Rabu, 02 Oktober 2019

Hal kekuatiran


Latar belakang


Setiap manusia pada suatu waktu pasti akan mengalami kekuatiran, dan itu merupakan bagian dari kehidupan manusia, namun sebetulnya, kekuatiran yang ada padamu dapat dikendalikan.




Materi yang di bahas, sesuai topik


 


K u a t i r.


 


1--Kekuatiran


Kekuatiran atau perasaan kuatir merupakan bagian dari kehidupan setiap orang. Sama halnya seperti kemarahan dan kesenangan adalah bagian dari hidupmu maka demikianpun kekuatiran. Dan bagaimana anda mengendaikan emosimu maka demikian juga anda dapat mengendalikan kekuatiranmu selama masih berada di bumi ini. Secara sederhana maka kekuatiran terdiri atas, a.l.:


a--Adanya rasa takut tentang sesuatu hal yang belum pasti terjadi,


b--Merasa cemas akan sesuatu hal,


c--Bisa hilang kepercayaan diri karena merasa akan menghadapi suatu beban yang berat dan tidak tahu harus minta pertolongan kepada siapa.


d--Dia selalu berada denganmu yaitu dalam pikiranmu yang merupakan bagian dalam proses kehidupanmu.


 


2--Gejala kekuatiran dapat dikenal dari seseorang, antara lainnya:


a--Kurang dan tidak fokus


b--Ceroboh agak pelupa


c--Tidak sabar dan cepat marah


d--Tidak tenang seolah-oleh menunggu sesuatu yang berkepanjangan


e--Menciptakan masalah sendiri dalam pikiranmu swendiri sehingga bimbang.


f—Mendua hati sehingga sulit memilih mana yang lebih prioritas.




3--Dampak kekuatiran:


a--Cepat tersinggung lalu marah,


            b--Kualitas pekerjaan menurun


            c--Rasa percaya diri menurun


            d--Mencari perlindungan kepada yang kekuatan duniawi


f--Makin tepuruk kehidupanmu.


g--Iman ter-erosi sehingga dasar pegangan hidup menjadi kabur lalu mencari ilah-ilah.




4--Apa sebab kekuatiran dapat menjadi dominan dalam pikiranmu:


Setiap orang mempunyai rasionalitas dan logika yang berbeda-beda karena adanya proses pertumbuhan dalam pikirannya, dan input atau masukan didapati melalui panca indranya, bila input atau masukan untuk rasionalitas dan logika buruk dan kacau, maka proses pertumbuhan juga mengalami hambatan. Karena berproses yang benar adalah berdasarkan kebenaran yang telah ada dalam akalbudi atau bagian dari pikiran(Ibr.8:10). Sehingga bila pembentukan dan berproses agak berlawanan atau tidak cocok dgn akalbudi maka pertumbuhan dan berproses akan mengalami kelambatan atau tetap berkembang namun mempunyai dasar yang alurnya lain, misalnya terbentuknya keras hati yang berlebihan, ego, cepat membenci, rapuh sewaktu menghadapi masalah, mendua sewaktu membuat putusan, kasih sayang yang rendah, selalu kuatir, dll. 

Dan pertumbuhan dan proses yang rapuh ini akan mengalami suatu antagonis antara rasionalitas bersama logika terhadap akabudinya, sehingga terjadi pertentangan batin(Rm.7:23).

Namun semua input yang diperoleh adalah berasal dari:

a---Pengaruh pendidikan dalam rumah tangga yang kurang terarah karena kurang atau tidak berdasarkan kebenaran, sehingga anak tersebut hanya mencari tempat yang aman baginya walaupun amannya itu hanya bersifat sementara dan yang kemungkinan dapat berakibatkan buruk dikemudian hari baginya.

b---Kekuatiran bisa timbul dari perbuatan diri sendiri, atau pengaruh lingkungan atau output lingkungan.  

c---Godaan iblis inilah yang paling ekstrim, dia bisa menggoda pikiranmu sehingga anda dapat meninggalkan perintah Tuhan. dan bukan hanya itu saja tapi juga dapat melawan perintah Tuhan. kalimat inilah yang dilakukan atau dituruti oleh Adam dam Hawa.



5--Kekuatiran dapat di kendalikan


Namun kekuatiran itu dapat di jinakkan agar dia tidak liar, misalnya:


kendalikanlah dia agar tidak mengganggumu selama kelangsungan hidupmu, yaitu antara lain:


a--Tenangkan pikiran, kendalikan emosi, dan bertindak sistematis, terencana, dan disesuaikan dengan kemampuan kantongmu, atau gabungan dari semuanya itu.


b--Namun untuk menjinakkan kekuatiranmu maka anda harus mempunyai tujuanmu yang jelas yaitu rencana apa yang akan dicapai dan bagaimana pelaksanaannya.


c--Semua pengendalian kekuatiran yang dijeaskan diatas adalah hanya sebagian yang dapat anda lakukan, untuk lengkapnya anda harus datang kepada Yesus yang menawarkan, bahwa; siapa yang berbeban berat datanglah padaKU(Mat.11:28).


 


Penutup.


Perasaan kuatir terdapat dalam pikiran setiap orang, yang dapat meruntuhkan imanmu dan perlakuanmu yang positif selama kehidupanmu, namun kekuatiran dapat di kendalikan seperti contoh diatas, dan yang utama adalah bersandar kepada Yesus.   




Penulis.Eddywarbung


Referensi


 


Ibr.8:10


“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu,” demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menarah hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu”

Rm.7:23

Tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku; melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.



Mat.11:28

Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu


 




Ayat tambahan

Mat.10:19      


Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikruniakan kepadamu pada saat itu juga


 


Luk.10:41                  


Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara.


 


Fil.4:6


Janganlah hendaknhya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan ucapan syukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar