Senin, 30 Maret 2020

Putuskan kutuk keturunan.


Putuskan kutuk keturunan.



Latar belakang



Banyak orang takut terkena kutukan turunan yang akan berdampak buruk bagi kehidupannya, namun anda pun dapat membuat seseorang merasa atau menjadi terkutuk. Tapi semua kutuk keturunan dapat di putuskan.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Mengenai kutuk

Sewaktu raja Daud, seorang yang di sanjung dan berkuasa dan panutan bagi rakyat Israel, berbuat pelanggaran pribadi, berupa penghinaan terhadap peraturanNya Tuhan, yaitu mengambil isteri orang lain. Maka Tuhan marah dan menghukumnya. Inilah suatu dosa yang sangat memalukan terhadap pribadinya bila diketahui umum dan terhadap wibawahnya diri sendirinya maupun kerajaannya. Dampak dosa seperti ini yang dapat disebut kutuk. Kutukan terhadap raja Daud ini berupa; “pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya”(2Sam.12:10).



a--Apa itu kutuk

Menurut kamus Alkitab WRF Browning, maka kutuk1 itu adalah:

aa--Mengucapkan sejenis istilah karena kesal atau marah, kepada orang lain, dengan maksud agar nanti berdampak menciderai orang tersebut.

ab--Hukuman yang kekal2 mengenai terjadinya dosa karena dia menghujat Roh Kudus(Mrk.3:29).



Menurut pendapat penulis, terkadang kutukan itu tidak berupa ucapan namun jawaban langsung karena perbuatannya, seperti yang dilakukan oleh raja Daud. Lihat diatas(2Sam.12:10)



b--Kenapa harus ada kutuk

Seseorang dapat menngucapkan kutuk terhadap pihak lain karena sebelumnya mereka telah ada semacam hubungan untuk saling; mengerti, perhatian, menghargai, kerjasama, misalnya ada semacam ikatan, perjanjian, kesepakatan lisan, dll. Namun di antara mereka ada yang melanggar, sehingga keluar perkataan kutuk, misalnya:

ba--Anda telah mengikat suatu perjanjian  secara sadar atau tidak, sehingga bila anda melanggar, maka pihak yang telah mengikat perjanjian denganmu marah dan mengucapkan kata-kata atau ucapan kasar,  agar anda tidak berhasil atau rugi, menderita, sakit, dll.

bb--Raja Daud secara langsung telah melanggar 10 perintah Allah, yaitu jangan berzinah, dampaknya; “pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya”

bc--Setiap orang telah mempunyai perjanjian dengan Tuhan. Karena dia telah menaruh hukumNya dalam hatimu dan menliskan dalam akalbudimu(Ibr.8:10). (Akan dibahas di topik yang lain)

bd--Perkataan kutuk tidak akan berlaku padamu bila anda benar(Ams.26:2).

           

be--Jika masyarakat tidak lagi memberi perhatian untuk menghormati Tuhan, yaitu sesuai perintahNya, maka Dia dapat mengirimkan kutuk di antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu berubah menjadi kutuk(Mal.2:2). Contoh yang sangat jelas, antara lain: VirusCorna telah merengut banyak jiwa dan menguras simpanan kekayaan Negara maupun kekayaanmu untuk melawannya serta dampaknya. 



c-Kutuk keturunan tidak berlaku

Pengertian kutuk keturunan tidak berlaku. Karena dosa yang dibuat oleh nenek-moyangmu, maka merekalah yang harus bertanggung jawab. Namun anda masih beranggapan dan merasa akan terkena dampaknya dari kutukan tersebut, sehingga merugikan secara; materi, fisik, pikiran, dll.

Sebetulnya kesalahan yang tercantum secara tegas dalam Alkitab, adalah perbuatan raja Daud, yaitu berdampak pada keturunanmu dan selamanya(lihat diatas) namun tidak disebut kutuk.

Namun bila anda melakukan kesalahan seperti ini:

ca--Berdosa atau tegasnya menghujat Roh Kudus(Mrk.3:29).

            cb--Menyembah kepada berhala-berhala(Kel.20:5)



Untuk perbuatan ca, siapa yang berbuat dosa maka dialah yang di hukum, bukan

keturunannya.

Untuk perbuatan cb, maka Tuhan akan menghukum anda. Bahkan Dia menghukum

hingga keturunanmu yang ke tiga dan ke empat(Kel.20:5), kesalahan inilah yang dapat disebut

kutuk keturunan.



Tidak benar, bila ada orang-orang yang berpendapat, adanya dosa nenekmoyangnya yang ditanggung oleh keturunannya (kecuali cb), sehingga dapat terjadi sesuatu yang sangat merugikan fisikmu, materi akan hilang dan usahamu akan gagal, dll. Bila anda masih terikat oleh pendapat ini maka putuskanlah ikatan ini. Caranya, berdoa dan memohon kepada Tuhan agar Dia dapat mengirimkan Roh Kudus untuk membantu menghapuskan pendapat ini dari pikiranmu sehingga terbebaslah anda dari ikatan tersebut.



Penutup

Secara umum kutuk keturunan tidak ada, dan kutuk dapat diputuskan melalui, berdoa dan mohon bantuan Tuhan. Kecuali anda berhala maka kutuk keturunan akan berlaku, demikian pun kalau masyarakat meninggalkan perintah Tuhan. 



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

2Sam.12:10



1Kamus Alkitab (A Dictionary of the Bible, oleh Browning WRF), diterjemahkan oleh Liem Khiem Yang dan Bambang Subandrijo.  ISBN 978-979-687-393-7, cet ke-5 than 2010, hal232-233



2Kamus Alkitab (A Dictionary of the Bible, oleh Browning WRF), diterjemahkan oleh Liem Khiem Yang dan Bambang Subandrijo.  ISBN 978-979-687-393-7, cet ke-5 than 2010, hal-233



Mrk.3:29

2Sam.12:10

Ibr.8:10

Ams.26:2

Mal.2:2

Mrk.3:29

Kel.20:5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar