Sabtu, 28 Februari 2015

Oleh keturunan Abraham maka berkat1 telah anda rasakan

Latar belakang

Usahakan seperti panggilanNya, yaitu: supaya keturunanmu bisa menjadi berkat bagi manusia di bumi ini(Kej.12:4)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Tuhan menjanjikan Abraham menjadi berkat bagi berbagai bangsa.
Tuhan memanggil Abraham supaya keluar dari lingkungan saudaranya dan rumah bapanya ke suatu negeri yang ditunjuk olehNya, dan akan membuatnya menjadi bangsa yang besar, masyhur, diberkati dan menjadi berkat untuk banyak orang dan bangsa(Kej.12:1-3)                                                    

Berikutnya, kedatangan Tuhan adalah untuk menegaskan akan adanya perjanjian dengan Abraham, yaitu: memenuhi sesuai panggilanNya(Kej.17:2), dan Tuhan akan
memberikan seorang putra kepada Abraham(Kej.18:10). Namun Sarah tertawa karena mereka berdua sudah lanjut usia.

2--Kepercayaan Abraham lolos dari ujianNya Tuhan.
Telah terbukti bahwa Adam dan Hawa melanggar janji Tuhan, sehingga terjadilah dosa yang akibatnya adalah maut, dan telah menjalar kesemua manusia(Rm.5:12). Jadi apakah Abraham dan Sarah juga akan melanggar perjanjian?.

Karenanya Tuhan menguji Abraham. Yaitu bukan ular menggoda Abraham atau Sarah, tetapi anak tunggal mereka yaitu Isak dijadikan sebagai korban bakaran untuk Tuhan(Kej.22:1-19). Namun ketika Abraham mau menyembelih anaknya yang sudah diikat ditempat pembakaran/mezbah, datanglah malaikat-Tuhan berseru, jangan bunuh anak itu. Lalu Tuhan menegaskan panggilanNya, bahwa Abraham akan peroleh semua yang difirmankan sesuai panggilanNya, termasuk: “oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat(Kej.22:18)

Siapa keturunan Abraham:
Abraham àmemperanakkan Isak yang dijanjikan(Kej.18:1-15) àmemperanakkan
Esau/Yakub.  
                                                      --Yakub merubah namanya Israel(Kej.32:28)
                                                      --Israel mempunyai 12 anak lelaki, yang menjadi
   bangsa Israel.
Keturunannya Abraham lainnya    àadalah siapa saja yang hidup dari iman(Gal3:7),
      kepada Yesus.

3--Apa itu berkat1(lihat Referensi)
Menurut Kamus-Besar-Bahasa-Indonesia-online, arti berkat sangat luas, a.l.: Karunia Tuhan yang membawa kebaikan pada manusia, dll. Dan arti karunia adalah pemberian cuma-cuma yang sebetulnya anda tidak berhak menerimanya, dari atasanmu.

4--Bangsa lain akirnya mendapat berkat dari Israel.
Selama sejarah perjalanan hidup bangsa Israel mengalami pasang dan surut. Kejayaannya sewaktu masa raja Daud dan Salomo. Tapi sesudah kerajaannya pecah, mereka akhirnya ditawan dan dibuang ke Babilon. 80 Tahun kemudian Israel dipulangkan ke negerinya. Lalu masa Romawi, di masa ini Yesus lahir namun akhirnya bangsaNya sendiri yaitu Israel, yang menuntut Dia disalib(Mat.27:20). Dan mereka biarkan anakcucu-nya yang menanggung tumpahnya darah Yesus(Mat.27:24-25).

Karena kesibukan internnya, maka Israel lupa dan tidak bisa melaksanakan seperti panggilanNya, yaitu: “oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat”. Bahkan Israel dipaksakan untuk dihamburkan diantara bangsa-bangsa(Yeh.12:14-16), oleh Tuhan.

Lalu bagaimana dengan keturunannya Abraham yang beriman kepada Yesus, apakah bisa menjadi berkat bagi bangsa lainnya? tentu bisa.

Namun murid-muridNya Yesus yang menyebarkan berkat yaitu mewartakan kasih seperti apa yang diajarkan Yesus. jadi berkat Israel kepada bangsa-bangsa lain, adalah:
(a)-Ajaran Yesus di kitab-suci dan pewartaan oleh muridNya, a.l.: Petrus, Yohanes, Yakobus, Paulus, dll. Dampak dari pewartaan ajaran Yesus, yaitu “saling mengasihi” (perasan dari Hukum Taurat) sangat terasa sampai sekarang ini diseluruh dunia(Kej.22:18).
(b)-Karena kasih Tuhan maka manusia bisa beriman sehingga berusaha mencari keselamatan.
(
c)-Didik keturunanmu supaya melakukan kehendak Tuhan, a.l. jadi berkat untuk orang-lain.

Kesimpulan

Melalui bangsa Israel, yang adalah keturunan Abraham telah menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain, yaitu nilai-nilai hidup berupa “kasih” yang di ajarkan Yesus di Kitab-Suci, telah di wartakan oleh para muridNya, dan hingga sekarang ini sangat terasa dalam kehidupan manusia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1B e r k a t,  menurut: Kamus Besar Bahasa Indonesia online”
ber·kat 1
1 karunia Tuhan yg membawa kebaikan dl hidup manusia: semoga Tuhan melimpahkan -- Nya kpd kita;
2 doa restu dan pengaruh baik (yg mendatangkan selamat dan bahagia) dr orang yg dihormati atau dianggap suci (keramat), spt orang tua, guru, pemuka agama: sebelum berangkat meninggalkan kampung halaman, dia memohon -- kpd gurunya;
3 makanan dsb yg dibawa pulang sehabis kenduri: undangan itu masing-masing pulang dng membawa -- ke rumahnya;
4 cak mendatangkan kebaikan; bermanfaat; berkah: uangnya banyak, tetapi tidak --;

mem·ber·kati
1 memberi berkat (tt Tuhan): semoga Allah - usaha kita;
2 mendoakan supaya Tuhan mendatangkan berkah: penghulu itu - kedua pengantin;
3 mendatangkan kebaikan, keselamatan, dsb: barang curian tidak akan -;

Kej.12:4
Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat

Kej.12:1-3
1--Berfirmanlah Tuhan kepada Abram; “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.
2--Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur, dan engkau akan menjadi berkat
3- Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum dimuka bumi akan mendapat berkat.

Kej.17:2
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dengan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.

Kej.18:10
Dan firmanNya: “Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara Isterimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki”. Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang di belakangNya.

Rm.5:12
Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

Kej.22:1-19          Kepercayaan Abaraham diuji.

Kej.22:18
Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firmanKu.

Kej.18:1-15          Allah mengulangi menjanjikan seorang anak laki-laki kepada
 Abraham.

Kej.32:28
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang”

Gal.3:7
Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.

Mat.27:20
Tetapi oleh hasutan imam-imam kepala dan tua-tua, orang banyak bertekad untuk meminta supaya Barabas dibebaskan dan Yesus dihukum mati.

Mat.27:24-25
24-Ketika Pilatus melihat bahwa segala usaha akan sia-sia, malah sudah mulai timbul kekacauan, ia mengambil air dan membasuh tangannya di hadapan orang banyak dan berkata: “Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!”
25-Dan seluruh rakyat itu menjawab: “Biarlah darahNya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!”

Yeh.12:14-16
14-Dan semua yang di sekitarnya, para pembantunya dan bala tentaranya, akan Kuhamburkan ke semua mata angin dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.
15-Maka mereka akan megetahui bahwa Akulah Tuhan,  apabila aku menyerakkan mereka di antara bangsa-bangsa dan menghamburkan mereka ke semua negeri.
16-Tetapi Aku akan meninggalkan sedikit dari mereka yang luput dari pedang, dari kelaparan dan dari sampar, supaya mereka menceritakan segala perbuatan-perbuatan mereka yang keji diantara bangsa-bangsa, di mana mereka datang; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar