Sabtu, 20 Agustus 2016

Pengertian S U N A T

Latar belakang

Banyak orang belum mengetahui apa arti sunat dan kegunaannya

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Apa itu sunat:
Sunat1 adalah, Penghilangan kulit ujung penis laki-laki dengan cara memotongnya. Dengan maksud supaya ada “tanda”, yaitu; suatu perjanjian antara Tuhan Allah dengan Abraham serta keturunannya, setiap laki-laki(Kej.17:10). Perjanjian ini tercakup dalam firmanNya kepada Abraham(Kej.17:1) yang isinya a.l.:   
a--Supaya Abraham hidup tidak bercelah(Kej.17:1), demikianpun keturunannya.
b--Abraham akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa-bangsa(Kej.17:4).
c--Dari Abraham dan keturunannya akan berasal raja-raja(Kej.17:6). Dan anak Abraham yang mewarisi adalah Ishak(Kej.21:12), serta keturunannya.
d--Aku, Tuhan menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu(Kej.17:7).
e--Seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan; padamu, keturunanmu, dan orang asing yang dibeli menjadi milikmu selama-lamanya(Kej.17:8).

Dan Abraham serta keturunannya harus berpegang pada perjanjian tsb, antara Tuhan Allah dengan mereka. Dan karenanya setiap pria keturunan Abraham yang telah disunat, telah meyakini dan meresapi dalam jiwanya yang tertera di 1a-e,

2--Pengertian sunat bergeser.
Sewaktu kaum Israel sebagai budak meninggalkan Mesir, mereka mengalami banyak cobaan yang diatasi oleh Tuhan, sehingga mereka mengalami berbagai kemuliaanNya, misalnya keselamatannya dan beberapa kemudahan selama berada di padang pasir.

Namun perubahan kebiasaan dari kaum Israel mulai terjadi sewaktu mereka lolos dari kejaran Firaun dan mulai menghadapi padang pasir, dan berjalan menuju tanah terjanji. Mental mereka mulai mengalami pergoncangan, karena mengalami berbagai cobaan, sehingga:
a--Sebagian besar belum dapat menyesuaikan diri, untuk berjalan melalui padang pasir menuju tanah terjanji, karena; sering bersungut-sungut terhadap Tuhan Allah, ingin kembali ke Mesir dan sewaktu-waktu tidak ada air sehingga harus bentrok lawan Musa.
b--Bahkan diantara mereka telah ada yang bersepakat melawan(Bil.14:35) dan 10-kali mencobai Tuhan(Bil.14:22).
c--Gagalnya Musa masuk tanah terjanji, karena berlaku tidak kudus didepan Tuhan, yang adalah akibat dari perbuatan kaum Israel(Bil.20:7-13)

Sehingga banyak di antara mereka yang berumur 20tahun dan yang lebih tua, sewaktu meninggalkan Mesir, tidak melihat tanah terjanji, bahkan menjadi bangkai di padang pasir(Bil.14:29,35).

Karena perbuatan-perbuatan tsb diatas, maka kaum Israel adalah kaum yang tegar-tengkuk, a.l.:keras hati dan tidak takut Tuhan(Ul10:16). Jadi apa gunanya sunat, jika tidak mentaati Hukum Taurat, dan perbuatannya tidak sejalan(Rm.2:25).

Selain itu jika orang yang tidak bersunat melakukan hukum Taurat, bukankah dia lebih baik dari orang bersunat yang tidak lakukan hukum Taurat tsb(Rm2:27). Sehingga sunat bukan lagi secara lahiriah tapi sunatlah di dalam hatimu, secara rohani, maka Tuhan akan memujimu(Rm.2:29)

Itulah sebabnya, pengertian sunat bergeser, yaitu; mereka menyunat-hatinya agar tidak tegar-tengkuk lagi.

3--Siapa yang menyunat hati mereka.
Namun Tuhan kembali memberi kesempatan kepada manusia melalui Musa, untuk bertobat(Ul.29-Ul.30), yaitu:
a--Lakukan perjanjian ini a.l. hukum-Taurat dengan setia(Ul.29:13), dan supaya Ia menjadi Allahmu, sehingga kamu beruntung dalam segala yang kamu lakukan(Ul.29:9).
b--Jangan ada diantaramu, hati yang meninggalkan Tuhan untuk pergi berbakti kepada ilah-ilah(Ul.29:18).
c--Bila anda dan seluruh keluarga mereka berbalik kepada Tuhan, lalu mendengar dan melakukan segala yang diperintahkanNya, maka semua keluarganya akan masuk tanah terjanji(Ul.30:1-5).

Dan hal ini bisa terjadi karena Tuhan yang akan mengarahkanmu sehingga anda sendiri yang akan menyunat hatimu demikianpun keturunanmu yang akan menyunati hati mereka(Ul.30:6), sehingga mereka bisa mengasihi Tuhan dengan segenap hatinya dan jiwanya, supaya hidup.

4--Bagaimana memperoleh hati yang disunat
Sebetulnya Tuhan Allah mempunyai langit, bumi serta segala isinya. Dia dapat berbuat apa saja sesuai kehendakNya, namun Dia terpikat karena “taatnya dan imannya” nenekmoyangmu a.l. Abraham sebagai bapa yang beriman berdasarkan kebenaran(Rm.4:16), sehingga Dia mengasihi mereka dan keturunannya. Dan yang Dia inginkan darimu(UL.10:12-13) adalah:
a--Takut akan Tuhan, Allahmu.
b--Hidup menurut segala jalan yang ditunjukkanNya
c--Mengasihi Dia.
d--Beribadah pada Dia, yaitu Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.
e--Berpegang pada perintahNya.

Bila secara suka rela, senang hati dan sadar melakukan 4a-e untuk kembali kepadaNya, maka sebetulnya anda telah menghindar dari tegar-tengkuk dan telah menyunat hatimu sendiri. Dan inilah jalan kebenaran yang Tuhan arahkan kepadamu.
 
Kesimpulan
Pengertian sunat telah bergeser yang artinya adalah, takut akan Tuhan, mengasihiNya, dll, seperti yang dijelaskan diatas.

Mohon kesediaan doamu agar kami semua bisa lebih murni malakukan pengertian dari kasih.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1Sunat adalah penghilangan kulit ujung jpenis laki-laki, dengan cara memotongnya.
Kamus Alkitab WRF Browning ISBN978-979-687-393-7, cet ke-5 thn2010, hal-424 kolom-1.

2Ensiklopedei Alkitab Masa Kini, ISBN 978-602-8009-34-8, cet ke-10 Juli 2011, hal-427 kolom-1.

Kej:17:10
Inilah perjanjianKu, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat.
Kej.17:1
Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka Tuhan menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: “Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapanKu dengan tidak bercela.
Kej.17:4
Dari pihakKu, inilah perjanjianKu dengan engkau:Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar banbgsa.
Kej.17:6
Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
Kej.12:12
Anak yang berumur delapan hari harus disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: biak yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
Kej.17:7
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engaku serta  keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
Kej.17:8
Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kau diami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya: dan Aku akan menjadi Allah mereka.
Bil.14:35
Aku, Tuhan, yang berkata demikian, Sesungguhnyua Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan disinilah mereka akan mati.
Bil.14:22
Semua orang yang telah melihat kemuliaanKu dan tanda-0tanda mujizat yang  Kuperbuat di Mesir dan di padang gurun, namun telah sepuluh kali mencobai Aku dan tidak mau mendengarkan suaraKu.
Bil.20:7-13           Musa berlaku tidak kudus didepan Tuhan.

Bil.14:29
Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun keatas, karena kamu telah bersungut-sungut kepadaKu.
Bil.14:35
Aku, Tuhan, yang berkata demikian., sesungguhnya Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan di sinilah mereka akan mati.
Ul.10:16
Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.
Rm.2:25
Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya
Rm.2:29
Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.
Ul.29àUl.30       Perjanjian dengan Allah diperbaharui---Pulih setelah tobat.

Ul.29:13
Supaya Ia mengangkat engkau sebagai umatNya pada hari ini dan supaya Ia menjadi Allahmu, seperti yang difirmankanNya kepadamu dan sepertri yang dijanjikanNya dengan sumpah kepada nenek Moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub.
Ul.29:9
Sebab itu lakukanlah perkataan perjanjian ini dengan setia, supaya kamu beruntrung dalam segala yang kamu lakukan.
Ul.29:18
Sebab itu janganlah diantaramu ada laki-laki dan perempuan, kaum keluarga atau suku yang hatinya pada hari ini berpaling meninggalkan Tuhan, Allah Kita, untuk pergi berbakti kepada allah bangsa-bangsa itu; janganlah di antaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh.
Ul.30:1-5               Pulih setelah tobat

Ul.30:6
Dan Tuhan, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.
Rm.4:16
Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham, Sebab Abraham adalah bapa kita semua.
Ul.10:12
Maka sekarang, hai orang   israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkannya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.
Ul.10:13
Bepegang pada perintah dan ketetapan Atuhan yang kusamaikan kepadamu pada hari ini, sjupaya baik keadaanmu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar