Minggu, 06 September 2020

Apa itu IMAN dalam pengertianmu.

 

Latar belakang

Banyak orang dari pengikut ajaran Yesus yang mengutamakan kasih(Mat.22:37-40) dalam kehidupannya, namun belum mengerti apa itu iman dan beriman sewaktu melaksanakannya.

Materi yang dibahas, sesuai topik

1---Setiap orang mempunyai dasar pemikiran.

Setiap orang akan selalu hidup sesuai dengan keinginannya namun tetap dalam batasan-batasan yang sesuai dalam norma kemasyarakatan, misalnya; sopan santun, saling menghormati, tidak menyakiti orang lain, tolong menolong, berusaha memajukan diri sendiri serta lingkungannya, dan lain-lain.

Setiap orang telah mempunyai norma-norma tersebut, karena Tuhan telah menciptakan manusia, dalam manusia ada beberapa landasan yang masih murni serta bersih, lalu orang lain yang akan mengisinya.

Salah satu landasan yang bersih tersebut adalah akal budi untuk norma-norma dan yang lainnya. Pengisian itu dilakukan secara sengaja maupun tidak, oleh:

*      Ayah ibunya karena mereka yang selalu dan yang pertama-tama mendidik anaknya,

*      Para temannya di lingkungan pergaulan,

*      Para guru di sekolahnya,

*      Pengaruh dari teman di pekerjaannya.

*      Meluangkan waktu untuk beribadah serta partisipasi dalam kegiatannya. 

*      Namun sewaktu makin dewasa maka kita sendirilah yang memilih data mana yang perlu masuk dalam benak pikiran kita.

*      Karena Anda semakin dewasa maka Anda sendirilah  yang akan mengisinya sehingga dapat menentukan data mana yang perlu masuk dalam benak pikiranmu.

Penguasaan dari butir-butir di atas tergantung dari besar kecilnya keinginan seseorang untuk mengetahuinya, namun akan membentuk suatu persepsi dalam pikiranmu, bahkan persepsi tersebut dapat sewaktu-waktu mendominasi cara berpikirmu, hingga merupakan suatu konsep dalam pikiranmu. Atas dasar konsep tersebut maka mereka berbuat sesuai kehendaknya. Mereka mulai meyakini konsep tersebut sesuai penguasaannya. Karenanya penguasaan norma-norma dari setiap orang berbeda-beda yang akan terefleksi dalam tingkah laku dan perbuatannya di masyarakat.

Jadi persepsi atau konsep pikiran itu terbentuk dari keinginanmu dan butir-butir yang diatas. Konsep itu merupakan semacam suatu dasar pemikiran, yaitu:

v  dasar pemikiran secara duniawi atau meyakini suatu ajaran (akan dijelaskan di blog berikut)

v  dasar pemikiran secara rohani atau beriman

2---Apa itu iman,

a--Menurut alkitab

Iman adalah rasa percaya kepada Tuhan. Iman sering dimaknai "percaya" (kata sifat) dan tidak jarang juga diartikan sebagai kepercayaan (kata benda). Alkitab Terjemahan Menurut Paulus, "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat" (Ibrani 11:1).

Pertanyaan apa yang harus anda atau kita semua percaya. Penjelasannya sebagai berikut:

a-a---Bila mendengar atau membaca firman Tuhan maka suatu saat Anda akan temukan kalimat mengenai kasih(Mat.22:37-40), yaitu: hukum yang terutama dan yang pertama. Itu yang harus Anda percaya. 

a-b---Hukum itu mengatakan, kasihilah(Mat.22:37) yang dapat di interpretasi sebagai percayalah atau yakinilah. Itu yang harus di percaya

a-c---Di dalam buku Alkitab, injil Matius 22 ayat 40, tercantum  “pada hukum kasih tergantung hukum Taurat yang merupakan ajaran atau konsep dari Kitab Para Nabi”, ini yang sebetulnya adalah pelaksanaan dari ajaran Taurat.

Atau bila ada konsep maka harus di praktekkan, yaitu kisah dari para nabi atau Kisah Para Nabi. Jadi ada konsep maka harus ada prakteknya(Yak.2:22) . Atau sederhananya kalau ada iman atau konsep maka lakukanlah konsep tersebut.

Konsep tersebut adalah dasar pemikirannya yang harus di realisasikan

Dalam hal ini konsep adalah  kasih”. Itulah yang harus di percaya. 

            Jadi beriman itu adalah pelaksanaan dari iman atau suatu konsep yang “terutama dan yang                     pertama” . Konsep iman ada dua yaitu:

a-aa---Kasihilah Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi

a-ab---Kasihilah sesama manusia lainnya seperti dirimu sendiri

karenanya itu kalau beriman maka imanmu selalu di tujukan kepada Yesus, Tuhan kita semua. 

  1. 3---Dari mana iman itu

Iman adalah suatu konsep yang Tuhan berikan kepada manusia. Konsep tersebut adalah kasih, pada kasih ini tercakup hukum Taurat dan pelaksanaannya. Pelaksanaan ini dilakukan oleh para nabi, lihat Kisah Para Nabi (singkatannya: Kis) di Perjanjian Baru. Dalam Kis ini terdapat berbagai perbuatan yang dilakukan oleh para nabi untuk menjelaskan kabar baik yang diajarkan oleh Yesus kepada mereka

4---Iman dalam pengertian rohani

Iman dalam pengertian rohani adalah suatu konsep atau persepsi yang didasarkan atas pengertian kasih dan ada pelaksanaannya, seperti yang dijelaskan di atas. Atas pengertian ini, lalu seseorang mulai membangun iman kehidupan untuk tetap bertahan di dalam dunia.

5---Apa gunanya beriman dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan dari pada beriman adalah untuk memastikan bahwa Anda selalu melakukan ajaran atau konsep yang dijelaskan di atas, selama masih hidup di bumi ini. Dan bila Anda beriman yang benar maka itu akan menjadi keselamatan jiwamu(1Ptr.1:9).

Penutup

Beriman adalah melaksanakan peraturanNya Tuhan, yaitu melaksanakan kasih, gunanya untuk keselamatan jiwamu.

 Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, bila berkenan mohon tanggapan. Terima kasih.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Mat.22:37-40

Ibr.11:1

Yajk.2:22

1Ptr.1:9

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar