diartikan:
Yang utama uang, karena dengan uang anda bisa berbuat apa saja, bekerja
berlebihan,dll.
2dua-tuan bisa-diartikan:
Percaya Tuhan tapi juga percaya mammon, berhala pada ilah-yang-lain,
iblis, dll.
  
Kis.23:1
Sambil menatap anggota-anggota Mahkama Agama, Paulus berkata: “Hai saudara-saudara, sampai kepada hari ini aku tetap hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah”

Ibr.13:18        
Berdoalah terus untuk kami; sebab kami yakin, bahwa hati nurani kami adalah baik, karena di dalam segala hal kami menginginkan suatu hidup yang baik.

Kis.24:16
Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan mnusia.

Mzm.16:7
Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajariku.

Rm.8:10
Tetapi jika Kristus ada di dalam kau, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan karena kebenaran.

Rm.8:6,8
6-Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keingin Roh adalah hidup dan damai sejahtera
8-Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

1Kor.15:33
Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Mat.22:37,39
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama denga itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Ams.3:5

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar