Sabtu, 16 Juli 2011

Gampangkah kehendak Tuhan anda lakukan setiap hari. Bagian -2


Ringkasan artikel:
Belajar dan berusaha mengetahui kehendak Allah

Tujuan artikel:
Sering dan secara tidak sengaja anda sudah
lakukan kendakNya, tapi harus tulus hati.

Yang diharapkan dari artikel:
Harus ada niat dari anda sendiri untuk
melaksanakan kemauan kehendakNya,
dan Roh akan membantu anda.



Latar belakang.

Yang dikehendaki Tuhan Allah adalah suatu kegiatan atau pekerjaan untuk percaya padaNya, (Yohanes 6:29). Jadi minta dan berusaha untuk mengetahuiNya,  nanti Roh akan menuntun anda (Mazmur 143:10)


Materi yang akan di sharing, sesuai topic.

Makna dari kalimat di Injil Yohanes 6:29, “Inilah perkerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang  telah diutus Allah”, antara lain bisa disimpulkan bahwa; anda harus mengetahui cara-cara untuk bekerja, jadi setidaknya menguasai semacam teori, setelah itu melakukan kegiatan, dan kegiatan itu adalah “ melakukan pekerjaan berdasarkan kasih pada Tuhan”.


Contoh sehari-hari:

Membantu secara tulus untuk kepentingan orang lain.
Karena keadaan, orang ini yang hanya tergantung dari membuat pizza tapi dia tidak tahu cara membuatnya. Anda seorang ahli pizza. Maukah anda mengajari dia?  Apakah anda minta imbalan, atau membuat dia merasa hutung budi, atau ada latar belakang lainnya?
Bila anda bantu secara tulus hati, maka disinilah anda melaksanakan kehendak Tuhan.

System yang mendukung dan Donatur anonym
Seorang warga Indonesia sudah 9 tahun bekerja di USA karena ada izin kerja, jadi miliki Social Security number. Di tahun terakhir istrinya masuk rumah sakit Huntington (dekat rumahnya) di Pasadena, Los Angeles, karena terbukti ada penyempitan pembuluh darah didekat jantung, jadi harus pasang ring pada hari pertama setelah masuk RS. Suami istri menegaskan bahwa mereka tidak punya asuransi dan tidak cukup uangnya. RS menekankan bahwa kesehatan dan kesembuhan adalah pilihan utama. Setelah pasang ring dan nginap 2 malam, biayanya US$ 58,000.00. Singkat cerita, setelah negosiasi turun jadi US$21,000.00. Tapi ternyata suami/istri tidak sanggup. RS minta supaya mereka menyerahkan copy dari pajak tahunan. Seminggu kemudian mereka diperbolehkan bayar US$100.00 per bulan, dan setelah dicicil selama 10 bulan, mereka dibebaskan dari kewajiban dan masih mendapat sebagian obat gratis. Ini dimungkinkan karena RS sudah mempunyai system untuk bantu orang lemah ekonomi dilain pihak ada donotur anonym, jadi RS dan para donator anonym secara tidak sengaja, telah menjalankan kehendak tuhan  

Donatur anonym di kota kecil
Seorang anak menderita patah kaki, sudah 18 hari di rumah sakit di kota kecil. Dokter telah  menizinkan pulang tapi harus rawat jalan. Rumah Sakit tsb belum perbolehkannya karena biaya perawatan nginap belum lunas sehubungan  keterbatasan keuangan keluarganya. Apakah dalam hal ini anda bersedia menjadi donator (penyumbang) anonym (tanpa nama)? Bila anda tergerak hati dan melaksanakannya maka disinilah kehendak Tuhan telah terjadi.

Tidak menyalahgunakan kekuasaannya
Anda seorang pejabat yang berkuasa dan berpengaruh luas, selain itu istri anda kontraktor. Apakah istri anda akan menggunakan pengaruh anda untuk keuntungan perusahaan dan pribadi. Bila anda tetap menjaga kenetralan supaya tidak ada konflik interest, maka orang bisa mengatakan bahwa anda itu orang yang bersih. Karena disini memerlukan kekuatan mental dan etika, sebaliknya anda tidak memandang kenikmatan harta, bila demikian maka anda telah menjalankan kehendak Tuhan.

Menjaga kebersihan untukkepentingan umum
Bersama-sama membersihkan selokan dikomplex perumahan tempat tinggal, dan juga membersihkan kamar mandi serta wc dirumah sendiri. Bila melakukannya tanpa paksaan dan dengan senang hati, maka anda sudah menjalankan kehendak Tuhan.

(Tapi membuang sampah sembarangan dan melakukan kecurangan tanpa diketahui orang adalah melanggar kehendak Tuhan dan itu Dosa.)


Untuk memperoleh jiwa yang teguh dan tetap dalam rangka kehendak Tuhan, maka harus ada kemauan dan usaha dari diri anda sendiri, dan Roh Kudus akan mengajar anda (Johanes14:26)

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga pengalaman anda bisa di sharing ke orang lain.

Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar