Jumat, 21 Agustus 2015

Kemerdekaanmu akan sempurna bila berhamba pada Tuhan Yesus.

Latar belakang

Kemerdekaan adalah anugerah, bahkan melayani sesuai kehendakNya, dan bukan yang bebas absolute dan liar.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1-Apa itu kemerdekaan
Tuhan memberikan keadilan dan membebaskan semua manusia yang terkurung karena terus diperas(Mzm.146:7), supaya menjelang berjalannya waktu, mereka akan mengenal kebenaran. Bila manusia telah mengenal kebenaran, maka kenaranan itu yang akan me-merdeka-kan(Yoh.8:32) mereka.
Dan kebenaran yang sempurna hanya ada pada Yesus(Yoh.14:6). Namun Dia juga bisa memberikan kemerdekaan kepada siapa-saja yang dikendakiNya(Kel.33:19), misalnya dipilihNya suku Israel sewaktu itu sebagai budak di Mesir, untuk berpartisipasi dalam rancanganNya. Jadi secara ringkas kemerdekaan, adalah a .l.:  
  
A---Berawal dari pembebasan kaum Israel yang hidup dalam perbudakan di Mesir. Agar mereka bisa memasuki kehidupan-baru dalam sukacita yang tak mungkin diperoleh sebelumnya(Mzm.105:20).
B---Pembebasan dari kuasa-kuasa jahat/iblis, sehingga masyarakat bisa lagi mengabdi dan memuja Tuhan Yesus.
C---Konsep teologis yang penting untuk menggambarkan keselamatan bagi manusia.
D---Kemerdekaan bukan sebagai kesempatan untuk hidup sesukamu a.l. berbuat dosa, tapi untuk melayani berdasarkan kasih kepada orang lain(Gal.5:13), seperti yang dijelaskan dalam hukum-Kasih(Mat.22:39).

2-Yesus datang untuk bebaskan manusia.
Kedatangan Yesus untuk melawan dan mengalahkan para iblis yang berusaha supaya manusia makin menjauh dari kebebasan (lihat B , C dan D, diatas) sejak manusia pertama. Namun Yesus proklamirkan diriNya, bahwa Ia diutus untuk sampaikan kabar baik(Yes.61:1) kepada:
a-Orang-orang miskin dan sengsara.
b-Orang yang remuk hati dan merawatnya.
c-Memberi penglihatan dan pendengaran kepada yang tidak punya.
d-Pembebasan kepada para tawanan dan terganggu jiwanya.
e-Membebaskan orang yang; tertindas, tersesat, berdosa, berilah-ilah, dll.
f-Membebaskan orang yang terkurung dalam penjara. Dll.
  
3-Apa jawaban manusia mengenai anugerah kemerdekaan .
Manusia yang sekarang telah merdeka(Rm.6:22), akan menjadi pelaku kehendak Tuhan, atau hambah-Tuhan. Dan pekerjaan mereka adalah melakukan kebenaran(Rm.6:18) berdasarkan kasih, hidup-baru, mewartakan kabar-baik, dll.

Kemerdekaan yang diberikan bukan bersifat paksaan, tapi supaya mereka  menerimanya secara sukarela, apakah mau melakukannya atau sesuai keinginan masing-masing, seperti:

a--Kehendak bebas dipunyai oleh setiap manusia, seperti Hawa melanggar perintah Tuhan untuk kenikmatannya, bersama suaminya(Kej.3:6).
b--Tidak bersifat paksaan namun suka rela, jadi terserah anda mau tetap jadi hamba keterikatan(lihat 2a-f) atau hamba merdeka.
c--Kemerdekaan bukan merupakan kebebasan untuk melakukan semau-mu, tapi harus bertanggung-jawab atas segala perbuatan serta dampaknya. Contoh: raja Salomo yang menjauh dari Tuhan, akibatnya kerajaannya pecah dua dan akhirnya kerajaan Utara hancur dan kerajaan Selatan dibuang ke Babel.
d--Kemerdekaan bukan dukungan untuk kebebasan yang mutlak. Jadi untuk memperoleh kehendakmu bukan dengan hantam kromo, tawuran, merusak, merugikan kepentingan orang banyak, dll, tapi harus berdasarkan hukum(Kel.20:1:17) yang berlaku.
e--Irihati, cemburu, ego, sombong, kerashati, dll, sehingga melakukan kerusakan fisik maupun system adalah penghianatan terhadap kemerdekaan.

Kesimpulan
Kemerdekaan adalah buah dari kebenaran yang telah anda peroleh, karena itu tetap teguh dan jangan mau dikenakan beban perhambaan(Gal.5:1) lagi, dan terus beriman kepada Yesus.

Saran
Bila anda setuju dengan artikel ini, maka mohon doakan orang yang belum mengetahui kebenaran supaya mereka mencari Yesus yang adalah kebenaran(Yoh.14:6).

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Mzm.146:7
Yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar.

Yoh.8:32
Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.

Yoh.14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kel.33:19
Tetapi firmanNya: ”Aku melewatkan segenap kegemilanganKu dari depanmu dan menyerukan nama Tuhan di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani”.

Mzm.105:20
Raja menyuruh melepaskannya penguasa bangsa-bangsa membebaskannya.

Gal.5:13
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Mat.22:39
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Yes.61:1
Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara.

Rm.6:22
Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekankan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal

Rm.6:18
Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Kej.3:6
Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohan itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

Kel.20:1-17                             Kesepuluh firman (The Ten Commandments)

Gal.5:1
Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.


2 komentar:

  1. Maksud dari berhamba pada kebenaran itu apa..makasih

    BalasHapus
  2. Maksud dari berhamba pada kebenaran itu apa..makasih

    BalasHapus