Sabtu, 22 November 2014

Duri dalam dagingmu bukan alasan untuk tidak tuntaskan pekerjaanmu.

Latar belakang

Apapun alasan-nya, tetap puas dengan keadaanmu, dan buat yang terbaik untuk mencapai tujuanmu, sehingga bisa bermanfaat untuk dirimu dan lingkunganmu(2Kor.12:9).


Materi yang di sharing, sesuai topic

Keberadaan setiap orang dibumi ini adalah sesuai dengan rancangan Tuhan, misalnya:
--Beranakcuculah untuk penuhi bumi ini(Kej.1:28).
--Setiap orang menerima kuasa dariNya untuk mengelola bumi.
--Ada orang yang untuk menyatakan kehendak Allah.

Namun selain keberadaan mereka, juga ada Yesus sebagai Anak Allah yang datang ke dunia untuk:
1--menyelamatkan orang yang berdosa(1Tim.1:15). ----  Tidak di bahas ----.
2--menyatakan kehendak Allah, contoh:

2--a--Murid-murid bertanya kepada Yesus, sewaktu mereka melewati seorang buta, Rabi(Guru, dalam hal ini Yesus) siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?
Dan Yesus menjawab kepada murid-muridnya bahwa, pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan dalam orang ini(Yoh.9:3). Lalu Yesus menyembuhkan dia, walaupun saat itu hari Sabat sehingga orang-orang dari kelompok-agama bernama Farisi menentangNya(Yoh.9:1-34).

2--b--Yesus menghidupkan kembali Lazarus, yang sudah dikubur 4-hari lamanya(Yoh.11:1-44), sehingga dia bangkit dari kuburan dan hidup seperti biasa lagi.


Yesus mengetahui kondisi apa yang akan dihadapi.

Yesus telah melakukan berbagai mujizat(Yoh.11:47), a.l. seperti dijelaskan diatas. Dan petinggi agama Yahudi berpendapat bahwa(Yoh.11:48), bila  Dia dibiarkan maka semua orang akan percaya kepadaNya dan orang-Roma akan merampas tempat suci bangsa mereka. Jadi Yesus harus ditangkap dan akhirnya disalib(Yoh.11:53).

Namun sebelum Yesus ditangkap, Dia telah berdoa kepada BapaNya, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan(atau penderitaan) ini lalu dari padaKu, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki,k melainkan seperti yang BapaKu kehendaki(Mat.26:39), tapi BapakNya tidak menjawab.


Paulus dan kondisinya.

Kondisi fisik rasul Paulus sangat berbeda dengan kepinterannya, karena Tuhan telah menaruh suatu duri didalam dagingnya supaya dia tidak meninggikan dirinya(2Kor.12:7), supaya dia bisa secara baik memberitakan Yesus kepada bangsa-bangsa(Kis.9:15).

Karya Paulus sangat besar, a.l. surat-suratnya merupakan dokumen Kristen tertua yang kita miliki, dan ditujukan kepada para jemaatnya di: Roma, 1-2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1-2Tesalonika, 1-2Timotius, Titus, Filamon. Surat-rurat tsb mencakup, a.l.:
--Kepercayaan dan pemahamannya kepada Yesus.
--Apa arti Yesus bagi kehidupan umat Kristen.
--Pemurnian iman dari para jemaat yang ditujukan kepada Tuhan.

Kondisi-mu bagaimana.

Seperti rasul Paulus mempunyai semacam duri didalam dagingnya, demikianpun setiap manusia mempunyai duri yang berbeda-beda, namun jangan terlarut dalam kesakitan-duri yang menimbulkan penderitaanmu tapi menantangnya dan terus melakukan tugasmu hingga bisa meraih keberhasilan?

Karenanya ingatlah akan rancangan Tuhan untuk dirimu dan selalu mengandalkan Dia(Ams.3:5)


Kesimpulan
Apapun halangannya, supaya anda secara tekun dan taat lakukan tugasmu hingga bisa meraih tujuanmu.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu dan bersedia membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

2Kor.12:9
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karuniaKu bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasaKu menjadi sempurna”. Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan  dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”.

1Tim.1:15
Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang yang berdosa dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.

Yoh.9:3
Jawab Yesus: “Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia”

Yoh.9:1-34      Orang buta sejak lahirnya, disembuhkan Yesus pada hari Sabat.

Yoh.11:1-44    Lazarus dibangkitkan.

Yoh.11:47
Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farizi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: “Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat.

Yoh.11:48
Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepadaNya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita”

Yoh.11:53
Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia.

Mat.26:39
Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kataNya: “Ya BapaKu, jikalau sekirannya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari padaKu, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki”.

2Kor.12:7
Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagtingku, yaitu seorang utusan iblis untuk menggocoh aku supaya aku jangan meninggikan diri.

Ams.3:5.

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu,  dan janganlah bersandar kepada perngertianmu sendiri,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar