Jumat, 28 Agustus 2015

Jangan terlantarkan kepercayaan yang diberikan kepadamu.

Latar belakang.
  
Tuhan memberikan kepercayaan kepada manusia agar berkuasa atas bumi(Kej.1:28)  dan tempat dimana mereka berada, sehingga bisa mengelolanya secara harmonis dan sebaik mungkin untuk kelanjutan anakcucu-mu dan lingkunganmu.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Dalam keadaan apapun, anda tetap teguh dan bersandar pada Tuhan(Ams.3:26). Dan  walaupun kesejahteraan negerimu sedang merosot, karena perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun Tuhan telah memberi kepercayaan kepada semua manusia supaya tetap mengusahakan kesejahteraan dimana mereka berada, karena maju mundurnya kesejahteraan ditempat tsb, merupakan kesejahteraan-mu juga(Yer.29:7).

1--Kepercayaan yang telah dicemarkan.
Tuhan memberikan kepercayaan kepada semua orang, a.l. untuk:
berkuasa dan mengelola bumi 
beranakcucu untuk penuhi bumi…………(tidak dibahas)

Kepercayaan tsb telah dijanjikan dan telah diberikan Tuhan, sewaktu Dia menciptakan manusia. Tetapi setelah Adam dan Hawa berbuat dosa(Rm.5:19), maka kepercayaan tsb telah dicemarkan dan tidak mungkin kembali seperti semula.

Akibatnya ketaatan untuk melakukan kepercayaan yang diterima oleh manusia, yaitu: kuasa untuk mengelola bumi, sudah tidak effektif lagi bahkan melenceng karena telah tercemar. Dan ini semua akan ter-cermin pada:
a-Menurunnya kesejahteraan individu.
b-Menurunnya kesejahteraan lingkunganmu(kumpulan dari para individu) 
c-Tidak mengutamakan kepentingan bersama.
d-Turut merusak kelanjutan kehidupanmu.
e-Terlantarkan lingkungan dimana anda berpijak dan beraktivitas.
 
2--Ketaatan
Walaupun kepercayaan tsb telah tercemar oleh dosa, namun Tuhan tetap menghendaki manusia turut ambil bagian dalam ranganganNya, sehingga Dia tidak mau membiarkan manusia terlantarkan kepercayaan yang telah diberikan kepada mereka. Makanya mereka harus bersedia dan rela untuk melakukan segala kehendakNya, a.l.  melalui ketaatan. Dan ketaatan ini yang akan memimpin manusia kepada kebenaran(Rm.6:16) dalam segala hal, termasuk kepercayaan yang telah diberikan tsb.

Contoh:
Tuhan telah memilih dan memberi kepercayaan kepada Musa untuk pimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir, perjalanannya selama 40tahun di padang pasir menuju tanah terjanji. Sewaktu kehabisan air minum di Meriba, mereka bentrok lawan Musa(Bil.20:12). Dan atas petunjuk Tuhan, Musa dapat mengatasi perlawanan tsb. Namun secara kekudusan Musa tidak taat melakukan seluruh perintahNya, sehingga dia tidak diperkenankan memasuki tanah terjanji(Bil.20:13).

3--Apakah anda merasa telah memperoleh kepercayaan dari Tuhan?
Setiap manusia memperoleh kepercayaan dari Tuhan, supaya bisa turut ambil bagian dalam rancanganNya. Dan untuk mempertahankannya, anda harus:
a-Dekat denganNya,
b-Andalkan Dia dalam segala hal
c-Selalu ber-relasi denganNya,
d-Memohon kepada Bapa supaya Roh Kudus memimpinmu(Luk11:13),

Maka kepercayaan berupa a.l. kuasa dan tanggung-jawabmu akan selalu anda lalui secara benar. Namun selalu kuasai hatimu(Ams.4:23) dan jangan terpengaruh oleh; cobaan duniawi, tidak focus pada tujuanmu, jangan emosi seperti Musa.  Dan tetap dalam lingkungan seiman, sehingga bisa saling menegur dan mendukung.

4--Apakah kepercayaan tsb sudah anda lakukan?  
Bertanyalah kepada sendirimu apakah kepercayaan berupa tanggung-jawab dan kuasa yang diberikan kepadamu telah anda kelola sehingga meningkatkan kesejahteraan(Yer.29:7) anakcucumu serta lingkunganmu?

Kesimpulan
Dekatlah dan bersandar pada Tuhan (lihat butir-3) sehingga kepercayaan yang diberikan kepadamu bisa anda tingkatkan, yaitu berupa kesejahteraan untuk tempat dimana anda berada.

Bila anda berkenan dengan artikel ini, mohon kesediaanmu, untuk doakan siapa saja, supaya mereka laksanakan kepercayaan yang diberikan oleh Tuhan, sebaik mungkin.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkauasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

Ams.3:26
Karena Tuhalah yang akan menjadi sandaranmu, dan akan menghindarkan kakimu dari jerat.

Yer.29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Rm.5:19
Jadi sama seperti oleh ketidktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Rm.6:16
Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran.

Bil.20:12
Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun; “Karena kamu tidak percaya kepadaKu dan tidak menghormati kekudusanKu di depan mata orang Israel, itulah sebabmya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka”

Bil.20:13
Itulah mata air Meriba, tempat orang Israel bertengkar dengan Tuhan dan Ia menunjukkan kekudusanNya di antara mereka..

Luk.11:13
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yuang meminta kepadaNya.

Ams.4:23

Jabalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar