Minggu, 20 September 2020

Atasi pencobaan terhadapmu untuk kepentinganmu

 

Latar belakang

Setiap orang dalam penghidupannya, lambat atau cepat akan mengalami suatu jenis pencobaan bahkan bisa berkali-kali, dan ini dapat meruntuhkan keyakinanmu atau imanmu namun dapat juga meningkatkannya untuk kepentinganmu

Materi yang dibahas, sesuai topik

 

Siapa pun orangnya, pada suatu ketika akan jatuh dalam pencobaan maka dia akan menderita dan itu adalah suatu ujian, sebab imannya akan mengalami benturan, tekanan, bahkan secara psikis terganggu, namun bila Anda dapat bertahan, maka akan menghasilkan ketekunan, lalu menghasilkan buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun(Yak.1:2-4).

1 Berbagai jenis penderitaan

Setiap orang mempunyai perjalanan hidup yang tidak sama dengan orang lainnya, namun pasti ada masa senang dan susah. Masa susah atau penderitaan dapat di urakan antara lain, yaitu:

a--Penderitaan yang dialami manusia karena perbuatan alam misalnya gempa.

b--Penderitaan karena ambisi dan ego manusia, misalnya peperangan yang di lakukan oleh Hitler dari Jerman, Hirohito dari Jepang untuk memperoleh bahan baku yang lebih banyak dan memperluas wilayahnya. 

c--Covid19 yang membunuh siapa saja tanpa pandang bulu.

d--Pencobaan.

 

2 Apa itu pencobaan

Pencobaan adalah berbagai penderitaan yang dialami oleh seseorang karena:

a--Tuhan yang mengujimu.

Misalnya:

aa--Tuhan menguji Abraham, dengan cara  Dia menyuruh Abraham mengurbankan anak tunggalnya, yaitu Isak. Abraham harus membawa Isak suatu puncak gunung, lalu mengikat dia dan menaruhnya di atas mezbah untuk di sembelih dan di bakar seperti domba kurban. Namun pada saat Abraham mau sembelih Isak,  Tuhan melarangnya(Kej.22:1-24). Jadi imannya Abraham sangat tinggi dan terujilah, karena selalu tertuju kepada Tuhan.

ab-Yesus pun mengalami cobaan di gurun pasir, sewaktu berpuasa(Mat.3: 4, 6-7, 8-11).

 

b--Kemauanmu yang tidak dapat Anda kendalikan.

Kemauan yang sangat dominan sehingga

ba--Anda tidak dapat mengendalikan kemauanmu. Atau Anda dicobai karena kemauan dirimu sendiri(Yak.1:14), dalam hal ini kemauanmu menjadi sangat kokoh karena tergiur tawaran duniawi yang sangat menikmati walaupun mengikat,  lalu melakukannya.

ba1--ATAU terlalu memaksa kemauanmu yang sudah nyata-nyata tidak mungkin untuk saat ini, karena belum memungkinkan secara rasional dan/juga rohani, sehingga iblis dapat menggunakan kemauan yang terlalu dipaksakan supaya terjadi pertengkaran dengan pacarmu, kantormu, istrimu, organisasimu, dan lain-lain

bb--Keinginan mendapatkan jaminan hidup yang baik secara mendadak dalam kehidupan walaupun melalui perbuatan yang menghianat pacar. Karena lebih nyaman secara ekonomi hidup dengan orang lain, walaupun cintanya sangat rendah, sehingga mengabaikan cinta yang murni dari pacar yang disayangi.

bc--Melanggar peraturan sehingga memperoleh harta dan kedudukan dan berkuasa. Semacam inilah yang di alami oleh Adam dan Hawa karena mau jadi seperti Tuhan(Kej.3:5).

 

c--Godaan iblis

Tujuan iblis adalah bagaimana manusia melawan kehendak Tuhan antara lainnya melawan peraturan yang telah Dia tentukan untuk manusia. Iblis memilih cara melawan Tuhan adalah, mengganggu pikiran manusia, melalui godaan, misalnya:

ca--Membujuk manusia dengan sedikit memutar balikkan atau menambahkan perkataan, seperti; “kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya, matamu akan terbuka dan akan menjadi seperti Allah, tahu  tentang yang baik dan yang jahat”(Kej.3:4-5).  Allah tidak mengatakan akan menjadi seperti Allah kepada Adam dan Hawa.

cb--Selama bisa menerobos celah-celah aturan untuk korupsi, maka banyak orang dan pejabat melakukan untuk menguntungkan diri sendiri, dengan cara berkorupsi walaupun rakyat akan menderita.

 

Kegunaan dari pencobaan adalah bervariasi, namun bila dapat Anda mengatasinya maka imanmu yang hanya tertuju kepada Yesus akan menjadi semakin murni, sehingga tujuan imanmu akan terlaksana yaitu untuk keselamatan jiwamu(1Ptr.1:9). Dan inilah yang harus Anda lakukan dalam seluruh kehidupanmu.

 

Penutup

Pencobaan adalah penting untuk memurnikan imanmu namun jangan kemauan duniawimu yang mendominasi pikiranmu sehingga dapat menyeleweng, karenanya selalu bersandar kepada hukum kasih(Mat.22:37-40).

 

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan mohon sharing.

 

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

(Yak.1:2-4).

(Kej.22:1-24).

(Mat.3: 4, 6-7, 8-11)

(Yak.1:14)

(Kej.3:5).

(Kej.3:4-5)

(1Ptr.1:9).

(Mat.22:37-40)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar