Minggu, 20 Oktober 2019

Jangan tertawan oleh hukum dosa(Rm.7:23)


Latar belakang



Setiap orang harus melawan untuk tidak menjadi tawanan hukum dosa(Rm.7:23) sehingga  tidak mengalami penghidupan yang menyakitkan dan menyesatkan.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Apa itu hukum dosa



Sesuai dengan penjelasan di alkitab(Rm.7:23), yaitu; adanya suatu hukum lain yang berjuang melawan akalbudimu dan akibatnya adalah anda menjadi tawanan hukum dosa, dan hukum ini ada di dalam anggota-anggota tubuhmu.



Kenyataannya kebebasan dan keinginan dan lainnya telah ada, dan ini terbukti pada Adam & Hawa yang telah salah gunakan keinginan dan kebebasan yang Tuhan berikan kepada mereka. Sehingga dampaknya mereka di halau dari taman Firdaus, lalu bekerja keras untuk mempertahankan terhadap berbagai kesulitan dalam proses kehidupannya, karena telah tertawan oleh hukum dosa.



Hukum dosa tsb diketahui setelah adanya hukum Taurat(Kel.20:1-17), dan karena hukum Taurat sehingga anda mengetahui apa itu keinginan, berzinah, mencuri, dll(Roma.7:7), yang adalah dosa.



Setiap orang sangat sulit bahkan tidak dapat untuk menghilangkan hukum dosa, karena itu berada di dalam daging dari anggota-anggota tubuhnya(Rm.7:23). Karena sewaktu pikirannya menghadapi suatu masalah, berupa; bujukan, ancaman, godaan, dll, maka hukum dosa tsb memperoleh kesempatan untuk memicu seseorang untuk berbuat serong yang adalah bagian dari dosa. Dan terjadinya dosa adalah sewaktu anda berinteraksi karena telah menerima pemicuan tsb. contoh Adam dan Hawa menerima godaan iblis agar mereka bisa jadi seperti Tuhan, namun dampaknya mereka tertawan hukum dosa sehingga menderita terus menerus.



2--Bagaimana supaya tidak tertawan.

Secara ringkas, anda telah membaca dari mana asal hukum dosa. namun yang penting adalah bagaimana menghindar bahkan terhindar dari perangkap berupa tertawan oleh hukum dosa.



Kembali kita ke peristiwa Adam & Hawa sewaktu mereka tergoda. Dalam percakapan antara  ular dengan perempuan, maka ular berusaha mengganggu proses berpikir Hawa dengan menggodanya bahwa mereka akan menjadi seperti Tuhan, karena Tuhan itu pencipta, memiliki segalanya, dan Dia hebat. Proses berpkir mereka terganggu oleh objek yang sangat menarik, yaitu jadi seperti Tuhan.



Namun Adam & Hawa tergoda karena tidak taat pada Tuhan sehingga terjadi  pengusiran terhadap mereka. Jadi substansinya adalah ketaatan, karena mereka tidak taat maka jelas terjadi penghalauan(Kej.3:24).





Memang benar bahwa sewaktu dalam proses berpikir, maka segala pertimbangan akan timbul dan yang sangat dominan, adalah secara objektif untuk mencapai tujuannya. Namun hukum dosa tetap berperan, yang dia menginginkan supaya anda berpikir subjektif sehingga bisa terjadi kesalahan sekarang  atau untuk dikemudian hari. Karenanya tetap  objektif semampumu dan selalu berpikir dalam kebenaran dan bersandar pada Tuhan(Ams.3:5-9).



Penutup

Dalam setiap orang terdapat hukum dosa yang berada dalam anggota tubuhmu. namun anda harus tetap bersandar pada Tuhan, bahkan mohon Roh Kudus untuk membimbingmu, agar tidak tertawan dalam hukum dosa.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar