Kamis, 02 Juni 2011

Bisakah anda kendalikan kekuatiranmu ?





Ringkasan

Latar belakang:
Dalam kehidupan manusia berusaha mencukupi
hidupnya walaupun dihambat oleh kekuatiran.

Tujuan artikel:
Menyajikan beberapa kekuatiran serta dampaknya   
sehingga pembaca dapat mengadakan persiapan
yang lebih baik.

Yang diharapkan:
Hadapi kekuatiran dan tetap cari jalan keluar
dan jangan bergantung pada kemampuanmu
tapi percaya pada Tuhan.

Anjuran:
Semoga kami semua bisa peroleh manfaat dari artikel ini.
Dan anda pasti mempunyai cara mengatasi kekuatiran,
mohon di sharing dong.


Latar belakang
Dengan berjalannya waktu kehidupan, setiap orang akan berusaha melengkapi kebutuhan hidup secukupnya dan sebaik mungkin, walaupun umumnya akan dihambat antara lain oleh kekuatiran atau semacam tekanan mental dan masalah lainnya. Dalam hal ini adalah, bagaimana anda harus mengendalikan kekuatiran (Ams.12:25) dan masalah lainnya itu sehingga berdampak sangat kecil.

Yang akan di sharing, sesuai topic.
Hampir setiap hari anda alami kekuatiran atau semacam tekanan mental. Karena anda beraktifitas jadi berbuat sesuatu dan umumnya ada perasaan kuatir, apakah rencana tsb akan berhasil atau tidak. Semua orang akan mengalaminya selama hidup. Dan seberapa besar pengaruh dari kekuatiran, tergantung dari pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki. Contoh dari suatu rangkaian kekuatiran (objek, kuatir dan dampak) sbb:

  1. Sakit gigi, kekuatirannya  kemungkinan tidak lulus, tertunda lagi masa kuliahnya.
  2.  Laporan produksi bulanan belum selesai menurut jadwal, kekuatirannya laporan gabungan atau consolidated report terlambat untuk share-holders, sehingga anda akan dikenakan sangsi.
  3. Transportasi sulit, kekuatirannya tiba tidak tepat waktu sehingga meeting terlambat, jadi tidak ada keputusan yang dibuat.
  4. Anak kurang cerdas, kekuatirannya  anak malas belajar dan banyak bermain, susah mendapat pekerjaan dikemudian hari.
  5. Partai politik tidk jujur, kekuatirannya  kepercayaan rakyat menurun karena perkataannya tidak sesuai dengan perbuatannya. Rakyat tidak akan memilih partai itu lagi.  
  6. Tidak bersedia mempunyai anak banyak, kekawatirannya tidak dapat sekolahkan anak karena biaya penghidupan mahal sehingga merasa kasihan kepada anak terlantar dan yang tidak bersekolah.
  7. Orang lanjut usia sering memikirkan akan kekurangan kebutuhan pokok, kekuatirannya  akan kekurangan biaya, mereka tidak mau bergantung pada anak-anak dan mungkin umurnya masih panjang..
  8. Tabrakan terjadi seketika antara bis dan truk, kekuatiran diluar kendali karena terjadi sangat cepat dan tak terduga sehingga banyak korban dan mungkin ada yang meninggal.
  9.  -----dan banyak lagi contoh-contoh lainnya-----


Usulan untuk mengatasi
Persiapan untuk mengatasi kekuatiran antara lain, seberapa besar tekad anda untuk menghadapi pengaruh kekuatiran, dan ini tergantung dari keinginan untuk menyelesaikan, pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki. Jadi hadapi secara wajar, cari jalan keluar dan selesaikan (Ams 12:25) kekuatiran tersebut, misalnya: 

Ø  Catat dan kelompokkan semua kekuatiran, anda akan melihat bahwa sebagian besar dari kekuatiran hanya masalah sepeleh yang tidak perlu ditanggapi bahkan diabaikan saja.
Ø  Kekuatiran yang tertinggal supaya dihadapi menurut jenisnya dan mungkin ada perhatian khusus dari yang ringan sampai yang terberat.
  • 1.      Yang ringan supaya diselesiakan secepatnya, misalnya sakit gigi. Supaya ke dokter dan merawatnya, sikat gigi pagi dan malam hari. Tingkatkan disiplin diri dan berdoa (1Petrus 5:7) supaya kami semua diberi kebiasaan untuk hidup yang lebih sehat.
  • 2.      Yang cukup berat, misalnya laporan produksi bulanan tidak selesai pada waktunya. Jadi harus lebih tekun dan luangkan waktu lebih banyak dan koordinasi lebih baik dengan bawahannya. Selain disiplin dalam pekerjaan juga harus tekun dan berdoa (Rm.8:28)
  • 3.      Yang berat, misalnya partai politik yang tidak jujur tapi masih dominasi di pemerintahan. Tetap tekun dan proaktif menyarankan ke partai politik untuk berbuat lebih baik dan bertindak lebih positif untuk antisipasi agar hal buruk tidak akan terjadi, dan tetap kerja keras dan berdoa
Ø  Kekuatiran yang diluar kendali, berdoa dan serahkan kekuatiran kepada Tuhan, (Ams 3:5-6)
Ø  Kekuatiran akan kebutuhan pokok jangan menjadi beban pikiran, karena Tuhan pasti menolong selama anda melakukan kehendakNya, lakukan kerja yang positif, tetap memberikan contoh dan teladan yang baik kepada generasi muda (Mat.6:26).

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.


God Bless You

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar