Jumat, 11 Agustus 2017

Tekadnya harus bulat dan tidak menyimpang.



Latar belakang.

Biasanya suatu tekad akan timbul bila anda sadar keberadaanmu, karena sedang dalam keadaan kesengsaraan atau keadaan tertentu.Sehingga terpaksa berusaha untuk terbebas(Rm.5:3-4) dari kesengsaraan atau tercapai tujuannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa pengertianya tekad1. Pengertiannya antara lain:
a--Niat seseorang yang sangat kuat untuk meraih keinginannya, karenanya dia akan berusaha semampu mungkin agar berhasil, dengan cara belajar dan praktek untuk jadi a.l. banker karena motivasinya meraih kedudukan direktur utama di perusahaan perbankan.
b--Berusaha sekuat tenaga supaya terbebas dari semua tuduhan.
c--Karena niatnya untuk sejahterakan keluarga, maka secara bulat hati dia berusaha mewujudkannya.   
d--Walaupun sekarang menderita dalam pencobaan Tuhan(Kel.15:25), namun tetap berpengharapan akan menerima kemuliaan Allah(Rm5:3). Dan lain-lain.


1-Tekad yang bagaimana.
Seseorang yang tekadnya timbul karena kemauannya sendiri untuk meraih sesuatu yang postif, adalah modal yang sangat besar. Biasanya tekad tersebut yang timbul dari kemauan sendiri, telah didahului oleh dorongan moralmu dan/atau mentalmu yang telah siap untuk mencapai cita-citamu, apalagi kalau dilanjutkan dengan belajar dan praktek untuk mewujudkannya(Yak.2:22) pasti akan ter-realisasi, asalkan tetap dalam jalur yang benar. Namun demikian ada juga tekad yang ditengah jalan menyimpang motivasinya. Misalnya, Anda telah bertekad sepenuh hati membuat rencana untuk membangunnya, namun motivasimu menyimpang dan kenyataannya orang lain yang mewujudkan rencanamu. Contoh:
(A)
Tuhan telah memberikan keamanan dan ketenangan kepada Daud yang sekarang ini tinggal dirumah mewah dari kayu aras. Padahal tabut Allah diam di bawah tenda(2Sam.7:2). Sehingga Daud berniat membuat rumah Tuhan di Yerusalem. Secara moral niat Daud saat itu adalah murni.

Menjelang beberapa lama, Daud beranggapan bahwa Tuhan telah mengkokohkan umatNya Israel untuk selama-lamanya, dan Tuhan menjadi Allah mereka. Karenanya Daud minta supaya Tuhan menepati janjiNya untuk keluarganya, yaitu dari keturunannya akan terus menerus menjadi raja(2Sam.7:24-28). Kemungkinan tekadnya Daud tetap, tapi motivasinya sudah berubah, karena moralnya mulai terkikis. Sebab dia utamakan agar Tuhan lakukan janjiNya untuk keturunannya yang belum tentu mereka tetap setia padaNya.

Kenyataannya, Daud berselingkuh. Perbuatan Daud menghina Tuhan(2Sam.12:9) dan dampaknya: pedang tidak akan menyingkir dari keturunan Daud sampai selama lamanya(2Sam12:10). Tekad jadi mencair dan motivasinya hilang.
Karena moralnya telah bergeser untuk kepentingan duniawi.

Sehingga Tuhan tidak mengizinkan Daud yang membangunnya, sebab tangannya telah berlumuran darah dan itu adalah hal yang tidak pantes(Yes.1:15), dan juga dia berselingkuh  mengambil isteri orang lain. Sehingga Salomo yang meneruskan rencana tersebut lalu membangun rumah Tuhan(1Raj.8:19).

(B)
Seminggu lalu, Seorang anak kecil berumur 7 tahun melamar pekerjaan di Nasa untuk menjadi pengawal bumi seperti yang di iklankan oleh Nasa. Tekad ini adalah murni dan spontan, dan bisa saja hal ini terjadi. Namun mudah-mudahan takadnya tetap dan motivasinya tidak menyimpang ditengah jalan seperti raja Daud, karena umurnya masih terlalu muda.

2--Kenyataan dalam hidup.
Banyak anak mudah yang mempunyai tekad yang sekuat baja, cita-citanya yang murni dan anggung, yaitu bela Negara dan sejahterkan masyarakat. Namun setelah peroleh kedudukan motivasinya mulai berubah sehingga berbuat serong dan tergelincir karena moralnya telah meluntur. Tapi hal yang demikian pun terjadi pada banyak orang dewasa, yaitu bila sudah punya kedudukan yang mempunyai hak, wewenang dan tanggung jawab, maka mereka juga lakukan yang sama.

Pertanyaan untuk anda:
Karena tekadmu sehingga anda mengenal, beriman dan melakukan semua peraturanNya Yesus, karena Dia  yang menawarkan kehidupan yang kekal setelah anda tinggalkan dunia. Apakah anda mau meraihnya?

Kesimpulan
Kebulatan tekadmu untuk mengenal, beriman dan lakukan firmanNya, karena firmanNya hidup dan menawarkan kehidupan kekal. Namun jagalah tekadmu agar di tengah perjalanan hdupmu tidak menyimpang karena berbagai motivasi duniawi.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.5:3-4
3—Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
4—dan ketekunann menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pernrgharapan.

Kel.15:25
Musa berseru-seru kepada Tuhan, dan Tuhan menunjukkan kepadanya septong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Disanalah diberikan Tuhan ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan disanalah Tuhan mencobai mereka.

Yak.2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

2Sam.7:2
Berkatalah raja kepada nabi Natan: “Lihatlah, aku ini diam dalam rumah dari kayu aras, padahal tabut Allah diam di bawa tenda.

2Sam.7:24-28             Janji Tuhan mengenai keluarga Daud.

2Sam.12:9
Mengapa engkau menghina Tuhan dengan melakukan apa yang jahat dimataNya, Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kau ambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.

2Sam.12:10
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang het itu, untuk menjadi isterimu.

Yes.1:15
Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan mukaKu, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku  tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah.

1Raj.8:19
Hanya, bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah itu, melainkan anak kandungmu yang akan lahir kelak, dialah yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar