Jumat, 02 Mei 2014

Sejauh mana keselamantan bisa anda bawa?

Latar belakang

Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi siapa saja yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan1 sampai ke ujung bumi(Kis13:47)


Materi yang di sharing, sesuai topic

Tuhan-menciptakan-bumi-dan-segala-isinya, dan kepada manusia Tuhan telah memberi kuasa untuk mengelola bumi. Namun setelah kejatuhan manusia dalam dosa yang berakibatkan mereka kehilangan kemuliaan Tuhan(Rm.3:23).

Sehingga Yesus Kristus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa(1Tim.1:15), lalu terbukalah jalan bagi manusia yang percaya padaNya, untuk menempuh hidup dan mencari keselamatan, namun semuanya tergantung pada pilihan-bebasnya manusia.

Karenanya keselamatan harus disampaikan kepada semua orang. Dan Yesus telah menyampaikan amanat agungNya kepada:
Murid-muridnya untuk terus mengajarkan apa yang telah diajarkanNya, kepada semua orang(Mat.28:19-20).
Demikianpun anda yang telah dipanggil untuk maksud penyelamatan(Yes.24:6).

Kesanggupan apa yang mereka miliki untuk lakukan keselamatan.
Rancangan Tuhan pasti akan terjadi a.l.  untuk kepentingan manusia. Tuhan memakai siapa-saja yang kualifikasinya tidak bisa diduga, untuk melakukan rancanganNya, contoh:
Tuhan mempersiapkan Musa, supaya membawa kaum Israel keluar dari perbudakan di-Mesir ke tanah-terjanji.
Tuhan mempersiapkan Simson untuk membela kepentingan Israel.
Daud untuk memperbesar kerajaan Israel.
Paulus untuk mewartakan Injil ke bangsa-bangsa non-Yahudi-atau bangsa-asing.
Mother Theresia merawat orang-orang miskin yang sakit di India.
Malala, walaupun ditembak dikepala tapi tetap-hidup, dia bicara untuk mengangkat derajat wanita, terutama-yang di Pakistan.

Keselamatan yang beraneka ragam
Setiap individu mempunyai tugas khusus untuk mewartakan Kitab-Suci, setidak-tidaknya sesuai kepinterannya-dan-perbuatannya, itulah sebabnya anda dipanggil untuk membawa keselamatan sebisa kemampuanmu kepada-siapa-saja-yang-berkenan-mendengar, contoh: 

Senior-Pastor Joel Osteen.
Awalnya, dia-sangat-minim-menguasai Kitab-Suci tapi bisa-bangkit, dan pelayanannya bersifat ‘pikir-positif’, jemaat dari berbagai kalangan merasa diberkati.

Senior-Postor A.R.Bernard.
Awalnya, dia membina hanya 5-orang dan sekarang puluhan-ribu orang, pelayanannya bersifat ‘pengajaran’.

Seorang-inventor-di-bidang IT Bill-Gate, membantu orang-miskin-dan-mengatasai-penyakit-menular-di-Afrika.

Pasangan suami-istri-Indonesia, yang-berwawasan-luar-negeri, merawat dan mengurus anak-anak Papua yang tidak-punya-orangtua-sehingga pasangan-itu menjadi CNN-Hero.

Apakah anda merasa ada panggilan?
Panggilan keselamatan adalah bagian dari rancangan Tuhan, akan selalu ada peristiwa khusus yang berbeda-beda. Dan Tuhan punya maksud supaya anda melakukannya. Dan apakah anda merasa siap bila ada panggilan untuk membawa keselamatan kepada orang atau bangsa lain?. Bila benar, anda tidak perlu ragu tapi lakukan, karena itu:
Serahkan hidupmu pada Tuhan, dia akan menjagamu.
Tuhan akan memberi kemampuan kepadamu hingga tidak-terbatas(Yoh.3:34)
Tuhan akan menyertaimu sampai akhir zaman(Mat.28:20)


Kesimpulan

Keselamatan untuk siapa-saja adalah rancanganTuhan, dan Tuhan akan memilih siapa saja yang akan melaksanakan rancangan tsb, karenanya supaya anda selalu siapkan diri dan andalkan Tuhan untuk melakukan pekerjaan-yang-mulia-itu. dan anda pun setuju untuk melakukannya, iya bukan?

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :



1Keselamatan bisa diartikan (EAMK ISBN-978-602-8009-34-8, cet-thn2011, hal-375-377)  a.l.:
1—hasil dari pembebasan dari bahaya, penyakit, perbudakaan, dll.
2—dalam alkitab mengalami pergeseran arti ke moral dan spiritual.
3—menurut PerjanjianBaru yang mempunyai unsur-unsur baik tertuju kepada manusia maupun kepada Allah
4—dalam injil sinoptik, yaitu mengacu pada Yesus yang mengandung keselamatan yang memberikan pengampunan kepada Zakheus(Luk.19:9).
5—dalam Kisah para rasul, yaitu: berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini (Kis2:40) melalui pertobatan, pengampunan dosa dan penerimaan Roh Kudus.
6—surat-surat Paulus, memberi manusia hikmat dan menuntun ke keselamatan oleh iman kepada Yesus Kristus(2Tim.3:15).
7—surat Yakobus, bahwa keselamatan bukanlah hanya oleh iman saja, tetapi juga oleh perbuatan(Yak.2:24). Tujuannya ialah untuk membuyarkan harapan siapa saja yang menggantungkan keselamatannya hanya pada pengetahuan intelektual tentang keberadaan Allah, tanpa adanya perubahan hati yang mendampakkan perbuatan-perbuatan yang adil.
8—dari 2Petrus, mencakup luput dari kerusakan yang ada dan terjadi di dunia ini melalui nafsu, dengan cara turut mengambil bagian dalam kodrat ilahi(2Petr.1:4)
9—bagi 1Yohanes, Kristus adalah keselamatan kita dengan menjadi tebusan bagi dosa-dosa kita, sebagai akibat dari kasih Allah.
10—dari Wahyu, keselamatan sebagai pembebasan atau penyucian dari dosa melalui darah Kristus


Kis13:47
Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami:
Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi

Rm.3:23
Karena swemua orag telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah

1Tim.1.15
Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa’” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.

Mat.28:19-20
19-Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
20-dan ajarlah mereka melakiukian segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasasampai kepada akhir zaman.

Yes.24:6
Aku ini, Tuhan, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa

Yoh.3:34
Sebab siapa yang diutus Allah, dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan RohNya dengan tidak terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar