Jumat, 13 Mei 2011

Apakah dampak dosa itu ?

Latar belakang dari artikel:
Allah memilih orang untuk
lakukan rencanaNya.

Tujuan artikel:
Umumnya tugas berhasil tapi ada yang 
prosesnya tidak sesui keinginanNya
bahkan langgar perintah dan buat
dosa

Dampak yang dirasakan:
Hasilnya ada tapi rakyat  lebih menderita
karena dosa yang dibuat para pemimpin
mereka.



Latar belakang

Gembala adalah penjaga ternak dilapangan, dan fungsinya gembala (mencari rumput dan air bagi ternak, memberi perlindungan terhadap binatang buas dan pencuri, dan mengatur adanya berkembang biak sehingga bertambah banyak)  identik dengan fungsi seorang pimpinan suatu wadah atau organisasi terhadap anggotanya atau rakyatnya. Siapa saja bisa  menjadi pemimpin, di Perjanjian Lama ada beberapa tokoh, dimana Tuhan menunjukan beberapa orang sebagai pempimpin dengan tujuan yang berbeda-beda, sebagian dari mereka berhasil tapi ada yang jatuh karena tidak dapat mengendalikan keinginannya.


Materi yang di sharing,  sesuai topik.

Di Perjanjian Lama, Tuhan pakai beberapa nama untuk melaksanakan berbagai jenis pekerjaanNya untuk kepentingan manusia, dan dalam proses pelaksanaan mereka dihadang berbagai kendala a.l. pengendalian dirinya sendiri yaitu: keras kepala (Musa), tidak disiplin (Saul), susah kendali nafsu (Daud) sehingga ada yang gagal ada yang berhasil, mereka itu adalah:

  1. 1.      Nuh harus membuat bahtera untuk selamatkan keluarganya dan semua pasangan hewan dari air bah, misi nya berhasil dan Nuh juga menikmati umur panjangnya dan hewan terselamatkan (Kejdian 6:13-14 dan 9:1)
  2. 2.      Abraham dan keluarganya meninggalkan kampung halamannya untuk memperoleh tanah terjanji, berkat dan keturunan yang besar, (Kejadian 12:1-3). Akhirnya Abraham memasuk tanah terjanji dan peroleh berkat, dan Abraham belum menyaksikan adanya keturunannya yang banyak, tapi Abraham tetap percaya.
  3. 3.      Jusuf setelah berbagai cobaan akhirnya menjadi orang kedua di Mesir, (Kejadian 41:41),  misinya berhasil, dan menyelamatkan keluarganya (cikal bakal jadi bangsa Israel) dari kelaparan dan bangsa Israel berkembang menjadi besar.
  4. 4.      Musa menggembala ternak sebelum membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, dan menempuh perjalanan di padang pasir selama 40 tahun sebelum sampai ke tanah terjanji. Misinya berhasil sampai ke tanah terjanji tapi Musa tidak bisa masuk ke tanah terjanji,  karena memukul bukit batu (yang seharusnya tidak) untuk dapat air minum. Jadi tidak percaya dan menghormati kukudusan Tuhan. (Bilangan 20:11-12)
  5. 5.      Saul menjadi raja pertama bangsa Israel, dan memperluas wilayah kekuasaan bangsa Israel, misinya berhasil, tapi karena Saul tidak melaksanakan perintah Tuhan, sehingga Tuhan menggantinya (1 Samuel 15:9,11)
  6. 6.      Daud menggembala ternak sebelum menjadi raja ke dua Israel (1Samuel 16:12-13), Daud meningkatkan mental bangsa Israel karena menang atas Goliat, dan mempertahankan kerajaan Israel, misinya berhasil tapi kerena kesalahan pribadinya sehingga berdampak negatif untuk keturunannya, (2 Samuel 12:7-12), malahan perbuatan dosa oleh keturunan Daud makin besar sehingga Negara Israel pecah jadi dua.
  7. 7.      Tuhan mengutus Yesus untuk wartakan Kerajaan Allah. Yesus sebagai gembala yang baik, memberikan nyawaNya bagi domba-dombanya (Johanes 10:1-18) atau manusia yang percaya, menghidupkan orang mati, motivator dan meyakinkan manusia supaya bertobat. Di lakin pihak Yahudi menginginkan Yesus seperti raja Daud yang perkasa untuk membebaskan Israel dari Roma. Farizi dan Ahli Taurat ingin membunuh Yesus berulang kali karena Dia menunjuk kesalahan mereka, dan mereka tidak mau mengaku salah dan bertobat. Yesus seolah-olah melawan arus dan disalib.




Dari butir-butir diatas bisa diperhatikan bahwa:

Butir 1,2 dan 3 misinya selesai dan sesuai rencana, (jadi pelaksanaan dan hasil yang diharapkan bisa dinikmati).

Butir 4, 5 dan 6 misinya berhasil. Tapi Musa tidak menikmatinya. Dan Saul jatuh dalam dosa dan meninggal sehingga keturunannya jatuh susah. Dan Daud jatuh dalam dosa dan meninggal dan terjadi perkelahian antara anaknya sehingga kerajaan Israel melemah, pecah, bubar dan rakyatnya dibuang ke Babel.

Butir 7, misi selesai dan sudah banyak manusia bertobat dan Kerajaan Allah terus diwartakan, tapi ada juga manusia yang tidak bertobat. Disini Yesus tidak tergoda maupun jatuh dalam dosa.

Jadi untuk kami semuanya supaya tetap percaya sepenuh hati kepada Tuhan dan tidak bersandar pada kemampuan diri sendiri (Amsal 3:5) dan jangan berbuat dosa, karena akan berdampak pada kita sendiri dan kemungkinan besar dan pasti adalah anak, cucu  dan orang sekitar anda.

Terima kasih anda telah membaca artikel ini, dan Tuhan memberkati anda.

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar