Sabtu, 14 Oktober 2017

Kasihilah sesama manusia, bisakah anda lakukan?


Latar belakang.



Banyak orang bisa menerima dan akhirnya mengerti untuk mengasihi Tuhan(Mat.22:37), namun terhadap sesama manusia lainnya masih ada banyak pertimbangan menurut kepentingannya masing-masing.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Dalam konteks ini, apa itu pengertian kasih terhadap sesamanya.

a.      Tuhan telah melengkapi setiap janin yang ada dalam kandungan ibumu dengan beberapa sarana untuk kehidupanmu nanti, misalnya; hati, akal-budi, dll. Karena dalam saran-sarana itulah yang semacam hardware, Dia menaruh hukumNya(Ibr.8:10) yang adalah bagian dari kasih(Mat.22:40).



b.      Sehinga bila diuraikan, maka kasih itu suatu perasaan yang telah ada dalam dirimu, berupa: perhatian, peduli, jujur, kebenaran, mengendalikan diri, tidak menipu, menghormati orang lain, membantu orang, dll(1Kor.13:4-8).   



c.       Perasaan kasih ini akan timbul, terutama sewaktu anda mengalami atau menghadapi suatu kejadian langsung atau tidak langsung, a.l. melalui media informasi, dll, sehingga anda rela berinteraksi dengan orang lainnya yang mengalami kesusahan dan kejadian lain tsb. Sehingga mereka bisa mengetahui dan merasakan bahwa perbuatan anda sangat membantu mereka karena mengetahui anda itu beritikad baik terhadapnya.



d.      Karenanya lakukanlah kasih setiap saat, dan itu adalah baik untuk kepentingan dirimu sendiri sehingga pertumbuhan imanmu akan lebih mengarah dan mengerucut kepada Yesus. Hal ini bisa terjadi karena kasih itu menaungi hukum Taurat dan segala pelayanan dari para rasul(Mat.22:40), yang telah Yesus taruhkan di akalbudimu dan menuliskan dalam hatimu(Ibr.8:10).

   

2--Aplikasikan kasih terhadap orang lain.

a.      Secara sadar atau tidak, sebetulnya anda telah sering menyaksikan bagaimana orang mengaplikasikan kasih kepada orang lainnya, bahkan anda telah mengalaminya. contoh yang sederhana dan mudah anda temukan adalah, sebagai berikut:



b.      Masih ingatkah anda, sewaktu ayah/ibumu membesarkanmu? Bagaimana didikan mereka. Mereka pasti menyayangimu yang dimanifestasikan berupa: mengarahkanmu, mengajarimu, mendidikmu, bergembira denganmu, bepergian denganmu, memberi kesempatan supaya anda berkreasi, memberi tanggung jawab, dll.



c.       Namun bila anda menyimpang, maka anda akan ditegor, berbuat salah bisa dimarahi atau dihukum oleh ayah/ibumu dengan maksud supaya anda kembali ke jalan yang telah mereka ajarkan.



d.      Dua suku yang bermusuhan: ada dua orang yang berbeda suku, bahkan bermusuhan. Yaitu orang Yahudi dan Samaria. Namun pada saat seorang Samaria melihat seorang Yahudi tergeletak di jalanan karena dipukuli dan dirampok, dia malah membantu dan membayar semua pengobatannya dan penginapannya(Luk.10:25-37). Itu salah satu perasaan kasih yang timbul spontan di ikuti perbuatan antara sesama orang, bahkan terhadap musuhnya.



f.      Berusaha aplikasikan kasih seperti orang Samaria, dan perlakukan keluargamu lebih baik dari pada ayah/ibumu memperlakukanmu sejak anda masih kecil hingga tumbuh dewasa bersama mereka. Demikian pun anda perlakukan terhadap orang lainnya.



3--Hambatan aplikasikan kasih  

Hendaknya kehidupan setiap orang supaya mempunyai tujuan yang pasti dan selalu berdasarkan kebenaran, antara lain membuktikan bahwa anda bisa mengaplikasikan kasih kepada orang lain selama masih ada kesempatan berada di bumi.



Namun sejak dahulu hingga sekarang ini manusia masih susah memilih dan mengendalikan keinginannya. Disini iblis mengambil kesempatan untuk menggodamu dengan berbagai cara, supaya anda mengikuti keinginannya, sehingga hasil dari pilihan dan keinginanmu akan berberdampak buruk pada dirimu dan orang lainnya. Contoh:  

a.      Pelanggaran Adam dan Hawa, àkarena ingin kedudukan seperti Tuhan..  

b.      Pembunuhan Kain terhadap adiknya Habel, àkarena cemburu, sebab persembahan adiknya yang Tuhan terima.

c.       Raja Daud mangatur agar suami Batseba terbunuh di medan perang, àkarena nafsu untuk memiliki isteri kepunyaan orang lain.



Selain alasan diatas, manusia juga mengutamakan kepentingan diri sendiri, perasaan benci, adanya irihati(Ams.6:16-19), masih terus mendominasi kepribadianmu sehingga kesemuanya itu, yang menghambat dan mempersulit untuk mengaplikasikan kasih kepada orang lainnya.



4--Apa pilihanmu

Aplikasikan kasih tersebut kepada manusia lainnya.

Namun ingat bila anda berlaku buruk kepada orang lainnya maka akan susah untuk mengaplikasikan kasih. Sehingga merugikan orang banyak, misalnya, orang tua, merusak dan menyesatkan anak-anak kecil karena karena berbagai hal. Maka suatu saat anda akan mengalami hukuman, a.l. bisa diikat batu pada lehermu lalu dibuang ke laut seperti yang Yesus utarakan(Mat.18:6).



Kesimpulan

Tuhan telah memberikan kemampuan kepadamu untuk lakukan kasih terhadap orang lainnya, namun semuanya itu tergantung pada keinginanmu. Karenanya hiduplah selalu berdasarkan kasih.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Mat.22:37

Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.



Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu”, demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu



Mat.22:40

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.



1Kor.13:4-7

4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu; Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

6-Ia tidak bersukacita karena ketidak-adilan, tetapi karena kebenaran.

7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.



Luk.10:25-37             Orang Samaria yang murah hati.



Mat.18:6

Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepadaKu, lebih baik baginya jika sebuah hatu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar