Sabtu, 14 Februari 2015

Karena dosa manusia kehilangan kemuliaan Tuhan.

Latar belakang

Karena semua orang telah berbuat dosa, karenanya telah kehilangan kemuliaan Allah(Rm.3:23).

Materi yang di sharing, sesuai topic

(1)--Apa artinya mulia
Pengertian  mulia1  sangat luas, dan menurut Ensiklopedi-Alkitab, maka penjelasan “mulia” mengacu pada:
a-Kekayaan, kemegahan, reputasi, jiwa(Yer.2:11).
b-Sebagai awan disiang hari dan tiang api diwaktu malam untuk lindungi dan petunjuk para bangsa Israel sewaktu di padang pasir(Kel.16:7,10).
c-Sebagai petir atau guruh(Bil.14:21-22)
d-Kehormatan manusia(Mat.8:4)
e-Kehadiran Allah dalam diri dan pekerjaan Yesus(Ibr.1:3)
f-Dll.

(2)--Tuhan ciptakan manusia supaya bisa peroleh kemuliaanNya
Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk yang tertinggi nilainya untuk tujuan yang baik, karena mereka diberi kesempatan untuk me-wujudkan kemuliaan Tuhan, a.l. rencana Tuhan(Rm.9:21), yaitu:
a-Beranakcuculah untuk penuhi bumi(Kej.1:28)
b-Bertanggung-jawablah atas kuasa yang diterima dari Tuhan (berupa:
berkuasa atas hewan, menjaga lingkungannya demi kehidupannya, mengusahakandan memeliharanya(Kej.2:15), ketentraman, kesinabungan kehidupan, dll). 
c-Hidup dalam taman-Firdaus.
d-Bisa berkomunikasi langsung dengan Allah, menerima perintah Allah dan
   melakukannya, a.l. bekerjasama dengan Allah, untuk memberi nama
   kepada hewan-hewan(Kej.2:19)

 (3)--Tuhan bertindak karena manusia melanggar perintah
Namun setelah manusia jatuh dalam dosa karena diperdaya oleh iblis(Kej.3:1-24), maka mereka jadi takut dan malu karena telanjang, lalu bersembunyi sewaktu mendengar langkah Tuhan di taman, sehingga Tuhan Allah bertindak, sbb:
a-Memarahi Hawa dan Adam karena tidak taat pada perintahNya.
b-Memberikan pakaian dari kulit binatang untuk mereka
c-Mengadakan permusuhan antara manusia(wanita) dengan ular(iblis)
d-Bahwa, wanita harus menderita sewaktu melahirkan.
e-Pria, harus bekerja keras untuk kehidupan.
f-Akan ada dari keturunan wanita yang menghancurkan iblis(Kej.3:15).
g-Mengusir mereka dari taman Firdaus.

Akibat manusia berbuat dosa, maka Tuhan tidak lagi berlakukan kepada manusia “hubungan dan kesejahteraan” seperti semula, jadi telah ada perbedaan (bandingkan butir-butir pada 1 dan 2 ).

Perbedaan inilah yang disebut manusia kehilangan kemuliaan Tuhan(Rm.3:23).


 (4)--Effektivitas kemuliaan manusia tidak ada.
Selain penjelasan di pasal-1 diatas, maka: manusia diciptakan menurut gambar & rupa(Kej.1:28) Tuhan, supaya a.l. adanya komunikasi-langsung antara manusia dengan Tuhan-Allah. Tapi manusia telah kehilangan kemuliaan Allah, karena berbuat dosa, sehingga effektivitas dari kemuliaan mereka tidak ada lagi. Makanya ada dorongan untuk:
a--Muliakanlah Tuhan dengan hartamu(Ams.3:9), supaya lumbung-lumbungmu akan terus terisi sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.
b--Muliakahlah Allah dengan tubuhmu(1Kor.6:20), karena dalam tubuhmu ada Roh-Kudus  yang anda peroleh dari Allah, bukan untuk percabulan(1Kor.6:13).

(5)--Gereja yang akan melanjutkan memantulkan kemuliaan Allah
Namun bukan hanya itu, karena Allah tidak akan membiarkan manusia terus terjerumus dalam dosa, sehingga Dia mengutus AnakNya Yesus, untuk mencari mereka yang hilang dan menjauh dari Tuhan. Bahkan Yesus disalib untuk semua orang yang berdosa(Ibr.9:15). Perbuatan-perbuatan Yesus inilah yang antara lain disebut kemuliaan Allah.

Dan sekarang ini kemuliaan Allah yang ada pada Yesus, supaya dipantulkan oleh  gereja-gereja(2Kor.4:3-6), karena tujuan gereja yang utama adalah untuk membuat dunia mengakui adalah Kemuliaan Allah(Rm.15:9) dan diperlihatkan dalam perbuatan-perbuatan oleh orang-orang yang percaya pada Yesus.

Kesimpulan
Karena manusia berbuat dosa sehingga mereka kehilangan kemuliaan Tuhan, namun Yesus yang datang ke bumi untuk mencari orang yang hilang. Dan gereja akan memantulkan Kemuliaan Allah melalui orang-orang yang percaya pada Yesus.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.3:23                 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet-ke-10 Juli2011, ISBN 978-602-8009-34-8, hal-98, Yayasan Komunikasi Bina Kasih

Yer.2:11                 Pernahkah suatu bangsa menukarkan allahnya meskipun itu sebenarnya bukan allah?  Tetapi umatKu menukarka Kemuliaannya dengan apa yang tidak berguna.

Kej.16:7,10             7--Lalu Malaikat Tuhan menympainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan Syur,
10—Lagi kata Malaikat Tuhan itu kepadanya ;”Aku akan membuat
 sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya:

Bil.14:21-22            21-hanya, demi Aku yang hidup dan kemuliaan Tuhan memenuhi seluruh bumi..
22-Semua oang yang telah melihat kemuliaanKu dan tanda-tanda
mujizat yang Kuperbuat di Mesir dan di padang gurung, namun telah sepuluh kali mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suaraKU

Mat.8:4                   Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepda siapa pun, tetapi pergilah, perlihatkanlah.

Ibr.1:3                    Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan, dan segelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk disebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.

Rm.9:21                 benda utk dipakai guna tujuan yang  mulia
Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?

Kej.1:28                  Alllah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka; “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

Kej.2:15                  Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Kej.2:19                  Lalu Tuihan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. dibawaNyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kej.2:16                  Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia; “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas”

Kej.3:1-24              Manusia jatuh ke dalam dosa.

Kej.3:15                  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya”.

Ams.3:9                  muliakanlah Tuhan dengan hartamu
Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu

1Kor.6:20               muliakahlah Allah dengan tubuhmu
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu

1Kor.6:13               Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan; tetapi kedua-duannya akan dibinasakan Allah, tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

Ibr.9:15                  Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.

2Kor.4:3-6              3-Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4-Yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.
5-Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.
6-Sebab Allah yang telah berfirman: ”Dari dalam gelapakan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terangNya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Rm.15:9                 Dan untuk memungkinkan bangsa-bangsa, supaya mereka memuliakan Allah karena rahmatNya, seperti ada tertulis: “Sebab itu aku akan memujliakan Engkau di antara bangsa-bangsa dan menyanyikan mazmur bagi namaMu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar